Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CYBERFEMINISME: Mengubah Ketidaksetaraan gender melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi Mulyaningrum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CYBERFEMINISME: Mengubah Ketidaksetaraan gender melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi Mulyaningrum."— Transcript presentasi:

1 CYBERFEMINISME: Mengubah Ketidaksetaraan gender melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi Mulyaningrum

2 PERMASALAHAN  persepsi umum: perempuan anti-teknologi, hanya menjadi pemain sekunder terbaik di dunia teknologi informasi dan komunikasi.  Begitu sedikit jumlah perempuan yang berada pada posisi penting dari kepemimpinan dalam dunia elektronik.  Masih sedikit jumlah programmer perempuan, dan hacker perempuan pun masih merupakan minoritas, dan bahkan sering dianggap anomali.

3 KONSEP CYBERFEMINISME  Cyberfeminisme menjadi medan perjuangan para feminis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pada kehidupan perempuan.  The Cyberfeminist Internasional berusaha menyatukan perempuan dari berbagai bidang pengetahuan & minat dalam komunikasi elektronik dan membangun jaringan. Tujuannya untuk bekerja sama dan memperkuat keterlibatan dan akses perempuan dalam membuat kebijakan.

4 TEMUAN PENTING  Akibat pertumbuhan ekonomi & kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, para cyberfeminis harus secara radikal memperluas kritik tentang dampak perkembangan multimedia & hypermedia serta berbagai teknologi dunia, terhadap masalah ketidaksetaraan gender yang belum terselesaikan.  Cyberfeminis telah membuat perubahan & membentuk formasi baru berdasarkan ide feminisme, sebagai salah satu cara untuk mengatasi kompleksitas budaya baru yang diciptakan oleh teknologi informasi global

5  Cyberfeminisme telah membuat para perempuan bebas membuat keputusan atas diri mereka sendiri dan menentukan keberadaannya. Perempuan2 perlu mengenali & memanfaatkan potensi yg sangat besar untuk memfasilitasi perubahan sosial, yang dapat membangun kekuatan dan menumbuhkan keyakinan keberadaan mereka.  Cyberfeminisme merupakan upaya aktif untuk mengubah ketidaksetaraan gender melalui teknologi informasi dan komunikasi, untuk mengatasi kompleksitas kondisi sosial yang diciptakan oleh teknologi informasi global  Cyberfeminisme telah mengeluarkan perempuan dari isolasi cyberculture. Perempuan juga sebagai bagian dari masyarakat digital, mempunyai hak sebagai pencipta dan pengguna dari teknologi informasi dan komunikasi.

6


Download ppt "CYBERFEMINISME: Mengubah Ketidaksetaraan gender melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi Mulyaningrum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google