Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Helpy patriana.a.  kurnia sari  arita azura  hairinah  wilhemus Junius  m.yoegi Adia.p.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Helpy patriana.a.  kurnia sari  arita azura  hairinah  wilhemus Junius  m.yoegi Adia.p."— Transcript presentasi:

1  Helpy patriana.a.  kurnia sari  arita azura  hairinah  wilhemus Junius  m.yoegi Adia.p.

2 Manajemen sekolah merupakan bagian dari manajemen pendidikan, atau penerapan manajemen pendidikan dalam organisasi sekolah sebagai salah satu komponen dari sistem pendidikan yang berlaku. Manajemen sekolah terbatas hanya dalam satu sekolah saja, sedangkan manajemen pendidikan meliputi seluruh komponen sistem pendidikan yang ada. Ruang lingkup dan jangkauan bidang kajian manajemen pendidikan lebih luas dari pada manajemen sekolah. Kegiatan manajemen sendiri merupakan kegiatan memberdayakan sumber daya yang dimiliki sekolah dengan seefisien mungkin untuk mencapai tujuan sekolah.

3 PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN MENURUT AHLI Menurut Leonard D. White, manajemen adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua kelompok baik usaha negara, pemerintah atau swasta, sipil atau militer secara besar-besaran atau secara kecil-kecilan. Lebih lanjut Mulyani A. Nurhadi menekankan adanya ciri-ciri atau pengertian Manajemen Pendidikan yang terkandung dalam definisi tersebut sebagai berikut : Manajemen merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan bagi manusia. Rangkaian kegiatan itu merupakan suatu proses pengelolaan dari suatu rangkaian kegiatan pendidikan yang sifatnya kompleks dan unik yang berbeda dengan tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya ; tujuan kegiatan pendidikan ini tidak terlepas dari tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh suatu bangsa.

4 PENGERTIAN MANAJEMEN PENDIDIKAN SECARA UMUM Manajemen Pendidikan dalam kamus bahasa Belanda – Indonesia disebutkan bahwa istilah manajemen berasal dari “administratie” yang berarti tata usaha. Dalam pengertian manajemen tersebut, administrasi menunjuk pada pekerjaan tulis menulis di kantor. Pengertian inilah yang menyebabkan timbulnya contoh – contoh keluhan kelambatan manajemen yang sudah disinggung, karena manajemen dibatasi lingkupnya sebagai pekerjaan tulis menulis.

5 Proses pengelolaan itu dilakukan bersama oleh sekelompok manusia yang tergabung dalam suatu organisasi sehingga kegiatannya harus dijaga agar tercipta kondisi kerja yang harmonis tanpa mengorbankan unsur-unsur manusia yang terlibat dalam kegiatan pendidikan itu. Proses itu dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum (skala tujuan umum) dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan (skala tujuan khusus). Proses pengelolaan itu dilakukan agar tujuannya dapat dicapai secara efektif dan efisien.

6 LATAR BELAKANG DIPERLUKANNYA MANAJEMEN PENDIDIKAN Manajemen dalam pendidikan diperlukan untuk mengantisipasi perubahan global disertai oleh kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi informasi. Perubahan itu sendiri sangat cepat dan pesat, sehingga perlu ada perbaikan yang berkelanjutan (continous improvement) di bidang pendidikan sehingga output pendidikan dapat bersaing dalam era globalisasi seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi. Persaingan tersebut hanya mungkin dimenangkan oleh lembaga pendidikan yang tetap memperhatikan kualitas/mutu pendidikan dalam pengelolaannya.

7 UNSUR – UNSUR UTAMA DALAM PROSES MANAJEMEN 1. Perencanaan adalah suatu aktivitas integratif yang berusaha memaksimumkan efektivitas seluruhnya dari suatu organisasi sebagai suatu sistem, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 2. Pengorganisasian membuat penggunaan maksimal dari sumberdaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana dengan baik. 3. Leading/Kepemimpinan dan motivasi memakai kemampuan di area ini untuk membuat yang lain mengambil peran dengan efektif dalam mencapai suatu rencana. 4. Pengendalian monitoting memantau kemajuan rencana, yang mungkin membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi.

8 Metode Deskriptif Kualitatif Pengertian Deskriptif Kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati.” Sama halnya menurut arif Furchan, Pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan prilaku yang dapat diamati dari subyek itu sendiri.

9 Ciri Khusus Metode Deskriptif Kualitatif Adapun deskripsi kualitatif ini memiliki ciri ciri sebagai berikut yaitu sebagimana dalam buku yang berjudul Tehnik Penulisan Laporan, Ahmad Sonhaji menjelaskan ciri-ciri penelitian kualiatif antara lain: Desain penelitian bersifat lentur dan terbuka. Data penelitian diambil dari data alami (natural setting). Data yang dikumpulkan meliputi data deskriptif dan reflektif. Lebih mementingkan proses daripada hasil. Sangat mementingkan makna (meaning). Sampling dilakukan secara internal yang didasarkan pada subyek yang memiliki informasi yang paling representatif. Analisa data dilakukan pada saat setelah pengumpulan data. Kesimpulan dari penelitian kualitatif dikonfirmasikan dengan informan.

10 Saat Wawancara dengan Kepala Sekolah SDN-5 Panarung

11 Struktur organisasi sekolah

12 Tenaga pendidik

13 Data bank data siswa

14 Data rekapitulasi keadaan pegawai

15 Buku – buku diperpustakaan

16

17 Rak sepatu dan bak sampah di depan kelas

18 Kondisi sekolah SDN 5 PANARUNG

19 Parkiran

20 Proses pembelajaran

21 Wc sekolah

22 Lingkungan sekolah

23 Pengarahan sebelum memasuki kelas masing-masing

24 Salah satu siswa membersihkan teras di depan kelas

25 Mata pelajaran olahraga

26 Siswa melaksanakan kerja bakti bersama-sama

27

28 Alat untuk mengolah sampah menjadi kompos/ pupuk

29 Guru juga ikut berperan dalam menata lingkungan sekolah

30 Seluruh siswa melaksanakan senam pagi

31 Para siswa mengolah sampah menjadi kompos

32 ????

33 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt " Helpy patriana.a.  kurnia sari  arita azura  hairinah  wilhemus Junius  m.yoegi Adia.p."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google