Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 2 Chandler Home Product & Tektronix, Inc Anggota : 1. Agung Cahyo Prasetyanto (1M111641) 2. Ika Wahyu Lestari (1M111693) 3. Novita Rizky (1M111722)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 2 Chandler Home Product & Tektronix, Inc Anggota : 1. Agung Cahyo Prasetyanto (1M111641) 2. Ika Wahyu Lestari (1M111693) 3. Novita Rizky (1M111722)"— Transcript presentasi:

1 Kelompok 2 Chandler Home Product & Tektronix, Inc Anggota : 1. Agung Cahyo Prasetyanto (1M111641) 2. Ika Wahyu Lestari (1M111693) 3. Novita Rizky (1M111722)

2 BAB 1  Latar Belakang Masalah Chandler Home Product bergerak dalam 4 bidang yaitu produk perawatan lantai, produk semir furnitur, produk penyegar udara, dan produk insektisida. Tetapi beberapa tahun terakhir telah melakukan upaya untuk diversifikasi ke bidang perawatan pribadi yaitu deodorant dan krim pencukur. Produk perawatan rumah tangga kini juga telah diperluas menjadi alat cuci dan penyegar ruangan. Strategi Chandler telah mencari posisi pasar yang dominan untuk produk tersebut, dengan tetap menjaga harga premium, melalui inovasi produk dan penggunaan iklan.

3 Sedangkan Tektronix, Inc adalah pembuat alat uji elektronik, yang didirikan pada tahun Pada tahun 1998, perusahaan ini telah berkembang menjadi produsen dengan $ 2 milyar alat elektronik dan perangkat yang dijual hampir di 60 negara.

4  Rumusan Masalah 1. Apakah yang akan anda rekomendasikan pada Chandler Home Products ? 2. Apakah yang anda butuhkan untuk merubah rekomendasi tersebut ? 3. Apakah Tektronix, Inc membutuhkan sistem ERP ? 4. Apa manfaat yang akan Tektronix, Inc peroleh dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang serta manfaat Tektronix, Inc tersebut berasal ? 5. Apakah implementasi ERP membantu Textronik, Inc dalam menanggapi dorongan ke arah E-commerce?

5  Tujuan 1. Mengetahui rekomendasi pada Chandler Home Product. 2. Mengetahui perubahan apa yang dibutuhkan untuk rekomendasi Chandler Home Product. 3. Mengetahui kebutuhan sistem ERP. 4. Mengetahui pemanfaatan Textronix, Inc dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang 5. Mengetahui implementasi ERP dalam membantu Textronix, Inc untuk menanggapi dorongan ke arah E-commerce.

6 BAB 2 Perencanaan sumberdaya perusahaan, atau sering disingkat ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

7 Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice, dan akuntansi perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ERP akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan sumber daya manusia. Saat ini ada banyak software ERP yang beredar di pasaran seperti SAP, PeopleSoft, Oracle ERP, dan JDE dimana software tersebut adalah software komersial. Sedangkan untuk software ERP Open source saat ini ada Compiere ERP&CRM, Adempiere (turunan Compiere), Open Bravo (turunan Compiere), Tiny ERP, OpenTaps, Web ERP, dll.

8 Secara modular, software ERP biasanya terbagi atas modul utama yakni operasi. Serta modul pendukung yakni finansial dan akuntasi serta sumber daya manusia. Pengimplementasian ERP dalam bisnis riil dapat ditemukan dalam perusahaan Chandler Home Product dan Tektronix, Inc yang mana perusahaan ini dapat mengimplementasikannya dengan baik atas segala upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang ada dalam perusahaan global tersebut.

9 BAB 3  CHANDLER HOME PRODUCT  Profil chandler home products Chandler merupakan pemasok terkemuka produk bisnis, layanan dan solusi di Maritimes. Dalam menjalankan bisnis selama 50 tahun, kami memahami tujuan konsumen dan tantangan operasional. Chandler dapat diandalkan untuk nilai, efisiensi dan menyediakan solusi yang memenuhi persyaratan yang tepat untuk konsumen. Dengan layanan pelanggan Chandler yang tak tertandingi, sumber daya dalam dan jejak geografis yang luas, Chandler menjadi pilihan terbaik untuk semua kebutuhan bisnis konsumen yang dapat dilihat dari :  Skala ekonomis  Rasionalisasi jaringan perusahan  Strategi Chandler Home Products

10  TEXTRONIK, Inc Sejarah Textronik, Inc Didirikan pada tahun 1946 sebagai pembuat peralatan tes elektronik, pada tahun 1993 Tektronix telah tumbuh menjadi perusahaan manufaktur alat dan perangkat elektronik dengan penghasilan mencapai $1.3 milyar. Bisnis perusahaan terbagi menjadi 3 divisi mandiri, yaitu : ‘Measurement Business Division (MBD)’, ‘Color,Printing and Imaging Division (CPID)’ dan ‘Video and Networking Division (VND)’. Ketiga divisi tersebut berada di Amerika Serikat dan memiliki perwakilan internasioanl hampir di 60 negara di dunia.Tektronix adalah pemimpin pembuatan osiloskop yang mendunia dan memiliki penguasaan pasar dua kali lebih besar dari pesaing utamanya.

11 Carl Neun memutuskan bahwa berdasarkan semua informasi yang ada, jelas bahwa ia harus memperbaiki infrastruktur TI yang dimiliki Tektronix, Inc dan bidang keuangan secara menyeluruh. Dalam mewujudkan misi tersebut, Carl Neun memiliki 3 visi:  Pemisahan semua bisnis/ divisi (menggunakan istilah “Frankfurt is Orlando“)  Sekalipun terpisah, namun setiap divisi harus dapat sebanding satu sama lainnya dalam menyediakan status keuangan yang sifatnya global dan up-to-date (menggunakan istilah “Apples to Apples“)  Meminimasi perubahan paket perangkat lunak yang ada (menggunakan istilah “Plain Vanilla“), Ketiga visi tersebut dituangkan dalam rencana untuk mengimplementasikan ERP ke dalam sistem perusahaan secara menyeluruh.

12 BAB 4 KESIMPULAN  Chandler Home Product melakukan efisiensi biaya agar tetap bertahan di tengah persaingan di global. Chandler Home Product juga melakukan inovasi dan diversikasi dalam menghasilkan produknya, misalnya dalam bidang perawatan. Produk perawatan rumah tangga juga telah diperluas menjadi alat mencuci dan pengharum ruangan. Selain itu perusahaan juga menggunakan iklan yang berkualitas guna memperkenalkan produk mereka di pasaran. Dengan alasan tersebut, kelompok kami merekomendasikan bahwa sebaiknya kedua perusahaan tersebut tidak perlu ditutup. Ini terbukti bahwa masih terdapat potensi konsumsi di Eropa.

13  Textonix, Inc baru-baru ini berhasil menerapkan ERP system. Tektronix, Inc membutuhkan system ERP karena untuk memperbaiki tantangan manajemen dan system informasi yang pernah terjadi pada perusahaan. Dengan menerapkan system ERP Tektronix, Inc mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas karyawan dalam melakukan analisis. Selain itu dengan penerapan ERP menyebabkan adanya pemahaman yang lebih baik terhadap tren penjualan dan kinerja internal. Manfaat yang diperoleh dalam penerapan ERP pada perusahaan adalah:  Adanya kemampuan untuk melihat tingkat persediaan global  Adanya peningkatan pengiriman dalam hari yang sama dan telah meningkat dari 15 persen menjadi 75 persen  Adanya peningkatan waktu siklus untuk memperoleh persetujuan kredit

14  Adanya peningkatan integrasi data, yang memungkinkan adanya analisis keuangan untuk menelusuri ke beberapa tingkat detail dalam 1 akun  Dapat meng-up-to-date informasi mengenai status keuangan yang tersedia bagi manajer untuk mengambil keputusan  Dapat melakukan perbaikan dalam pengelolaan penjualan dan persediaan yang telah menyebabkan langkah-langkah perbaikan dalam penjualan hari posisi dan tingkat persediaan. Selain itu juga terdapat keberhasilan jangka panjang dan jangka pendek penerapan ERP pada perusahaan Tektronix,inc

15  Penerapan ERP pada perusahaan akan mendorong menuju tercapainya E-commerce karena dengan adanya sistem ERP pada perusahaan akan lebih memperbaiki sistem-sistem yang ada pada perusahaan. Penerapan ERP pada perusahaan sangat penting dilakukan mengingat adanya berbagai manfaat penting yang akan dicapai dengan menggunakan sistem tersebut. Oleh sebab itu dengan adanya sistem ERP maka perusahaan dapat terdorong untuk melakukan E-commerce.  Perusahaan Chandler Home Product dan Tektronix, Inc merupakan perusahaan global dimana perusahaan tersebut memproduksi sumber daya dari dalam negara atau salah satu negara. Dengan strategi ini perusahaan akanmendapatkan keuntungan dengan biaya yang lebih murah.

16 Chandler Home Product

17 Tektronix, Inc


Download ppt "Kelompok 2 Chandler Home Product & Tektronix, Inc Anggota : 1. Agung Cahyo Prasetyanto (1M111641) 2. Ika Wahyu Lestari (1M111693) 3. Novita Rizky (1M111722)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google