Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VIDEO BANKING Zuhrotul Afifah (20130730018) Winny Salma Nur Azizah (20130730026) Arif Saifuddin (20130730031) M. Dika Rizki (20130730056) M. Khoiruddin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VIDEO BANKING Zuhrotul Afifah (20130730018) Winny Salma Nur Azizah (20130730026) Arif Saifuddin (20130730031) M. Dika Rizki (20130730056) M. Khoiruddin."— Transcript presentasi:

1 VIDEO BANKING Zuhrotul Afifah ( ) Winny Salma Nur Azizah ( ) Arif Saifuddin ( ) M. Dika Rizki ( ) M. Khoiruddin ( )

2 Latar Belakang Keinginan untuk mendapatkan layanan bank yang lebih praktis dan personal. Selain tidak ingin terikat dengan jam kerja kantor ataupun sekolah yang sudah sangat padat, juga bisa dilakukan di tempat tempat publik yang lebih mudah dijangkau. Jadi, jika ada bank yang buka sampai akhir pekan selain memudahkan untuk bertransaksi, membuka rekening hingga melakukan setoran atau bahkan transferpun bisa. Kemudian jika ada kesulitan dan kehilangan kartu ATM bisa langsung diperbaiki tidak usah menunggu hari senin.

3 Video Banking Video banking adalah teknologi yang memungkinkan aktivitas perbankan jarak jauh menggunakan Personal Teller Machine (PTM), di mana nasabah dapat berinteraksi dengan teller melalui konverensi video dan juga mengecek serta melakukan lebih dari 95% transaksi perbankan konvensional.

4 Video Banking sebagai layanan terbaru menggunakan teknologi interaktif visual dan audio yang memungkinkan nasabah berbicara dan tatap muka dengan Customer Service, antara lain untuk membuka rekening. Seluruh proses mulai dari pengisian data, scan KTP dan NPWP, setoran awal hingga cetak kartu tabungan dengan banyak pilihan desain kartu dilakukan secara one-stop service di mesin ini dengan dipandu oleh customer service melalui video conference. Saat ini Video Banking juga dapat melayani pengajuan kartu kredit, penggantian password dan kartu ATM. Teknologi layar sentuh memudahkan interaksi dengan nasabah dan membuat lebih asik saat mengakses informasi produk dan layanan termasuk simulasi cicilan kredit. Selain itu nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi perbankan lainnya secara mandiri seperti pembelian, pengajuan kredit rumah, mobil dan sepeda motor, hingga layanan menggunakan teknologi Live Conference sehingga bisa langsung berbicara dan tatap muka dengan Customer Service yang bertugas.

5 Teknologi Video Banking Koneksi Video Mesin video banking menggunakan teknologi video waktu nyata dan juga sistem audio yang memungkinkan nasabah untuk melakukan konferensi video secara langsung dengan perwakilan bank dan juga untuk melakukan berbagai macam transaksi. Hubungan komunikasi untuk video dan audio tersebut biasanya membutuhkan koneksi data berkecepatan tinggi untuk dapat bertatap muka dengan teller yang tidak berada dalam lokasi fisik yang sama. Perlengkapan Transaksi Selain memiliki kemampuan untuk konferensi video, mesin video banking juga memiliki fitur untuk mendukung transaksi perbankan. Salah satu contohnya adalah mesin milik NCR yang memiliki perangkat untuk memindai ID dan juga perangkat untuk tanda tangan secara digital. Sistem ini mampu melakukan verifikasi nasabah sebelum melakukan transaksi perbankan. Di samping itu, mesin ini juga memiliki perangkat untuk cetak dokumen dan setor tunai.

6 Personal Teller Mechine

7 Sistem Video Banking Teller Server Akses Gateway Media server Kumpulan Server Teller Personal Teller Machine Media Proses Server

8 Sistem Video Banking Manajemen Server Video Dan Kolaborasi Sever Pemindahan Transaksi Teller Server Remote Teller Remote Teller Machine Transaksi Sistem Perbankan

9 Layanan Video Banking Autentifikasi nasabah Setoran tunai Setoran cek Cetak cek Penarikan tunai Transfer rekening Pembayaran tagihan Pengecekan rekening Memproses rekening baru Memproses pinjaman baru Konsultasi dengan tenaga perbankan profesional

10 Layanan Video Banking Untuk Memproses Rekening Baru, Kartu Kredit dan Penggantian Kartu ATM

11 Layanan Setoran dan Penarikan Setoran Tunai Setoran Cek(Giro) Pembayaran Tagihan Transfer Penarikan Tunai

12 Kelebihan Video Banking Keuntungan utama video banking adalah memungkinkan teller untuk melakukan transaksi sekaligus tetap terhubung dengan nasabah. Adapun keuntungan- keuntungan lain yang ditawarkan video banking bagi bank adalah biaya operasional yang lebih rendah, serta fleksibilitas untuk meraih pasar-pasar baru. Sedangkan keuntungan bagi nasabah adalah: Kenyamanan Waktu Salah satu kemudahan yang diberikan teknologi video banking dan tidak diberikan oleh perbankan tradisional adalah fleksibilitas waktu. Dengan adanya video banking, teller dapat dipusatkan dalam satu tempat untuk memberikan layanan perbankan kepada nasabah selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Namun jam layanan ini bisa saja berbeda tergantung lokasi di mana mesin video banking tersebut berada. Kenyamanan Lokasi Kenyamanan lain yang diberikan oleh video banking adalah fleksibilitas tempat. Mesin video banking bisa saja berada di tempat lain selain cabang bank. Video banking dapat memberikan layanan perbankan profesional di lokasi perbankan nontradisional, seperti di pusat perbelanjaan. Selain itu layanan ini bisa juga berada di tempat-tempat strategis lain seperti gedung perkantoran, pabrik, atau di kampus- kampus.

13 Prospek Video Banking Masa depan layanan video banking cukup menjanjikan. Menurut Celent, perusahaan peneliti dan konsultasi keuangan, layanan telekonferensi sangat menjanjikan bagi dunia perbankan, dan bank-bank yang disarankan untuk menggunakan video banking sebagai mekanisme omni- channel untuk meningkatkan keterlibatan nasabah. Selain itu, juga menurut Celent, ada empat alasan untuk menggunakan video banking, yakni untuk mendesain ulang cabang bank, daya tarik lebih untuk nasabah, alat untuk menjalin keterikatan lebih dengan nasabah, serta kelangsungan solusi perbankan masa depan.

14 Video Banking di Indonesia Di Indonesia layanan video banking masih belum tersedia secara massal. Salah satu bank yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Bank Central Asia(BCA). Layanan video banking ini merupakan salah satu bagian dari layanan pelanggan Halo BCA yang berupa konferensi video dan dapat diakses di Electronic Banking Center (EBC) BCA yang berlokasi di beberapa pusat perbelanjaan seperti Ciputra World Surabaya dan Gandaria City Jakarta, yang dibuka setiap hari mengikuti jam operasional mal.

15 Fitur Lain yang Ada di Electronic Banking Centre Digital Information yaitu Berupa layar touchscreen komputer dan iPad di mana nasabah dapat menemukan berbagai informasi perbankan mulai dari promosi kartu kredit yang sedang berlangsung serta simulasi cicilan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Jika malas mencatat/mengingat, mesin ini mampu mengirimkan informasi yang kita minta Digital Form yaitu Berupa layar touchscreen komputer dan iPad di mana nasabah dapat menemukan berbagai informasi perbankan mulai dari promosi kartu kredit yang sedang berlangsung serta simulasi cicilan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Jika malas mencatat/mengingat, mesin ini mampu mengirimkan informasi yang kita minta


Download ppt "VIDEO BANKING Zuhrotul Afifah (20130730018) Winny Salma Nur Azizah (20130730026) Arif Saifuddin (20130730031) M. Dika Rizki (20130730056) M. Khoiruddin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google