SK DIKDASMEN DEPDIKBUD No. 136/C/Kep/R/1991 Tanggal 6 april tahun 1991 telah mensahkan penggunaan media pendidikan transparansi OHP pada mata pelajaran IPA untuk SD dan SLTP sebanyak 11 program Kemudian pada tgl. 13 April 1993, No. 089/C/Kep/I/1993 juga telah disahkan kembali 23 program transparansi OHP untuk SD
Menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT, 1977), sumber pembelajaran adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran
KELOMPOK SUMBER BELAJAR Sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan (learning resources by design), yakni semua sumber yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal Sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan (learning resources by design), yakni semua sumber yang secara khusus telah dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal Sumber pembelajaran yang karena dimanfaatkan (learning resources by utilization), yakni sumber belajar yang tidak secara khusus didisain untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan dimanfaatkan untuk keperluan belajar. Sumber pembelajaran yang karena dimanfaatkan (learning resources by utilization), yakni sumber belajar yang tidak secara khusus didisain untuk keperluan pembelajaran namun dapat ditemukan, diaplikasikan, dan dimanfaatkan untuk keperluan belajar.
GURU,TENAGA AHLI ORANG TUA KURIKULUM MATA PELAJARAN Buku Paket, Buku Teks, Modul, Program Video, Film, OHT,Slide, Alat Peraga OHP, slide, film tape recorder Ceramah,simulasi, tanya jawab, sosiodrama (roleplay ) pengaturan ruang, pencahayaan,
Mengapa Perlu Media Dalam Pembelajaran ? MEDIA PENDIDIKAN ADALAH ALAT, METODE DAN TEKNIK YANG DIGUNAKAN DALAM RANGKA LEBIH MENGEFEKTIFKAN KOMUNIKASI DAN INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARANNYA (HAMALIK, 1985 : 23).
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar 2. Pembelajaran dapat lebih menarik 3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif 4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya
KELOMPOK MEDIA INSTRUKSIONAL 1.Audio pita audio (rol atau kaset) piringan audio radio (rekaman siaran) 2.Cetak buku teks terprogram buku pegangan/manual buku tugas 3.Audio – Cetak buku latihan dilengkapi kaset gambar/poster (dilengkapi audio) 4.Proyek Visual Diam film bingkai (slide) film rangkai (berisi pesan verbal) 5.Proyek Visual Diam dengan Audio film bingkai (slide) suara film rangkai suara 6.Visual Gerak film bisu dengan judul (caption) 7.Visual Gerak dengan Audio film suara video/vcd/dvd 8.Benda benda nyata model tiruan (mock up) 9.Komputer media berbasis komputer; CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructional
KLASIFIKASI MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF SANTOSO S HAMIJAYA Media dan teknologi pendidikan yang digunakan secara masssal Televisi,film dan slide,radio. Media dan teknologi pendidikan yang penggunaan secara individual Kelas lab,alat otoinstruktif, kontak unit instruksional Media dan teknologi pendidikan secara konvensional Media dan teknologi pendidikan modern ruang kelas otomatis,sistem proyeksi berganda, sistem interkomunikasi GERLACH Benda-benda asli dan manusia (real material and people) Gambar-gambar dan gambar yang disorot (visul and projection) Benda-benda yang didengar (Audio materials) Benda-benda cetakan (printed materials) Benda-benda yang dipamerkan (display materials)
R.MURRY THOMAS Pengalaman dari benda asli (Reliefe experience) Kereta api Pengalaman dari benda tiruan (Subsituted of relief) Gambar, film Pengalaman dari kata-kata (word only) buku, majalah GERLACH DAN ELY Gambar diam Gambar gerak Rekaman bersuara Televisi Benda-benda hidup Instruksional terprogram
MEDIA AUDIO Radio Piringan hitam Tape cassete MEDIA VISUAL Project media slide,film strip,overhead projector Non project media wallsheets, model,objek MEDIA GRAFIS Bagan Grafik Poster Karikatur Gambar Komik Gambar seri MEDIA AUDIO VISUAL TV Radio vision Film bicara Sound slide
SPLAINE (SHAVER, 1991: ) MENYEBUTKAN BAHWA MEDIA MASSA SANGAT BERPENGARUH DI DALAM PENDIDIKAN IPS SPLAINE (SHAVER, 1991: ) MENYEBUTKAN BAHWA MEDIA MASSA SANGAT BERPENGARUH DI DALAM PENDIDIKAN IPS
10% 20% 30% 50% 1.LAMBANG VISUAL 2.LAMBANG KATA 3.GAMBAR DIAM/VIDEO 4.GAMBAR HIDUP 5.TELEVISI 6.KARYAWISATA 7.DRAMATISASI 8.BENDA TIRUAN/ PENGAMATAN 9.PENGALAMAN LANGSUNG 70% 90%