Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOS –Controlled Thyristor (MCT) Nama : Miftachul Huda NIM: 212140009 Tugas Kuliah : Elektronika Daya Dosen: Anisa H.ST,.MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOS –Controlled Thyristor (MCT) Nama : Miftachul Huda NIM: 212140009 Tugas Kuliah : Elektronika Daya Dosen: Anisa H.ST,.MT."— Transcript presentasi:

1 MOS –Controlled Thyristor (MCT) Nama : Miftachul Huda NIM: Tugas Kuliah : Elektronika Daya Dosen: Anisa H.ST,.MT

2 Dari banyak semikonduktor dikendalikan perangkat, MCT dianggap terbaru. Perangkat dasarnya adalah thyristor dengan dua MOSFET yang dibangun ke dalam struktur gerbang. Sebuah MOSFET digunakan untuk menyalakan (ON) MCT dan satu lagi digunakan untuk mematikan (OFF) MCT. Perangkat ini banyak digunakan untuk aplikasi switching dan memiliki karakteristik lain seperti frekuensi tinggi, daya tinggi, dan penurunan konduksi rendah dan sebagainya. Sebuah MCT menggabungkan fitur dari kedua thyristor empat lapisan konvensional memiliki tindakan regeneratif dan struktur gerbang MOS-. Dalam perangkat ini, semua sinyal gerbang diterapkan sehubungan dengan anoda, yang disimpan sebagai referensi. Dalam SCR biasanya digunakan, katoda disimpan sebagai terminal referensi untuk sinyal gerbang.

3

4 Dalam prakteknya, MCT akan mencakup ribuan sel dasar ini terhubung secara paralel, seperti PMOSFET. Hal ini membantu dalam memperoleh kapasitas pembawa arus tinggi untuk perangkat. Rangkaian ekuivalen dari MCT yang ditunjukkan pada gambar di bawah

5 Ini terdiri dari ON-FET, sebuah OFF-FET dan dua transistor. MOS struktur MCT yang diwakili dalam rangkaian ekuivalen. Ini terdiri dari satu ON-FET, MOSFET p-channel, dan OFF-FET. Kedua npn dan pnp transistor yang bergabung bersama untuk mewakili struktur npnp dari MCT. MOSFET n-channel diwakili oleh gambar panah menuju terminal gerbang. Sebuah MOSFET p-channel ditunjukkan dengan menggambar panah jauh dari terminal gerbang. Kedua transistor dalam rangkaian ekuivalen menunjukkan bahwa ada umpan balik regeneratif di MCT hanya karena merupakan thyristor biasa. Simbol sirkuit MCT ditampilkan di bawah

6

7 ON Proses Perangkat AKTIF oleh pulsa tegangan negatif di pintu gerbang sehubungan dengan anoda. Untuk mengubah ON MCT, gerbang dibuat negatif terhadap anoda dengan pulsa tegangan antara gerbang dan anoda. Jadi, MCT harus awalnya bias maju, dan kemudian hanya tegangan negatif diterapkan. Dengan penerapan pulsa tegangan negatif ini, ON-FET akan berubah ON sedangkan OFF-FET sudah OFF. Dengan ON-FET ON, arus mulai mengalir dari anoda A, melalui ON-FET dan kemudian sebagai arus basis dan emitor dari transistor npn dan kemudian ke katoda K. ini menyala npn transistor. Hal ini menyebabkan arus kolektor mengalir di npn transistor. Seperti OFF FET MATI, ini arus kolektor npn transistor bertindak sebagai arus basis transistor pnp. Selanjutnya, p-n-p transistor juga AKTIF. Jika kedua transistor ON, tindakan regeneratif dari skema koneksi berlangsung dan MCT dihidupkan ON.

8 OFF proses Perangkat OFF-FET dihidupkan dengan memberikan pulsa tegangan positif di pintu gerbang. Pulsa tegangan positif menyebabkan OFF-FET untuk mengaktifkan dan ON-FET untuk mengubah OFF. Setelah OFF-FET AKTIF, terminal emitor berdasarkan transistor pnp adalah hubung singkat oleh OFF-FET. Jadi, sekarang anoda saat mulai mengalir melalui OFF-FET dan arus sehingga basis transistor pnp mulai menurun. Perangkat ini memiliki kelemahan kemampuan blocking tegangan terbalik.

9 Keuntungan dari MCT  Rendah penurunan konduksi ke depan  Cepat waktu mematikan dan menyalakan  Kerugian switching rendah  Gerbang tinggi masukan impedansi

10 APLIKASI

11 KESIMPULAN

12 Terima Kasih

13  1.the mct adalah saklar daya dengan gerbang mos untuk menghidupkan dan mematikan  2. itu berasal dari thyristor dengan menambahkan fitur MOSFET sebuah  3. memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perangkat modern seperti mosfet daya dan IGBT yang  4. khususnya, mct memiliki setetes maju rendah dan tinggi kepadatan arus Wich diperlukan untuk aplikasi daya tinggi Advantages of MCT Low forward conduction drop Fast TURN-ON and then OFF times Low switching losses High gate input impedance

14


Download ppt "MOS –Controlled Thyristor (MCT) Nama : Miftachul Huda NIM: 212140009 Tugas Kuliah : Elektronika Daya Dosen: Anisa H.ST,.MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google