Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : 1.Laus A. Hana 2.Arifandi D. Kolan. Pengertian Kompensasi  Kompensasi perlu dibedakan dengan gaji dan upah.  Gaji dan upah merupakan salah satu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : 1.Laus A. Hana 2.Arifandi D. Kolan. Pengertian Kompensasi  Kompensasi perlu dibedakan dengan gaji dan upah.  Gaji dan upah merupakan salah satu."— Transcript presentasi:

1 Oleh : 1.Laus A. Hana 2.Arifandi D. Kolan

2 Pengertian Kompensasi  Kompensasi perlu dibedakan dengan gaji dan upah.  Gaji dan upah merupakan salah satu bentuk konkret atas pemberian kompensasi.  Kompensasi bukan hanya berupa gaji atau upah, tetapi ada hal-hal lainnya. KOMPENSASI ???

3 Lanjutan... Menurut Thomas H Stone dalam bukunya “ Undestanding Personal Management”, kompensasi adalah setiap bentuk pembayaran yang diberikan kepada karyawan sebagai pertukaran pekerjaaan yang mereka berikan kepada majikan. Sedangkan Menurut Edwin B Plippo dalam bukunya “Principles of Personal Management”, kompensasi merupakan pemberian imbalan jasa yang layak dan adil kepada karyawan-karyawan karena mereka telah memberi sumbangan kepada pencapaian organisasi.

4 Asas Kompensasi 1. Asas Keadilan 2. Asas Kelayakan & Kewajaran Asas Kompensasi :

5 Tujuan Kompensasi 1. Ikatan kerjasama 2. Kepuasan Kerja 3. Pengadaan Efektif 4. Motivasi 5. Menjamin Keadilan 6. Disiplin 7. Pengaruh Serikat Pekerja 8. Pengaruh Pemerintah

6 Upah dan Gaji Pengertian Upah atau gaji merupakan pengganti atas jasa yang telah diberikan pekerja dalam pekerjaannya. Dalam hal ini yang membayar upah atau gaji adalah pengusaha, majiakan atau perusahaan. Teori-Teori Secara umum, sistem upah dapat diklasifikasikan sebagai berikut:  Sistem upah menurut banyaknya produksi.  Sistem upah menurut lamanya kerja.  Sistem upah menurut lamanya dinas.  Sistem upah menurut kebutuhan.

7 Pemebrian Insentif 1. Pengertian Insentif Menurut G. R. Terry, yang di kutip oleh H. Suwatno,M.si dan Donni Juni priansa, S.Pd,. S.E.( ) “Latery incentive means that which incites or a tendency to incite action”. Insentif merupakan sesuatu yang merangsang minat untuk bekerja. Pemahaman ini merupakan pendapat yang baik apabila diterapkan pada suatu perusahaan, karena kinerja dan produktivitas perusahaan akan meningkat, hal tersebut akibat dari karyawan yang bekerja dengan optimal.

8 Macam-macam Insentif Insentif Material  Bonus  Komisi  Profit Sharing Insentif Non Material Beberapa macam insentif non material meliputi: a) Pemberian gelar (title) secara resmi, b) Pemberian tanda jasa / medali, c) Pemberian piagam penghargaan, d) Pemberian pujian lisan maupun tulisan secara resmi (di depan umum) ataupun secara pribadi, e) Ucapan terima kasih secara formal maupun informal, f) Pemberian promosi (kenaikan pangkat atau jabatan), g) Pemberian hak untuk menggunakan atribut jabatan, h) Pemberian perlengkapan khusus pada ruangan kerja, i) Pemberian hak apabila meninggal dunia dimakamkan ditaman makam pahlawan, j) Ucapan terimakasih secara formal maupun informal.

9 Kompensasi Pelengkap Kompensasi Pelengakap terdiri dari :  Jaminan sosial  Jasa-jasa kepegwaian  Asuransi tenaga kerja

10 Terima Kasih


Download ppt "Oleh : 1.Laus A. Hana 2.Arifandi D. Kolan. Pengertian Kompensasi  Kompensasi perlu dibedakan dengan gaji dan upah.  Gaji dan upah merupakan salah satu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google