PEMODELAN PERANGKAT LUNAK R P L Wahyunita Lakoro
Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menjelaskan konsep pemodelan Perangkat Lunak dalam bentuk laporan tertulis, dengan menunjukkan perilaku sopan, jujur dan teliti sehingga dapat memahami kebesaran Tuhan YME yang telah menciptakan ilmu pengetahuan.
Materi Pembelajaran Konsep Rekayasa Perangkat Lunak Komponen dan karakteristik Perangkat Lunak Prinsip analisis dan desain Ragam pemodelan Perangkat Lunak
Konsep Rekayasa Perangkat Lunak o Apa itu perangkat lunak? o Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak? o Apa perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dengan Ilmu Komputer? o Apa perbedaan rekayasa perangkat lunak dengan rekayasa sistem? o Apa yang dimaksud dengan proses perangkat lunak? o Apakah model proses perangkat lunak?
Komponen dan Karakteristik Perangkat Lunak Komponen perangkat lunak dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu : Bentuk bahasa a. High Level, contoh Java, Basic, Pascal, Cobol, Fortran. b. Middle Level, contoh C c. Low Level, contoh Bahasa Assembly Bentuk translator a. Interpreter : Menerjemahkan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu persatu (statemen demi statemen). b. Compiler: Menerjemahkan secara keseluruhan, proses lebih cepat dari interpreter. c. Assembler: Menerjemahkan dari bahasa rakitan ke bahasa mesin Bentuk mesin
Karakteristik Perangkat Lunak Perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Dengan demikian, perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dari perangkat keras : Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik (pabrikasi). Biaya untuk perangkat lunak dikonsentrasikan kepada pengembangan. Perangkat lunak tidak pernah usang. Perangkat lunak tidak rentan terhadap pengaruh lingkungan yang merusak yang menyebabkan perangkat keras menjadi usang. Selama hidupnya, perangkat lunak mengalami perubahan (pemeliharaan). Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada. Perhatikan bagaimana perangkat keras untuk produksi berbasis mikroprosesor dirancang dan dibuat.
Prinsip analisis dan desain Dalam konteks perangkat lunak, analisis merupakan sebuah : Penemuan Perbaikan Pemodelan Spesifikasi (baru)
Lanjutan.... Desain atau perancangan dalam pembangunan perangkat lunak merupakan upaya untuk mengonstruksi sebuah sistem yang memberikan kepuasan akan spesifikasi kebutuhan fungsional, memenuhi target, memenuhi kebutuhan baik dari segi performansi maupun penggunaan sumberdaya, kepuasan batasan pada proses desain dari segi biaya, waktu, dan peraangkat.
Ragam pemodelan PL Pemodelan Perangkat Lunak banyak macamnya, berikut 7 model Pengembangan Perangkat Lunak a.Model Waterfall b.Model RAD c.Model Prototype d.Model Spiral e.Model incremental f.Component-based Development Model g.Extreme Programming (XP) Model
SEKIAN TERiMa kASiH...