Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo Pertemuan ke 2: Software Testing.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo Pertemuan ke 2: Software Testing."— Transcript presentasi:

1 Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo Pertemuan ke 2: Software Testing

2 Software Testing Software Testing merupakan proses menjalakan sistem atau program yang bertujuan untuk mencari kesalahan. (Myers, Glenford J., The art of software testing) ‏ Software Testing merupakan proses yang digunakan untuk membantu mengidenntifikasi ketepatan, kekompletan, keamanan dan kualitas dari pengembangan perangkat lunak (wikipedia) ‏

3 Software Testing Software testing lebih dari sekedar mendeteksi kesalahan :is more than just error detection; Software Testing adalah “menjalankan” perangkat lunak dalam suatu kondisi terkontrol untuk : 1. Verifikasi Verifikasi adalah pengecekan atau pengetesan sesuatu termasuk perangkat lunak dengan melakukan evalusai apakan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan [Verification: Are we building the system right?] 2.Deteksi Kesalahan Pendektesian terhadap kesalahan yang mungkin terjad dalam perangkat lunak. 3. Validasi Validasi adalah melihat bagaimana suatu sistem dapat berjalan dengan tepat/benar. [Validation: Are we building the right system?]

4 Software Testing Software testing membedakan antara software faults dengan software failures. 1.Failure  Software tidak menjalankan apa yang user inginkan 2. Fault  merupakan kesealahan pemograman yang mungkin tidak menunjukan suatu failure  Fault dapat juga diseskripsikan sebagai kesalahan semantik dalam program. Fault dapat menjadi failure jika kondisinya memenuhi untuk menjadi failure.

5 Software Testing Software fault terbagi menjadi dua yakni 1.Bohrbugs  merupakan kesalahan design yang akan mudah diindetifikasi pada saat testing dan debugging. 2.Heisenbugs,  Munculnya tidak secara permanen (kadang-kadang muncul) Muncul jika kondisi-kondisi tertentu dipenuhi dan mungkin hilang pada saat software di restart ulang.

6 Software Quality Quality software : bug-free, tepat waktu pengerjaan, sesuai budget, sesuai kebutuhan/ keinginan dan ada jamanian pemeliharaan Kualitas merupakan kata subyektif dan akan bergantung dari “customer”. Tipe customer yang berbeda-beda mempunyai presepsi yang berbeda satu dengan yang lain. Software testing tidak bisa menjamin kualitas software.

7 Software Quality Assurance “Quality Assurance” mengukur kualitas dari proses untuk membuat produk yang berkualitas. Software Quality Assurance (‘SQA’ or ‘QA’) merupakan proses monitoring dan peningkatan semua aktivitas yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak dari mulai pengumpulan informasi sampai dengan implementasi. Prosedur dan standar harus dilaksanakan untuk SQA, sehingga masalah dapat dideteksi dan ditangani sesegera mungkin. SQA lebih mengarah kepada tindakan pencegahan agar masalah tidak terjadi.

8 Software Quality Assurance QA dan pengembangan produk merupakan aktivitas pararel. Dalam QA termasuk didalamnya adalah review dari metode pengembangan dan standar yang digunakan. Me review semua dokumnetasi serta validasi dari kode yang diyulis. SQA merupakan superset dari testing. Tujuan utama dari SQA adalah untuk meminimalkan resiko kegagalan suatu proyek pengembangan perangkat lunak. Testing > Quality Control Quality Control----> Ukuran Kualitas Produk QA > Ukuran proses membuat produk yang ber QC-


Download ppt "Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo Pertemuan ke 2: Software Testing."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google