SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ASPEK-ASPEK ARSITEKTUR (bagian-2)
Advertisements

PROFESI ARSITEK DI INDONESIA
( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN
minggu 8 PERANCANGAN ARSITEKTUR IV CAKUPAN ISI
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
Tugas Aplkom ALIF ORLEN Arsitektur A
istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house)
TAHUKAH KAMU 4 KOTA TERINDAH DI DUNIA By: ZAKI DAN ZAIDAN.
BANGUNAN TERUNIK DIDUNIA
WILLIAM HUTTON, YOUNGER DYNAMIC EARTH CENTRE
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
Pengertian dan Hakekat Wawasan Nusantara
Dengan perkembangan kota Jakarta mengakibatkan tidak sedikitnya kawasan bersejarah yang merugikan sehingga dapat mengakibatkan hilangnya sebagian daya.
hampir sama dengan teori-teori arsitektur modern yang sudah ada
KRITERIA PENILAIAN BANGUNAN DAN LINGKUNGAN UNTUK DILESTARIKAN
ILMU, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ARSITEKTUR
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
TEORI INTERTEKSTUAL.
Perkembangan Arsitektur Abad XIX -- XX Pertemuan 7 Gb.1/6 : Judul
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4
PEERKEMBANGAN ARSITEKTUR MODERNISME PERTENGAHAN Pertemuan 5
PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10
Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1
PERIODE ABAD 20 : POST MODERN Pertemuan 13
Bismillahirrohmanirrohim
KRITIK SENI Pertemuan ke 9.
TEORI-TEORI TENTANG MEDIA
1 Pertemuan 03 Alam Pikir Manusia dan Arsitektur Matakuliah: R0022/Pengantar Arsitektur Tahun: Sept 2005 Versi: 1/1.
TATA LETAK BANGUNAN DAN PERANCANGAN RUANG TERBUKA
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
disiapkan oleh: Indrasurya B. Mochtar
PERTEMUAN KE-09 TAMPAK BANGUNAN
KOMUNIKASI DALAM ARSITEKTUR
HUBUNGAN ANTAR RUANG Pertemuan 12
Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
TEORI SASTRA I dari Teori klasik sampai Modern
MELAKSANAKAN PEKERJAAN PEMBESIAN
APRESEASI SENI BUDAYA.
Arsitektur Indonesia Pasca Kemerdekaan Pertemuan 13
Bab 13 Kesimpulan : Evolusi adalah sebuah Kebohongan
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
belajar Bentuk dan Ruang
CARA BERPIKIR BANGSA YUNANI KUNO
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
FALSAFAH KEINDAHAN MASA PERTENGAHAN Pertemuan 03
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Pertemuan 11 Interkasi Fungsi dan Bentuk
CARA BERPIKIR BANGSA YUNANI KUNO
Sejarah & Teori Arsitektur ARSITEKTUR BRUTALISM
Theory of Contemporary Architecture
Pertemuan 13 Bentuk Bangunan
PRINSIP ARSITEKTUR 2 KELOMPOK 1 Nanda Sofia ( )
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PERTEMUAN 4 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
KERUNTUHAN ARSITEKTUR MODERN
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Subang University 1 Matakuliah: AR ARSITEKTUR MODERN Tahun:
KRITIK SENI Pertemuan ke 9.
IMAGE OF THE CITY - KEVIN LYNCH -
Kuliah 1 : Hubungan Bahasa dan Sastera
GEDUNG BERTINGKAT RENDAH
? ?  Eksterior gaya klasik memberikan kesan a ristokrat yang mewah pada bangunan. Pilar-pilar, ornament, dan profil-profil pada list pLang dan bingkai.
Bangunan Bertingkat Rendah
ANTROPOLOGI.
ESTETIKA DALAM DESAIN Daniar Wikan Setyanto, M.Sn.
RUMAH ADAT HONAI PAPUA AHMAD HUSEN K ARS 18 C
Kuliah 1 : Hubungan Bahasa dan Sastera
TUGAS TEKNIK PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG MUHAMAD KHAIRI RESKI DINATA
Apersepsi 1 MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN WAWASAN SENI KONSEP TINJAUAN,SIKAP, CARA PANDANG YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN,TEKNOLOGI,
Transcript presentasi:

SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II Arsitektur Modern Di Amerika

TUJUAN INSTRUKTUSIONAL KHUSUS Mahasiswa mampu menjelaskan Arsitektur Modern di Amerika

Arsitektur Modern Di Amerika LOUIS HENRY SULLIVAN (1856-1924) DILAHIRKAN DI BOSTON, ALUMNI MIT DAN ECOLE DE BEAUX ARTS. BERSAMA DANKMAR ADLER MEMBENTUK BIRO ARSITEK BERNAMA ADLER & SULLIVAN TAHUN 1881. MEMILIKI KEPRIBADIAN YANG MEMILIKI WAWASAN KEDEPAN. SUKAR DIAJAK KOMPROMI TETAPI TIDAK ADA YANG MENYANGKAL HASIL PEMIKIRANNYA.

Louis H.Sullivan AKTIF DALAM MENULIS TERUTAMA TEORI-TEORI KEINDAHAN YANG BERKAIT DENGAN ARSITEKTUR. MENCIPTAKAN BENTUK-BENTUK ARSITEKTUR BEBAS LEPAS DARI KAIDAH-KAIDAH KLASIK (HISTORIC STYLE). DIKTUM YANG PALING TERKENAL ADALAH “FORM FOLLOWS FUNCTION“ (BENTUK MENGIKUTI FUNGSI).

Louis H.Sullivan SULLIVAN ADALAH SEORANG RASIONALIS DAN EVOLUSIONIS. FUNGSI TIDAK MENGHASILKAN BENTUK SECARA MEKANISTIS TETAPI SECARA ORGANIK DAN EVOLUSIONIS. FUNGSI SEBAGAI KEKUATAN YANG RASIONAL DAN SETIAP OBJEK YANG ADA DI BUMI ADALAH EKSPRESI POKOK DARI FUNGSI. SULLIVAN MEMANDANG ARSITEKTUR SEBAGAI SENI DAN SEBAGAI SESUATU YANG HIDUP TUMBUH DAN BERKEMBANG.

Louis H.Sullivan ARSITEKTUR BAGI SULLIVAN MERUPAKAN KEKUATAN ALAMI, DOKTRIN YANG BERKEMBANG SEIRING DENGAN TUMBUHNYA KREATIVITAS INDIVIDU. BANGUNAN MERUPAKAN GAMBARAN DUA KEKUATAN YANG SELALU BEREVOLUSI. YAITU KEKUATAN MECHANOMORPHIC (MEMBEBASKAN DIRI DARI LANGGAM HISTORIS) DAN BIOMORPHIC (PENYELESAIAN YANG BERSIFAT ORGANIC) UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA. SALAH SATU KARYA ARSITEKTUR YANG BANYAK MEMPENGARUHI SULLIVAN ADALAH MARSHALL FIELD STORE KARYA RICHARDSON.

Henry Hobson Richardson MARSHALL FIELD STORE 1885 Henry Hobson Richardson

Auditorium Building (1887-1890) CONTOH HASIL KARYA SULLIVAN BERSAMA DENGAN ADLER ADALAH AUDITORIUM BULDING (1887-1890). MENJADI SALAH SATU LANDMARK ARSITEKTUR KOTA CHICAGO. GEDUNG YANG BERFUNGSI SEBAGAI PUSAT KEBUDAYAAN. MEMPUNYAI KEGIATAN KOMERSIL BERUPA KANTOR, HOTEL, RUANG PERTEMUAN DAN TEATER.

Auditorium Building

Auditorium Building

Auditorium Building

The Carson-Pirie Scott Departement Store KARYA SULLIVAN YANG LAIN ADALAH SCHLEISINGER AND MEYER STORE, KEMUDIAN DISEBUT THE CARSON – PIRIE SCOTT DEPARTMENT STORE (1899-1904). PEMBANGUNANNYA DIMULAI TAHUN 1899, DENGAN RENCANA AWAL 9 LANTAI, PADA TAHUN 1903 MASIH DIADAKAN PENAMBAHAN 3 LANTAI LAGI. PADA BAGIAN BAWAH BANGUNAN PENUH DENGAN ORNAMEN ART NOUVEAU.

The Carson-Pirie Scott Departement Store

The Carson-Pirie Scott Departement Store DENAH SEGI EMPAT DENGAN DERETAN KOLOM DAN BALOK YANG MEMANJANG DAN MEMBUJUR. TERLETAK PADA SUDUT JALAN DAN SULLIVAN MEMBERIKAN PENEKANAN PADA BAGIAN SUDUT BANGUNAN. PENEKANAN OLEH SULLIVAN PADA BAGIAN BAWAH BANGUNAN YANG TERDIRI DARI DUA LANTAI YANG DINDING TIRAINYA TERBUAT DARI BESI TUANG. BERBENTUK TUMBUHAN YANG TERKESAN EVOLUSIONISTIK DAN TELAH BERHASIL MENGABURKAN MASSA BANGUNAN DENGAN TANAH, SEOLAH-OLAH MENGAMBANG .

The Carson-Pirie Scott Departement Store

The Carson-Pirie Scott Departement Store

Terima Kasih