1. Pengantar Teori Komputasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

Tahapan information engineering
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
BAB 3 – Pandangan Tingkat Paling Atas Fungsi dan Interkoneksi Komputer
Pengantar Matematika Diskrit
2. Introduction to Algorithm and Programming
Kurikulum berbasis KKNI
Riset Bisnis.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
Summary Materi RPL Mid Semester
Pemodelan untuk Ilmu Komputasi
Apakah Matematika Diskrit itu?
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
Untai kombinasional dan sekuensial
9.3 Geometric Sequences and Series. Objective To find specified terms and the common ratio in a geometric sequence. To find the partial sum of a geometric.
1 INTRODUCTION Pertemuan 1 s.d 2 Matakuliah: A0554/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Tahun: 2006.
2. Mesin Turing (Bagian 2) IF5110 Teori Komputasi Oleh: Rinaldi Munir
Managing Software Requirement 3
EIS (Executive Information Systems)
2. Mesin Turing (Bagian 1) IF5110 Teori Komputasi Oleh: Rinaldi Munir
Firrar Utdirartatmo:Teori Bahasa dan Otomata JJ Learning Yogyakarta,
4. Undecidabality (Bagian 3)
Pert. 16. Menyimak lingkungan IS/IT saat ini
2. Review Teori Bahasa Formal dan Otomata
Komputasi dan Pemrograman
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
“Making Analysis Online Website for Media Campaign at Alfatih Style Susliansyah for further detail, please visit
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
2. Mesin Turing (Bagian 1) IF5110 Teori Komputasi Oleh: Rinaldi Munir
DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA
Kerangka Kurikulum Informatika/Ilmu Komputer Standar APTIKOM
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
4. Disiplin Ilmu, Metode Penelitian dan Computing Methods
PARADIGMA PEMROGRAMAN
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Information Technologies
PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.
Disiplin Ilmu, Metode Penelitian, Computing Method
2. Review Teori Bahasa Formal dan Otomata
Fakultas Ilmu Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
W1. About Social Informatics
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Teori bahasa dan otomata automata theory, language
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Mesin Turing.
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
EIS (Executive Information Systems)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
Introduction to Soft computing
TEORI BAHASA DAN AUTOMATA
Pengantar Teknologi Informasi Introduction to Computers and Networks
Mesin Turing HP
Dasar-Dasar Sistem Informasi
2. Mesin Turing (Bagian 2) IF5110 Teori Komputasi Oleh: Rinaldi Munir
Pengantar Basis Data Pengantar Basis Data.
KOMPUTASI PEMROGRAMAN
Pengantar Matematika Diskrit
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
PARADIGMA PEMROGRAMAN
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KOMPUTASI PEMROGRAMAN
Komputasi & Pemrograman
Teori Automata Hari Soetanto To insert your company logo on this slide
Kecerdasan Buatan Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto. Mengapa Perlu AI? Hampir semua permasalahan dipecahkan dengan bantuan komputer Masalah semakin komplek tidak.
Transcript presentasi:

1. Pengantar Teori Komputasi IF5110 Teori Komputasi 1. Pengantar Teori Komputasi Oleh: Rinaldi Munir Program Studi Magister Informatika STEI-ITB

Komputasi vs Kalkulasi Komputasi  kalkulasi Kalkulasi adalah proses mentransformasikan satu atau lebih input menjadi luaran (output). Contoh: Kalikan 20 dengan 5, hasilnya 100 Kalkulasi melibatkan angka-angka dan kata-kata yang menyatakan proses sederhana, sedangkan komputasi menggunakan rule, bahkan bisa tanpa angka-angka. Kalkulasi adalah prasyarat untuk komputasi.

A computation is a sequence of simple, well-defined steps that lead to the solution of a problem. The problem itself must be defined exactly and unambiguously, and each step in the computation that solves the problem must be described in very specific terms. (John S. Conery, 2010) The keys to this definition, of course, are "problem" and "step." A more formal definition is that a problem, and its solution, must be encoded in the form of symbols; a step is a symbol manipulation that transforms one set of symbols into a new set of symbols. (Sumber: http://ubiquity.acm.org/article.cfm?id=1889839 ) Dengan kata lain, algoritma merepresentasikan suatu komputasi.

Teori komputasi (theory of computation) adalah cabang ilmu komputer teoritis (theoritical computer science). Area Ilmu Komputer (Computer Science) 1. Theoretical computer science Theory of computation Information and coding theory Algorithms and data structures Programming language theory Formal methods Concurrent, parallel and distributed systems Databases Health informatics Information science Software engineering Computer security and cryptography 2. Applied computer science Artificial intelligence Computer architecture and engineering Computer Performance Analysis Computer graphics and vis. Computational science Computer networks

Teori komputasi dibagi lagi menjadi 3 ranting: Teori komputasi berkaitan dengan studi bagaimana persoalan (problem) dapat diselesaikan pada sebuah model dengan menggunakan algoritma. Model tersebut dinamakan model komputasi (akan dibahas pada bagian selanjutnya) Teori komputasi dibagi lagi menjadi 3 ranting: 1. Teori otomata (automata theory) 2. Teori komputabilitas (computability theory) 3. Teori kompleksitas (computational complexity theory) P = NP ?

“Apa yang dapat dilakukan oleh komputer dan apa keterbatasannya?” Ketiganya (otomata, komputabilitas, dan kompleksitas) dikaitkan dengan pertanyaan: “Apa yang dapat dilakukan oleh komputer dan apa keterbatasannya?” (What are the fundamental capabilities and limitation of computers?) Pertanyaan senada dikemukakan oleh Peter J. Denning di dalam tulisannya ("Computer Science: The Discipline” in Encyclopedia of Computer Science) menyatakan bahwa pertanyaan fundamental yang mendasari ilmu komputer adalah: "What can be (efficiently) automated?” dengan kata lain: apa yang dapat dikomputasi?

Studi teori komputasi difokuskan untuk menjawab dua pertanyaan di atas: 1. Apa yang dapat dikomputasi? 2. Berapa banyak sumberdaya (waktu/time dan ruang/space memori) yang dibutuhkan untuk melakukan komputasi tersebut? Untuk menjawab pertanyaan pertama dan kedua, teori komputabilitas dan teori kompleksitas sangat berhubungan erat. Teori komputabilitas bertujuan untuk memeriksa apakah persoalan komputasi dapat dipecahkan pada suatu model komputasi teoritis. Dengan kata lain, teori komputabilitas mengklasifikasikan persoalan sebagai dapat dipecahkan (solvable) atau persoalan yang tidak dapat dipecahkan (unsolvable).

Untuk menjawab pertanyaan kedua, teori kompleksitas bertujuan untuk mengkaji kebutuhan waktu dan ruang untuk memecahkan persoalan yang diselesaikan dengan pendekatan yang berbeda-beda. Dengan kata lain, teori kompleksitas mengklasifikasikan persoalan sebagai persoalan mudah (easy) atau persoalan sukar (hard). Teori komputabilitas memperkenalkan beberapa konsep yang digunakan di dalam teori kompleksitas. Teori otomata mengacu pada definisi dan sifat-sifat model komputasi.

Beberapa model komputasi: 1. Finite State Automata (FSA)/Finite State Machine (FSM) (bentuk tunggal: automaton, plural: automata) 2. Push Down Automata (PDA) 3. Mesin Turing (Turing Machine) atau TM Di dalam teori komputasi, model komputasi yang sering dipakai adalah Mesin Turing. FSA PDA Mesin Turing

Hubungan antara teori kompleksitas, teori komputabilitas, dan teori bahasa formal (di dalamnya ada teori otomata): Beberapa nama ilmuawan yang menjadi pionir di dalam teori komputasi: Alonzo Church, Kurt Gödel, Alan Turing, Stephen Kleene, John von Neumann dan Claude Shannon.

Alonzo Church Kurt Gödel Alan Turing Stephen Kleene Claude Shannon John von Neumann

OOT: Computing The ACM Computing Curricula 2005 mendefinisikan computing sebagai berikut: “In a general way, we can define computing to mean any goal-oriented activity requiring, benefiting from, or creating computers. Thus, computing includes designing and building hardware and software systems for a wide range of purposes; processing, structuring, and managing various kinds of information; doing scientific studies using computers; making computer systems behave intelligently; creating and using communications and entertainment media; finding and gathering information relevant to any particular purpose, and so on. The list is virtually endless, and the possibilities are vast”

Bidang-bidang Computing ACM Computing Curricula 2005, membagi bidang computing menjadi 5 domain: 1. Computer Science (CS) 2. Software Engineering (SE) 3. Information System (IS) 4. Computer Engineering (CE) 5. Information Technology (IT)

Computer engineering fokus pada desain konstruksi komputer atau sistem berbasis komputer. Computer science fokus pada kajian aspek teoritis dan algoritmis bidang computing hingga aplikasinya. Software engineering fokus pada pengembangan (analisis, desain, implementasi, testing), pengoperasian, dan pemeliharan perangkat lunak secara sistematis dan terukur.

Information systems fokus pada pengintegrasian solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk mempertemukan kebutuhan informasi bisnis suatu enterprise. Information technology fokus pada penggunaan teknologi komputer untuk mempertemukan kebutuhan bisnis, pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan organisasi lainnya. When Information Systems focuses on the information aspects of information technology, Information Technology is the complement of that perspective: its emphasis is on the technology itself more than on the information it conveys.