Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI SEMESTER VI REGULER/KONVERSI PRODI : PGSD/PGMI UNISA KUNINGAN MICRO TEACHING Dosen : Dr. H. Barna Subarna, M.Pd 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI SEMESTER VI REGULER/KONVERSI PRODI : PGSD/PGMI UNISA KUNINGAN MICRO TEACHING Dosen : Dr. H. Barna Subarna, M.Pd 4."— Transcript presentasi:

1 KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI SEMESTER VI REGULER/KONVERSI PRODI : PGSD/PGMI UNISA KUNINGAN MICRO TEACHING Dosen : Dr. H. Barna Subarna, M.Pd 4

2 RASIONAL DAN PENGERTIAN  Gaya mengajar guru  Media dan bahan pengajaran  Pola interaksi dalam kelas Keterampilan mengadakan variasi dalam mengajar berhubungan dengan perubahan- perubahan yang dilakukan guru dalam sajiannya dengan salah satu atau gabungan aspek-aspek mengajar sbb :

3 MANFAAT  Menimbulkan dan meningkatkan perhatian siswa kepada aspek-aspek belajar mengajar yang relevan  Memberikan kesempatan berkembangnya bakat “ingin mengetahui dan menyelidiki” dari siswa tentang hal-hal baru  Memupuk tingkah laku yang positif terhadap guru dan sekolah dengan berbagai cara mengajar yang lebih hidup dan lingkungan belajar yang lebih baik  Memberikan kesempatan kepada siswa mendapatkan cara menerima pelajaran yang disenanginya  Lebih meningkatkan CBSA

4 PRINSIP-PRINSIP DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR  Digunakan dengan suatu maksud tertentu, relevan dengan tujuan yang hendak dicapai, cocok dengan kemampuan anak dan hakekat pendidikan  Digunakan secara lancar dan berkesinambungan  Memerlukan susunan dan perencanaan yang baik secara eksplisit dicantumkan dalam rencana pelajaran.

5 RAGAM VARIASI MENGAJAR DAN PENERAPANNYA  Penggunaan variasi suara  Pemusatan perhatian  Kesenyapan  Mengadakan kontak pandang  Gerakan badan dan mimik  Pergantian posisi guru dalam kelas.

6 VARIASI DALAM PENGGUNAAN MEDIA  Variasi alat/bahan yang dapat dilihat pemakaian bermacam alat dan bahan yang meliputi ; benda (obyek) sederhana, grafik, gambar di papan tulis, papan buletin, film, televisi, sumber-sumber di perpustakaan, ukiran, peta, poster.  Variasi alat/bahan yang dapat didengar pertukaran mendengar suara guru dengan selingan rekaman suara, atau radio, suara musik, deklamasi yang dibacakan siswa, drama, diskusi.  Variasi alat/bahan yang dapat diraba dan dimanipulasi alat dan bahan seperti specimen (contoh), model patung, alat mainan, binatang hidup yang kecil.

7 VARIASI POLA INTERAKSI DAN KEGIATAN SISWA  Mengubah pola dan tingkat interaksi antara guru – murid dan antara murid – murid.  Partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar (misal diskusi kelompok kecil, tukar pendapat melalui diskusi, atau melakukan demonstrasi tanpa campur tangan guru)  Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada siswa  Menyelesaikan suatu proyek/tugas, atau bekerja sendiri  Membuat karya tulis, membaca dalam hati atau nyaring, menonton film  Susunan atau bentuk kelas dapat diubah sesuai dengan kegiatan belajar tertentu.

8 HATUR NUHUN Permiosss……


Download ppt "KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI SEMESTER VI REGULER/KONVERSI PRODI : PGSD/PGMI UNISA KUNINGAN MICRO TEACHING Dosen : Dr. H. Barna Subarna, M.Pd 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google