Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PITHECANTROPUS ERECTUS Melani Anggriati Octaviani Tri Utami Syafa Najmi Laila Shinta Noviana P. Farrel Setya Wahyu Krismanto X IIS 4 SMAN 71 JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PITHECANTROPUS ERECTUS Melani Anggriati Octaviani Tri Utami Syafa Najmi Laila Shinta Noviana P. Farrel Setya Wahyu Krismanto X IIS 4 SMAN 71 JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PITHECANTROPUS ERECTUS Melani Anggriati Octaviani Tri Utami Syafa Najmi Laila Shinta Noviana P. Farrel Setya Wahyu Krismanto X IIS 4 SMAN 71 JAKARTA

2 1.Berfikir Sinkronis dalam mempelajari sejarah Kata sinkronis berasal dari bahasa Yunani syn yang berarti dengan, dan khronos yang berarti waktu,masa. Berpikir sinkronis dalam sejarah adalah mempelajari peristiwa yang sezaman, atau bersifat horisontal. Sinkronis artinya meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Pengertian sejarah secara sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan berbagai aspeknya pada waktu atau kurun waktu yang tertentu atau terbatas. Cara berfikir Sejarah

3 Ciri-ciri sinkronik yakni sebagai berikut : 1. Mengkaji pada masa tertentu 2. Menitik beratkan pengkajian pada strukturnya(karakternya) 3. Bersifat horizontal 4. Tidak ada konsep perbandingan 5. Cakupan kajian lebih sempit 6. Memiliki sistematis yang tinggi 7. Bersifat lebih serius dan sulit

4 2. Berfikir Diakronis dalam mempelajari sejarah Diakronis berasal dari bahasa Yunani, dia artinya melintasi atau melewati dan khronos yang berarti perjalanan waktu. Sejarah itu diakronis artinya me­manjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang. Pendekatan diakronis adalah salah satu yang menganalisis evolusi/perubahan sesuatu dari waktu ke waktu. Suatu peristiwa sejarah tidak bisa lepas dari peristiwa sebelumnya dan akan mempengaruhi peristiwa yang akan datang..

5 Adapun ciri diakronik yaitu: a.Mengkaji dengan berlalunya masa b.Menitik beratkan pengkajian pristiwa pada sejarahnya c. Bersifat historis atau komparatif d. Bersifat vertikal e. Terdapat konsep perbandingan f. Cakupan kajian lebih luas

6 Penelitian sejarah dilakukan melalui langkah-langkah 1. Heuristik Heuristik merupakan kegiatan sejarawan untuk mengumpulkan sumber, jejak-jejak sejarah yang diperlukan. Untuk memudahkan dalam suatu penelitian, sumber-sumber sejarah yang begitu kompleks dan banyak jenisnya, itu perlu diklasifikasi. 2. Verifikasi Atau Kritik Verifikasi adalah kegiatan mempelajari data yang telah direduksi dan disajikan pada langkah-langkah sebelumnya, dan dengan pertimbangan terus menerus sesuai dengan perkembangan data dan fenomena yang ada di lapangan, pada akhirnya menghasilkan kesimpulan untuk mengambil sesuatu keputusan.

7 3. Penafsiran Penafsiran terhadap sumber-sumber yang telah ditemukan. 4. Historiografi Historiografi berasal dari gabungan dua kata yaitu history yang berarti sejarah dan grafi yang berarti deskripsi atau penulisan. Berdasarkan asal katanya historigrafi berarti penulisan sejarah. Secara lebih luas historiografi dapat diartikan sebagai sejarah penulisan sejarah.

8


Download ppt "PITHECANTROPUS ERECTUS Melani Anggriati Octaviani Tri Utami Syafa Najmi Laila Shinta Noviana P. Farrel Setya Wahyu Krismanto X IIS 4 SMAN 71 JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google