Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bella G. Yosefine, S.Pd. sumber: Alwi, Hasan.2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bella G. Yosefine, S.Pd. sumber: Alwi, Hasan.2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka."— Transcript presentasi:

1 Bella G. Yosefine, S.Pd. sumber: Alwi, Hasan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

2 Objective Mampu menjelaskan fakta dan opini yang ada dalam teks mencakup: Ciri-ciri fakta dan Ciri-ciri opini. Mampu mendata fakta yang ada dalam teks. Mampu mendata opini yang ada dalam teks. Mampu membedakan fakta dan opini.

3 Fakta Fakta merupakan sesuatu yang ada dan benar – benar terjadi dan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang benar – benar terjadi dan bersifat obyektif.

4 Opini (Pendapat) Pendapat merupakan sikap, pandangan atau tanggapan seseorang terhadap suatu fakta dan kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Baik berupa pertimbangan – pertimbangan maupun saran – saran. Ciri – ciri dari pernyataan yang berisi pendapat, biasanya menggunakan kata-kata seperti: bisa jadi, sangat, tidak mungkin, sebaiknya, menurut saya…, dan kata – kata yang menunjukkan subjektivitas seseorang

5 Membedakan fakta dan opini 1 (1)Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. (2) Pada umumnya kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin. (3) Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. (4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang – orang kaya untuk berpesiar.

6 Membedakan fakta dan opini 1 FAKTA 2 (Pada umumnya kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin) OPINI (1)Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. (3) Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi 4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang – orang kaya untuk berpesiar.

7 Membedakan fakta dan opini 2 Perhatikanlah teks berikut! Tentukanlah kalimat yang termasuk fakta! David Beckham pemain sepak bola terkaya di dunia dengan penghasilan 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 675 miliar. Pemain ini dipuja karena kehebatannya di lapangan yang ditunjukkan dengan gol-gol indah yang sering diciptakannya. Sosoknya yang modis juga menjadi pujaan di luar lapangan. Nilai plus lainnya meski Beckham kini bergelimang harta ia tidak sombong dan tidak melupakan asal-usul dirinya yang berasal dari kelas pekerja menengah. Keberhasilan Beckham ini, bukanlah sesuatu yang jatuh dari langit. Sejak kecil ia suka sepak bola, bakatnya itu terlihat sejak belia. Disiplin dan giat melatih bakatnya dengan tekun membuahkan keberhasilan. Tidak mengherankan jika sekarang ia menjadi pemain sepak bola ternama dan terkaya.

8 Membedakan fakta dan opini 2 Fakta dalam wacana tersebut antara lain; David Beckham pemain sepak bola terkaya di dunia dengan penghasilan 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 675 miliar. Nilai plus lainnya meski Beckham kini bergelimang harta ia tidak sombong dan tidak melupakan asal-usul dirinya yang berasal dari kelas pekerja menengah. David Beckham pemain sepak bola yang disiplin dan giat melatih sehingga bakatnya membuahkan keberhasilan.

9 Membedakan fakta dan opini 3 Perhatikanlah teks berikut! Tentukan opini yang terdapat dalam teks! (1) Sushi tampaknya semakin diminati masyarakat di kota besar di Indonesia. (2) Sushi bukan lagi makanan ekskutif yang hanya ditemukan di restoran Jepang. (3) Di Amerika, sushi juga menjadi makanan favorit. (4) Namun, akhir- akhir ini muncul isu penting mengenai tingkat merkuri dalam shusi. (5) Tes laboratorium yang diadakan The New York Times menemukan ada begitu banyak kadar merkuri dalam shusi.

10 Membedakan fakta dan opini 3 Pendapat dalam wacana tersebut antara lain; 1. Shusi tampaknya semakin diminati masyarakat di kota besar di Indonesia. 2. Namun, akhir-akhir ini muncul isu penting mengenai tingkat merkuri dalam shusi. Pendapat (opini) adalah pikiran atau pandangan tentang sesuatu hal, keadaan, atau peristiwa. Suatu pendapat itu bisa benar dan bisa salah. Oleh karena itu kita dapat menyetujui atau menolaknya. Pada paragraf tersebut pendapat dinyatakan dengan kata Tampaknya semakin (kalimat 1), kata namun, akhir-akhir ini (kalimat 2)

11 Kegiatan Inti Latihan Dan kesimpulan


Download ppt "Bella G. Yosefine, S.Pd. sumber: Alwi, Hasan.2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google