Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Analisis Kinerja Sistem Representasi Kinerja. Objektif Representasi Data Jenis Diagram Seni Representasi Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Analisis Kinerja Sistem Representasi Kinerja. Objektif Representasi Data Jenis Diagram Seni Representasi Data."— Transcript presentasi:

1 Analisis Kinerja Sistem Representasi Kinerja

2 Objektif Representasi Data Jenis Diagram Seni Representasi Data

3 Representasi Data Semua teknik pengukuran akan mengumpulkan data yang memperlihatkan adanya aktifitas komponen-komponen evaluasi dan demikian pula identifikasi inefisiensi sistem tersebut. Jumlahnya bervariasi tergantung dari teknik pengukuran serta tujuan evaluasi. Contoh : ◦ Suatu studi tentang kerja alokasi file pada disk, memerlukan data yang menyangkut aktifitas disk. ◦ Studi tentang tuning sistem secara global akan memerlukan data dari seluruh komponen-komponen sistem.

4 Representasi Data Representasi dari data yang terukur tersebut, digunakan untuk mengidentifikasi area dan komponen yang diperlukan. Dengan demikian untuk memudahkan diperlukan diagram yang dapat digunakan sebagai alat diagnosis.

5 Representasi Data

6 Jenis Diagram Histogram ◦ Merupakan representasi grafis yang menunjukkan gambaran dari distribusi data. ◦ Histogram mengestimasi probabilitas distribusi dari variabel kontinu.

7 Jenis Diagram Histogram

8 Jenis Diagram Histogram

9 Jenis Diagram Gantt Chart ◦ Termasuk jenis bar chart yang umum digunakan untuk mengilustrasikan penjadwalan project. ◦ Menggambarkan awal mula dan akhir suatu elemen project. ◦ Kadangkala ada ketergantungan antar elemen aktivitas yang dilakukan. ◦ Dapat pula digunakan untuk menggambarkan karakteristik komponen sistem secara komprehensif.

10 Jenis Diagram Gantt Chart

11 Jenis Diagram Gantt Chart

12 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ Disebut juga radar chart, web chart, atau star chart ◦ Representasi grafis yang menampilkan multivariate data dalam diagram dua dimensi dengan cara menggambarkan tiga variabel atau lebih ke sumbu-sumbu yang berasal dari suatu titik (pole).

13 Jenis Diagram Kiviat Graph

14 Jenis Diagram Kiviat Graph

15 Jenis Diagram Kiviat Graph

16 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ Dapat digunakan untuk mengontrol quality improvement dengan menggambarkan performance metric dari program. ◦ Sering pula digunakan dalam cabang olahraga untuk menggambarkan strength dan weakness dari atlet.

17 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ Variabel yang bersebelahan bisa saja tidak berhubungan. ◦ Variabel pertama dan terakhir diletakkan bersebelahan. ◦ Bentuk diagram dapat berubah tergantung pengurutan variabel. (9, 9, 9, 1, 1, 1 vs 9, 1, 9, 1, 9, 1)

18 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ Bentuk kiviat graph yang baik menyerupaki bintang (star)

19 Jenis Diagram Kiviat Graph

20 Jenis Diagram Kiviat Graph

21 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ Dapat dianalisa menggunakan Figure of Merit (FoM)

22 Jenis Diagram Kiviat Graph

23 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ A figure of merit is a quantity used to characterize the performance of a device, system or method, relative to its alternatives. In engineering, figures of merit are often defined for particular materials or devices in order to determine their relative utility for an application. In commerce, such figures are often used as a marketing tool to convince consumers to choose a particular brand.

24 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ Setiap sudut pandang di pertimbangkan sama, padahal kasusnya biasanya belum tentu sama. ◦ Nilai-nilai ekstrim diasumsikan agar menjadi lebih baik. Nilai maksimum dalam suatu metrik yang baik tidak selalu dibutuhkan. ◦ Utilitas dari suatu sistem bukan merupakan fungsi linier dari FOM. Sistem dengan FOM 50% belum tentu dua kali lebih baik dari sistem dengan FOM 25%. ◦ Dua sistem dengan FOM yang equal tidak selalu sama baiknya. ◦ Adalah mungkin yang suatu sistem dengan FOM yang lebih rendah kadang-kadang adalah lebih baik dari sistem dengan FOM yang lebih tinggi. Sebagai contoh suatu sistem FOM 63% mungkin saja lebih baik daripada sistem dengan FOM 64%.

25 Jenis Diagram Kiviat Graph ◦ The precision and verifiability of numbers sometimes make them a more effective sales tool than vague and non numeric descriptions such as "state of the art" or "leaves the others in the dust". ◦ When used in deceptive advertising the deception lies more in the question of relevance rather than truth since the number quoted as a figure of merit may not be enough to determine performance when comparing products. ◦ For example, when purchasing a laptop a consumer could choose based on the capacity of its hard drive. The RPM, buffer, and seek times may not be noted, but significantly affect performance. ◦ Some figures are used in selling consumer merchandise and have the principal merit of yielding high numbers that can impress people who don't know what the numbers mean.

26 Seni Representasi Data Grafik yang dibuat haruslah hanya memerlukan usaha minimum dari pembaca untuk dapat memahaminya. Contohnya: Secara langsung menggunakan label data, bukan menggunakan kotak legenda. Memaksimalkan Informasi & Menggunakan skala yang sesuai : ◦ Membuat grafik itu self-sufficient (mencukupi dirinya sendiri) ◦ Menggunakan kata-kata sebagai ganti lambang atau singkatan, termasuk unit dalam grafik

27 Seni Representasi Data Meminimalkan Tinta Memaksimalkan informasi ke rasio tinta yang dibutuhkan, misalnya tidak perlu adanya grid line kecuali jika memang dibutuhkan untuk memecahkan data. Menggunakan hal yang sudah diterima secara luas Menunjukkan orang apa yang mereka harapkan untuk dilihat. Misal : Origin at (0,0) Menghindari kerancuan ◦ Menunjukkan koordinat sudut, skala & identifikasi asal dari suatu variabel dan kurva individu ◦ Tidak menyajikan nilai yang terlalu banyak pada grafik yang sama

28 Seni Representasi Data Kesalahan Umum pada Persiapan Suatu Grafik ◦ Menyajikan terlalu banyak alternatif pada tabel tunggal. ◦ Menyajikan banyak y-variabel pada tabel tunggal. ◦ Penggunaan lambang sebagai pengganti teks. ◦ Penempatan informasi ucapan tambahan pada tabel. ◦ Pemilihan cakupan skala dengan tidak sesuai. ◦ Penggunaan tabel garis sebagai ganti suatu tabel bar.

29 Seni Representasi Data Trik Membuat Data Terlihat Lebih Baik ◦ Penggunaan suatu origin non-zero untuk menekankan suatu perbedaan

30 Seni Representasi Data Trik Membuat Data Terlihat Lebih Baik ◦ Piktogram diskalakan dengan tingginya

31 Seni Representasi Data Trik Membuat Data Terlihat Lebih Baik ◦ Menghilangkan Tinta

32 Seni Representasi Data Trik Membuat Data Terlihat Lebih Baik ◦ Hati-hati dalam menggunakan warna


Download ppt "Analisis Kinerja Sistem Representasi Kinerja. Objektif Representasi Data Jenis Diagram Seni Representasi Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google