R ina Arfianti Murfik 1229042001 PERANCANGAN APLIKASI SECURE MESSAGE BERBASIS ANDROID R ina Arfianti Murfik 1229042001.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Peminatan Mobile Computing
Advertisements

ALGORITMA SIMETRIS vs ASIMETRIS
Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Banking Berbasis Web Dengan Lalu Syukri Jaelani, for further detail, please visit
ANDROID APLIKASI GAME MATHDOKU PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN for further detail, please visit
Dosen Pembimbing. Sulistyo Puspitodjati, SSi. , SKom
PEMBUATAN APLIKASI INFORMASI ZAKAT PADA PERANGKAT Muhammad Abdulah
TEKNOLOGI SMS PADA SISTEM PERHITUNGAN SUARA Akhmad Faisal ( ) for further detail, please visit
“Pembuatan Server LAN Dengan Melakukan Konfigurasi DNS Server, FTP Kukuh Filalamien Murhalis, for further detail, please visit
APLIKASI CHAT MENGGUNAKAN J2ME (JAVA 2 MICRO EDITION) Destri Yanti Hutapea, for further detail, please visit
APLIKASI BANGUN RUANG PADA TELEPON GENGGAM DENGAN Rizky Bimantoro for further detail, please visit
PERANCANGAN APLIKASI DELIVERY VIA SMS PADA RESTAURANT Agus Triatmaja,
BERBASIS ANDROID VERSI 2
MANIPULASI REGISTRY PADA SISTEM OPERASI MICROSOFT Didik Kassidy, for further detail, please visit
Rancang BANGUN APLIKASI PERSEDIAAN DARAH DAN REMAINDER DONOR PADA PMI UNIT DONOR DARAH SURABAYA BERBASIS MOBILE Bagus Mukti W.
ABSTRAK for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
Tugas Akhir jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas TEKNOLOGI SMS PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN for further detail, please visit.
PEMBUATAN GAME DORONG KOTAK MENGGUNAKAN J2ME Yeni Azizah,
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas APLIKASI FILE EXPLORER PADA PONSEL BERBASIS ANDROID. for further detail, please.
Kata kunci : keamanan data, PHP, Dreamweaver Siska Daniaty.M
BILLING WARNET APLIKASI MICROSOFT VISIAL BASIC 6.0 DALAM PEMBUATAN
Aplikasi Mobile GIS Easy Mobile Map Dengan Menggunakan J2ME
APLIKASI KAMUS PSIKOLOGI PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN Harry Prasetyo Diputra for further detail, please visit
Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Pada Sistem Android
MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO.NET 2003 DAN SQL SERVER 2000 Meila Prafitria APLIKASI SMS GATEWAY DENGAN SENDER ALPHA ID UNTUK CRM for further detail,
MENJADI PUSH DOWN AUTOMATA (PDA) YANG EKIVALEN UNTUK “APLIKASI PROGRAM MENGUBAH CONTEXT FREE GRAMMAR (CFG) for further detail, please visit
KARTU KREDIT MENGGUNAKAN TOXYGENSMS COMPONENT, VB 6
PENULISAN LAPORAN TEKNIK (PLT) Pertemuan 4 & 5
4 Januari 2014 RANCANG BANGUN SECURE CHATTING PADA PLATFORM ANDROID DENGAN ALGORITMA TWOFISH Template By Muhammad Faisal Harahap Ainatul Radhiah
“Website Latihan Soal – Soal Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas
MAKMUR MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6
Kelas : 3IA07 Nama : Agus Soetanto
JARINGAN DI LINUX PENGGUNAAN SMS SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROLAN
YUDHA ADITYA FIANDRA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
APLIKASI for further detail, please visit
PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA JEPANG BERBASIS Niswah Nemah Rezeki for further detail, please visit
APLIKASI KAMUS INGGRIS-INDONESIA INDONESIA –INGGRIS DENGAN Galih Putro Heryyan for further detail, please visit
BASIC 6.0 SISTEM FRONT OFFICE HOTEL MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL
PENGAMANAN Risma Rosanah
Analisis Perbandingan Sistem Operasi Telepon Seluler Symbian dan Bambang Irawan for further detail, please visit
ALGORITMA CRYPTOGRAPHY MODERN
Aplikasi Pendaftaran Pelanggan Baru Pada PT
APLIKASI Waskita Utama
WEBSITE Moh Iqbal, for further detail, please visit
Aplikasi Petunjuk Tempat Kuliner Jakarta Melalui Handphone Ridwan Salim, for further detail, please visit
KEPULAUAN JAWA PEMBUATAN MEDIA INFORMASI TENTANG
Tugas Keamanan Komputer dan Jaringan
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Kelas TI 15 A
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
SKRIPSI Dosen Pembimbing : Agus Rahardi, S.Kom., M.T.I Nama: Kartika Paramitha Npm: Jurusan: Sistem Informasi APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS.
IMPLEMENTASI APLIKASI SMART RESTORAN BERBASIS ANDROID
SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN BARANG TOKO GEMPITA TECHNOLOGIES Skripsi Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada jurusan Manajemen Informatika.
Enskripsi.
PENELITIAN PENGEMBANGAN
Perhitungan Aplikasi for further detail, please visit
KONSEP DAN IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI : Handoko Theodorus
(Java Mobile Edition). APLIKASI PEMETAAN RUTE TRANSJAKARTA MENGGUNAKAN J2ME for further detail, please visit
PI. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri, Universitas Gunadarma, Pembuatan Game Kill The Alien Menggunakan Java 2 Micro Edition. for further.
APLIKASI PENCARIAN LOKASI RUMAH SAKIT DI WILAYAH DEPOK Agnes Yuniar
ADMINISTRASI Bagus Edi S
MERANCANG APLIKASI GAME THE SPACESHOTER DENGAN JAVA 2 Eggi Akbar Triana, for further detail, please visit
MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA PEMBUATAN APLIKASI GAME ”TETRIS WARNA” DENGAN for further detail, please visit
APLIKASI KAMUS PADA TELEPON SELULER BERBASIS ANDROID Sastra Mulyadi
Aplikasi Enkripsi dan Dekripsi Kunci Privat RC 2 (Rivest Code 2) Dengan Visual Judha Perdana Iswahyudi for further detail, please visit
SISTEM APLIKASI E-BANKING BERBASIS CLIENT SERVER DENGAN Ade Anom Arimbowo, for further detail, please visit
APLIKASI Cicu Ratih Damayanthi
PEMBUATAN Tania Hadisti Suryautami,
VISUAL BASIC .NET MEMBANGUN XML WEB SERVICES DENGAN MENGGUNAKAN
APLIKASI MANAJEMEN PEKERJAAN UNTUK PETUGAS SERVIS Maulana Sutrisna
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Studi Algoritma Enkripsi AES, DES dan RSA untuk Keamanan.
Transcript presentasi:

R ina Arfianti Murfik PERANCANGAN APLIKASI SECURE MESSAGE BERBASIS ANDROID R ina Arfianti Murfik

BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang (1) Android merupakan salah satu sistem operasi open source memiliki banyak peminat sehingga memunculkan juga banyak pengembang (developer), sehingga android mendukung perkembangan yang cepat, karena seperti open source lainnya android membuka code sumbernya secara gratis untuk dikembangkan oleh para developer. Fitur-fitur yang dimiliki oleh android salah satunya yang masih banyak digunakan yaitu SMS. Menurut Indra (2014), layanan pesan singkat menggunakan aplikasi SMS pada ponsel bukan jalur yang aman untuk pertukaran informasi. Pesan yang dikirim menggunakan aplikasi SMS bawaan ponsel masih berupa teks terbuka yang belum terproteksi, selain itu proses pengiriman SMS tidak sampai ke penerima secara langsung, akan tetapi pengiriman SMS harus melewati Short Message Service Center (SMSC) yang berfungsi mencatat komunikasi yang terjadi antara pengirim dan penerima. BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang (2) Mengenai keamanan pada layanan SMS, Defni (2014) menjelaskan bahwa pengamanan atau security dari layanan penyedia SMS juga sangat perlu diperhatikan karena pengunaanya yang sangat dominan pada sebuah perangkat telepon dan juga memiliki celah keamanan yang besar yang mungkin menyebabkan datanya diketahui oleh pihak yang tidak dikehendaki Salah satu metode enkripsi yang dapat digunakan untuk aplikasi mobile adalah RC6 (Rivest Code 6). RC 6 merupakan pengembangan dari algoritma sebelumnya yaitu RC5.. BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada : 1.Perancangan aplikasi secure message dibuat menggunakan Algoritma RC6 2.Pengirim dan penerima harus sama-sama menggunakan aplikasi ini. Batasan Masalah BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

RUMUSAN MASALAH RUMUSAN MASALAH Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang aplikasi secure message berbasis android ? BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

TUJUAN RANCANGAN TUJUAN RANCANGAN Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan perancangan aplikasi ini adalah untuk merancang aplikasi secure message berbasis android BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

MANFAAT PENELITIAN MANFAAT PENELITIAN Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah : Penulis a.Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan referensi guna pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media, khususnya media pembelajaran membangun aplikasi secure message berbasis android. b.Menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama kuliah seperti komputer dasar, analisis desain dan informasi, rekayasa perangkat lunak, pengantar basis data. Pengguna a.Memberikan enkripsi sehingga pesan rahasia tidak dapat dibuka/dibaca oleh orang lain. b.Agar pengguna dapat melalukan pertukaran data yang lebih aman. BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

BAB II Landasan Teori Kajian Teori Penelitian yang Relevan Kerangka berfikir BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

Penelitian yang Relevan 1.Penelitian Irwan (2012) dengan judul Perancangan Aplikasi SMS (Short Message Service) dengan enkripsi teks menggunakan algoritma block cipher Advanced Encryption Standard (AES) berbasis mobile pada platform android, kelemahan aplikasi ini tidak dapat berjalan pada phablet/tablet merek Samsung dengan versi sistem operasi setara atau diatas Pada percobaan ini yang dihasilkan bahwa pada saat dilakukan input data dengan menggunakan metode black box, input data keseluruhan data kosong akan menimbulkan kesalahan pada program. Akan tetapi pada sistem ini, kemungkinan terjadi kesalahan sudah ditangani pada kode program sehingga akan muncul pesan kesalahan jika ada salah satu data belum diisi.

2.Penelitian Becik Gati Anjari (2011) Enkripsi Sms (Short Message Service) Pada telepon selular berbasis android kekurangannya yaitu perangkat lunak yang di bangun hanya dapat dijalankan pada ponsel yang memiliki system operasi android minimal versi 2.1. Pada percobaan ini yang dihasilkan bahwa jumlah karakter yang plaintext sebelum dan sesudah di encryption berjumlah sama.

Kerangka Pikir

BAB III Metode Penelitian A.Jenis Penelitian B.Tempat dan Waktu Penelitian C.Alat dan Bahan Penelitian D.Model pengembangan sistem E.Prosedur Perancangan Sistem BAB II LANDASAN TEORI BAB II LANDASAN TEORI BAB III METODE PENELITIAN BAB III METODE PENELITIAN BAB I PENDAHULUAN BAB I PENDAHULUAN

JENIS PENELITIAN Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkat lunak TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di jurusan pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini direncanakan berlangsung pada bulan maret sampai april 2016

Alat dan Bahan Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Perangkat Keras Laptop lenovo processor core i3 2 GHz dan RAM 2 GB Smartphone Asus Android Versi 5.0 lollipop Perangkat Lunak Sistem operasi windows 7 Eclipse Microsoft office visio

MODEL PENGEMBANGAN Model pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu prototyping development. Alasan penenliti menggunakan model ini karena sistem yang dikembangkan berupa sistem skala kecil.

BAB IV

Terima Kasih