Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manuscript writing Cleoputri Yusainy, PhD. Referensi American Psychological Association. (2010). Publication Manual of the American Psychological Association.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manuscript writing Cleoputri Yusainy, PhD. Referensi American Psychological Association. (2010). Publication Manual of the American Psychological Association."— Transcript presentasi:

1 Manuscript writing Cleoputri Yusainy, PhD

2 Referensi American Psychological Association. (2010). Publication Manual of the American Psychological Association (6 th ed.). Washington: American Psychological Association. Harris, P. (2009). Designing and reporting experiments in psychology (3 rd ed). Berkshire: Open University Press. Stenberg R.J., & Stenberg, K. (2010). The psychologist’s companion: A guide to writing scientific papers for students and researchers (5 th ed.). New York: Cambridge University Press.

3 Research report Latar belakang* Apa yang Anda lakukan? Mengapa Anda melakukannya? METODE* Bagaimana cara Anda melakukannya? Hasil Apa yang Anda temukan (termasuk detil analisis data)? Diskusi Apa yang ditunjukkan oleh temuan Anda? Kajian pustaka?* Judul Abstrak, kata kunci Daftar pustaka Lampiran *Hipotesis

4 Apa yang dicari oleh reviewer?

5 Latar belakang Periksa apakah Anda…  Tidak memberikan konteks? HINT: Mulai dari variabel Y.  Memaksakan keyakinan atau sudut pandang Anda?  Punya bukti yang cukup? Atau malah berlebihan?  Menyembunyikan fakta tertentu?  Memberi penekanan pada informasi tidak penting?  Memakai jargon, istilah, singkatan, dll. yang tidak dijelaskan artinya?

6 Kritisi studi terdahulu “Kondisikan” pembaca dengan tanyaan, masalah, dan keterbatasan studi terdahulu.  Akan tetapi, satu hal yang hingga kini masih menjadi persoalan, adalah apakah…  Kelemahan mendasar dari penelitian sebelumnya adalah …  Masalah utama yang muncul dari hasil studi sebelum ini adalah…  Meskipun demikian, ada inkonsistensi dalam argumen yang diajukan oleh peneliti sebelumnya.

7 Kajian pustaka Periksa apakah Anda…  Terjebak pada sindrom, “Inilah segala yang saya ketahui tentang X dan Y”?  Membuat kaitan eksplisit antara pustaka dengan metodologi yang dipilih?  Merangkum aspek esensial dari studi sebelumnya*?  Membuat kajian kritis dari pustaka sebelumnya*, ataukah sekadar memberikan deskripsi? * Pustaka tidak harus literatur Psikologi!

8 Kajian pustaka yang baik  Struktur logis, arah jelas.  Argumentasi berimbang.  Reflektif dan kritis, tidak sekadar deskriptif.  Akurat dalam pemakaian referensi dan kutipan.  Akurat dalam pemakaian istilah, tata bahasa (S- P-O-K), dan tanda baca.  Daftar pustaka lengkap.

9 Metodologi Periksa apakah Anda…  Seperti memindahkan materi dari buku metodologi penelitian?  Memilih metode pengumpulan data yang sesuai?  Memilih teknik analisis yang sesuai?  Memberikan justifikasi yang adekuat untuk metode yang dipilih?  Menyadari keterbatasan metode yang dipilih?

10 Presentasi hasil Periksa apakah Anda…  Sudah benar-benar menguji hipotesis?  Hasil yang diperoleh relevan dengan tanyaan yang diajukan?  Mengidentifikasi dan merangkum pola dan kecenderungan hasil?  Mempresentasikan tabel dan gambar secara efektif dan efisien?*

11 Kesalahan umum dalam presentasi tabel, gambar, dan lampiran  Teks merupakan duplikasi dari hasil yang disajikan dalam tabel, gambar, dan lampiran.  Tabel, gambar, dan lampiran “mendadak muncul” tanpa diberi referensi pada teks.  Presentasi tabel, gambar, dan lampiran tanpa diskusi lebih lanjut.  JUDUL tabel, gambar, dan lampiran harus bisa berdiri sendiri, terpisah dari teks.

12 Diskusi dan simpulan Periksa apakah Anda…  Mendiskusikan temuan utama? Temuan tambahan?  Membuat kaitan dengan pustaka?  Menyadari keterbatasan penelitian?  Melakukan upaya untuk mengkonseptualisasikan ulang masalah yang diuji?  Membuat spekulasi? Apakah spekulasi ini memiliki dasar?

13


Download ppt "Manuscript writing Cleoputri Yusainy, PhD. Referensi American Psychological Association. (2010). Publication Manual of the American Psychological Association."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google