Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 UNIVERSITAS GUNADARMA Tri Resmiyanto NPM. 16110963 3KA23.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS BAHASA INDONESIA 2 UNIVERSITAS GUNADARMA Tri Resmiyanto NPM. 16110963 3KA23."— Transcript presentasi:

1 TUGAS BAHASA INDONESIA 2 UNIVERSITAS GUNADARMA Tri Resmiyanto NPM KA23

2 DETEKSI SONORITY PEAK UNTUK PENDERITA SPEECH DELAY MENGGUNAKAN SPEECH FILING SYSTEM Artiket ditulis oleh : Muhammad Subali Tri Wahyu R.N. M. Kholik

3 LATAR BELAKANG PENELITIAN Speek Delay adalah gangguan bicara pada anak dibawah normal yang mengakibatkan ketidakjelasan artikulasi berupa produksi voiced, unvoiced dan intonasi. Teori Kenyaringan (Sonority Theory) menjelaskan bahwa terdapat satu puncak kenyaringan (sonority peak) pada satu kata dalam pengucapannya. Penderita speech delay sebagai objek penelitian diindikasikan mengalami gangguan bicara. Gangguan bicara tersebut dapat berakibat ke gangguan perkembangan yang akan menghambat fase kognitif perkembangan anak.

4 METODE PENELITIAN  Dalam penelitian ini digunakan Teori Fonologi Metrik (Metrical Phonology Theory) sebagai pengembangan teori fonologi (Liberman & Prince, 1977).  Penelitian ini mengambil data dari audio dan visual secara personal dalam 2 tahap yaitu prosodic / spektral dan visual fitur / artikulasi.  Data anak direkam menggunakan alat perekam 4 khusus dan hasil rekaman dianalisis menggunakan perangkat lunak Speech Filing System.

5 HASIL PENELITIAN Hasil penelitian diperoleh melalui (1) proses perekaman data, (2) proses editing, dan (3)segmentasi kata.

6 HASIL PENELITIAN  Hasil Data perolehan sonority peak nomina dan intonasi menunjukkan kestabilan perkembangan perolehan suara.  Kenyaringan menunjukkan bahwa anak yang berusia lebih tinggi kurang nyaring dalam mengucapkan kata yang diminta.  Anak mulai dapat membedakan intonasi yang datar harus digunakan pada kata nomina penelitian diperoleh melalui (1) proses perekaman data, (2) proses editing, dan (3)segmentasi kata.

7 HASIL PENELITIAN Data perolehan hasil perolehan sonority peak verba menunjukkan hasil yang sangat baik, karena verba yang diminta adalah kosa kata imperative dan subjek dapat mempraktekkan dengan baik sesuai dengan rentang usia.

8 HASIL PENELITIAN Hasil perolehan silabel unvoiced (tak bersuara) menunjukkan gejala yang belum stabil. Pada kata’buka’ anak yang berusia lebih tinggi memberikan respon frekuensi yang lebih rendah. Hal tersebut diakibatkan control suara subjek sudah berjalan stabil disebabkan oleh durasi proses terapi dan kematangan usia serta proses perkembangan kemampuan kognitif.

9 HASIL PENELITIAN  Analisis pitch sebagai hasil akustik dari kecepatan getaran pita suara, berlaku untuk hanya untuk voiced. Sampel suara yang dijadikan data berupa kata benda dan kata kerja bahasa Indonesia menunjukkan setiap 40 milidetik yang dihasilkan silabel voiced mempunyai nilai pitch di bawah 500 Hz sehingga sering terdengar sangat pelan dan unvoiced mempunyai nilai pitch sama dengan nol Hz.  Vokal yang dihasilkan dikenal sebagai voiced dan konsonan dikenal sebagai unvoiced, konsonan disebut juga sebagai voiced jika pengucapannya berupa yang diikuti vokal.

10 KESIMPULAN  Penelitian sonority peak atau puncak silabel dan artikulasi berorientasi pada pengukuran sinyal ujaran. Anak speech delay sering menemui kendala dalam memproduksi ujaran lisan (artikulasi, pitch, dan intonasi).  Ditemukan indikasi adanya infleksi dan intonasi monoton pada subjek penelitian.  Terdapat distorsi pada pitch, intonasi, dan pola stress. Pola intonasi yang dibatasi oleh batas nada tinggi atau rendah menunjukkan nada yang relatif datar dan lemah. Pitch yang dihasilkan lemah, kontrol volume kurang dan kualitas vokal yang relatif lemah.

11 PENGEMBANGAN MATERI  Materi ini dapat digunakan sebagai bahan penelitian lebih lanjut.  Dapat digunakan dan dikembangkan untuk mengatasi permasalahan speeak dealay pada anak se dini mungkin dan mencegah terjadinya speak delay yang berkelanjutan.

12 SEKIAN DAN TERIMAKSIH


Download ppt "TUGAS BAHASA INDONESIA 2 UNIVERSITAS GUNADARMA Tri Resmiyanto NPM. 16110963 3KA23."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google