Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BINA NUSANTARA Pertemuan 20 PEMBIAYAAN SAHAM BIASA Matakuliah: J0104 / Manajemen Keuangan II Tahun: 2005 Versi: >

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BINA NUSANTARA Pertemuan 20 PEMBIAYAAN SAHAM BIASA Matakuliah: J0104 / Manajemen Keuangan II Tahun: 2005 Versi: >"— Transcript presentasi:

1 BINA NUSANTARA Pertemuan 20 PEMBIAYAAN SAHAM BIASA Matakuliah: J0104 / Manajemen Keuangan II Tahun: 2005 Versi: >

2 BINA NUSANTARA Pembiayaan Saham Biasa Modal saham dalam perseroan terbatas, CV, atau firma merupakan sumber dana yang penting pula bagi perusahaan baru karena merupakan dasar dukungan pemberian pinjaman oleh perusahaan yang sudah ada. Bertumpu pada pendangan ini, pem-bahasan tentang bentuk spesifik tentang saham biasa serta pilihan antara saham biasa dengan lainnya.

3 BINA NUSANTARA Pembagian Laba, Kendali, dan Risiko Dua pertimbangan positif adalah dalam kepemilikan modal adalah: laba dan kendali. Hak atas laba membawa risiko kerugian. Kendali juga termasuk tanggung jawab dan pertanggung- jawaban (kewajiban). Kepemilikan individu mempunyai 100 % hak atas laba dan kendali serta kerugian dan tanggung jawab.

4 BINA NUSANTARA Hak-hak Pemegang saham Hak-hak Kolektif 1. Mengubah anggaran dasar perusahaan. 2. Menciptakan dan mengubah anggaran rumah tangga. 3. Memilih direksi perusahaan. 4. Menyetujui dan mengesahkan penjualan aktiva tetap. 5. Mengadakan merger. 6. Mengubah jumlah saham biasa yang diotorisasi. 7. Mengemisikan saham preferen, surat utang, obligasi, dan surat berharga lainnya.

5 BINA NUSANTARA Hak-hak Khusus 1. Hak Suara. 2. Hak untuk menjual sertifikat saham. 3. Hak untuk memeriksa pembukuan perusahaan. 4. Hak untuk memperoleh aktiva sisa perusahaan jika dibubarkan.

6 BINA NUSANTARA Karakteristik Penting dari Saham Biasa 1. Hakekat Hak Suara (Voting Right) // Proxy - merupakan suatu alat pemindahan sementara hak suara // Pemungutan suara kumulatif (cumulative voting ) - memberikan suara kepada semua calon masing masing sebesar jumlah saham yang dimiliki

7 BINA NUSANTARA contoh : Pemilik 100 saham dapat memberikasuaranya kepada semua calon direktur (mis : ada 6 calon) masing-masing 100 suara atau ia dapat memberikan semua suaranya sepada 1 orang calon direktur yang disukainya sejumlah 600 suara Reg = Dimana : Reg = Jumlah saham yang dibutuhkan untuk memilih jumlah direktur yang diinginkan Des(N) #

8 BINA NUSANTARA des : Jumlah direktur yang diinginkan oleh para pemegang saham N: Jumlah total saham biasa yang beredar dan mempunyai hak suara #: Jumlah total direktur yang dipilih Contoh : Jika sebuah kelompok ingin memilih 2 direktur dari 15 kandidat dan saham yang mempunyai hak suara, berapa banyak saham yang harus dimilikinya ? Jawaban : Maka req = 2 x =

9 BINA NUSANTARA 2. Hak memiliki terlebih dahulu 3. Bentuk-bentuk saham biasa - berklarifikasi * A untuk saham tanpa hak - suara * B untuk saham yang memiliki hak- suara - saham pendiri hampir sama dengan saham klarifikasi B, selain mempunyai hak suara tunggal juga tidak memperoleh deviden selama beberapa tahun untuk pengembangan usaha

10 BINA NUSANTARA Evaluasi Saham Biasa Sebagai sumber Dana Dari sudut pandangan pihak penerbit (emiten) Keunggulan : 1. Tidak memberikan dividen tetap. 2. Tidak memiliki tanggal jatuh tempo. 3. Menyediakan landasan penyangga atas rugi yang diderita kreditornya. 4. Pada saat tertentu dapat dijual lebih mudah daripada bentuk lain-nya. 5. Pengembalian yang diperoleh, pajak penghasilan perorangan lebih rendah dibandingkan pajak atas bunga utang.

11 BINA NUSANTARA Kelemahan : 1. Penjualan saham dapat meningkatkan hak suara dan kendali pemegang saham. 2. Lebih banyak memberi hak untuk memperoleh laba pemilik perusahaan. 3. Biaya penanggungan dan pendistribusian yang mahal. 4. Jika saham terlalu banyak dibanding utang maka biaya modal rata-rata akan lebih mahal. 5. Dividen tidak bisa memotong pajak perusahaan.

12 BINA NUSANTARA Dari Sudut Pandang sosial Saham merupakan bentuk pembiayaan yang disenangi karena perusahaan kurang terpengaruh oleh kemerosotan dalam penjualan atau laba, karena tidak melibatkan biaya-biaya tetap. CLOSING


Download ppt "BINA NUSANTARA Pertemuan 20 PEMBIAYAAN SAHAM BIASA Matakuliah: J0104 / Manajemen Keuangan II Tahun: 2005 Versi: >"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google