Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama :Rizka Ayu Pratiwi Nim : 13.03.4098 KONSINYASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama :Rizka Ayu Pratiwi Nim : 13.03.4098 KONSINYASI."— Transcript presentasi:

1 Nama :Rizka Ayu Pratiwi Nim : KONSINYASI

2 Konsinyasi (consignment) adalah pemindahan (penitipan) barang dari pemilik kepada pihak lain untuk dijualkan dengan harga dan syarat yang sudah diatur di dalam perjanjian. Pemilik barang atau yang menitipkan dinamakan pengamanat (consignor), sedangkan yang dititipi dinamakan komisioner (consignee). Bagi pengamanat, barang yang dititipkan kepada pihak lain untuk dijualkan dinamakan barang konsinyasi (consignment out). Walaupun barang konsinyasi tidak berada dalam perusahaan, akan tetapi barang tersebut masih milik perusahaan sehingga harus tetap dimasukkan ke dalam elemen persediaan. Bagi komisioner barang dari pihak lain tersebut dinamakan barang komisi atau barang titipan (consignment in). Walaupun berada di perusahaan akan tetapi barang komisi bukan milik perusahaan, sehingga tidak boleh dimasukkan sebagai elemen persediaan (bagi komisioner). P ENGERTIAN K ONSINYASI

3 P ENJUALAN K ONSINYASI Penjualan Konsinyasi merupakan suatu perjanjian dimana salah satu pihak yang memiliki barang menyerahkan sejumlah barang kepada pihak tertentu untuk dijualkan dengan memberikan komisi. Pihak yang menyerahkan barang disebut consignor/pengamanat. Pihak yang menerima barang disebut consignee/komisioner.

4 H AK & K EWAJIBAN C ONSIGNEE 1. Hak Consignee a. Berhak memperoleh penggantian biaya dan imbalan penjualan. b. Berhak menawarkan garansi atas barang tersebut. 2. Kewajiban Consignee a. Harus melindungi barang consignee b. Harus menjual barang consignee c. Harus memisahkan secara fisik barabg consignee dengan barang dagangan lainnya d. Mengirimkan laporan berkala mengenai kemajuan penjualan barang consignee

5 M ASALAH A KUNTANSI B AGI C ONSIGNEE Apabila transaksi konsinyee dicatat, Prosedur akuntansi yang diikuti oleh komosioner tergantung kepada:  Apakah transaksi konsinyasi dicatat secara terpisah sehingga pendapatan dan laba dari konsinyasi ditentukan secara terpisah dari laba (rugi) dari kegiatan penjualan reguler.  Transaksi-transaksi konsinyasi tidak dicatat secara terpisah dari transaksi-transaksi penjualan reguler dari perusahaan komisioner, sehingga tidak dibedakan antara laba konsinyasi dengan laba (rugi) dari penjualan reguler.

6 P ERJANJIAN K ONSINYASI YANG BELUM S ELESAI Apabila jangka waktu perjanjian konsinyasi berlangsung dan melampaui akhir periode akuntansi, sedang belum seluruhnya barang-barang konsinyasi berhasil dijual, maka diperlukan adanya penyesuaian terhadap biaya-biaya yang bersangkutan dan terkait dengan produk-produk yang belum terjual. Contoh biaya tersebut, antara lain: biaya pengamat, biaya pengepakan, biaya angsuran, dan ongkos biaya.

7 B ARANG K ONSINYASI YANG D IKEMBALIKAN Apabila barang-barang konsinyasi dikembalikan kepada pengamanat (consignor), maka : a. rekening barang-barang konsinyasi harus dikredit dengan harga pokok barang-barang yang bersangkutan. b. Biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas untuk menjual barang-barang tersebut (ongkos angkut, biaya pengepakan, biaya perakitan dan biaya pengiriman kembali), harus dibebankan kepada pendapatan untuk periode yang bersangkutan.

8 U ANG M UKA K ONSIGNEE Perjanjian konsinyasi memungkinkan persyaratan akan adanya uang muka yang harus dibayar oleh komisioner untuk barangbarang komisi yang diterimanya. Apabila ini terjadi, perlakuan terhadap uang mukanya adalah: a) Bagi pengamanat, uang muka yang diterima akan dicatat sebagai “uang muka dari komisioner. Jumlah uang muka yang diterima pengamanat tidak boleh dikredit pada rekening “konsinyasi keluar”. Uang muka ini oleh pengamanat harus disajikan pada neraca sebagai hutang sampai dengan perhitungan penyelesaian atas barang-barang yang telah laku dijual dibuat oleh komisioner. b) bagi komisioner, uang muka yang dibayar kepada pengamanat setelah menerima barang dicatat pada rekening “uang muka pengamanat ”

9 P ENYAJIAN L ABA R UGI P ENJUALAN K ONSINYSI Dapat disajikan di dalam laporan perhitungan laba rugi bagi pengamanat, dengan cara menggabungkan data hasil penjualan, harga pokok penjualan, dan biaya-biaya penjualan yang bersangkutan dengan data yang sama untuk transaksi penjualan reguler.

10


Download ppt "Nama :Rizka Ayu Pratiwi Nim : 13.03.4098 KONSINYASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google