Perencanaan & pembiayaan Proyek multimedia
Awal Kenali: Scope / ruang lingkup Content / isi Susun rencana/outline yang terorganisir dan rasional sehubungan dengan: Keahlian Waktu Biaya Alat Sumberdaya yang ada
Gunakan pengalaman Lebih mudah merencanakan jika pernah Rencanakan untuk seluruh proses Mulai dari ide pertama Akhiri dengan Penyempurnaan produk Delivery produk Gunakan cara tambah/kurang
Analisis Ide Keseimbangan Boboti tujuan vs kelayakan & biaya produksi/delivery Gunakan brainstorming
Elemen pertimbangan Apa intisari yang akan anda lakukan? Apa tujuannya dan pesan apa yang ingin disampaikan Siapakah pemirsanya? Siapa pengguna akhirnya? Apakah mereka sudah tahu tentang subyeknya?
Elemen pertimbangan Apakah mereka tahu istilah dalam industri tsb? Informasi apa yang dibutuhkan mereka? Apakah platform multimedia mereka Apakah kemampuan minimal teknis dari platform tersebut? Apakah terdapat klien? Dan apa yang diinginkan klien?
Elemen pertimbangan Bagaimana organisasi proyek? Apa elemen multimedia (teks, suara, visual) terbaik yg dapat menyampaikan pesan? Apakah anda memiliki isi materi? Apakah interaktifitas diperlukan? Apakah ide diturunkan dari tema yang sudah ada dan dapat dicapai dengan multimedia? Atau membuat sesuatu yang baru?
Elemen pertimbangan Hardware apa untuk proyek? Apakah cukup? Berapa banyak ruang simpanan yang dipunyai? Dan dibutuhkan? Software multimedia apa yang dimiliki? Apa kemampuan anda dalam software/hardware? Apakah bisa dikerjakan sendiri? Siapa yang dapat menolong anda?
Elemen pertimbangan Berapa waktu yang anda perlukan? Berap uang yang anda butuhkan? Bagaimana anda mendistribusikan proyek final? Apakah dibutuhkan update/support produk final?
hardware Catat yang ada atau yang tidak ada Mis : Tidak ada internet Tidak ada souncard Tidak ada speaker Tidak ada monitor beresolusi tinggi dsb
Softeware Manajemen Ide Microsoft Project Mind Manager Designer’s Edge Visio Excel Atau dapat digunakan untuk CPM (Critical Path Method) PERT charts (Program Evaluation Review Technique) Gantt charts
Pretest Jika sudah cukup siap, lakuakan pretest Buat sebuah prototype Sajikan dan dapatkan masukan Jika perlu gunakan visualisasi produk
Daftar Cek Perencanaan Tugas Kerangka kerja instruksional desain Tetapkan sesi ide kreatif Tetapkan platform hantaran Tetapkan platform authoring Daftar isi yang telah ada/mungkin Buat peta navigasi Buat storyboard
Daftar Cek Perencanaan Tugas Rancang antarmuka Rancang bagian yang mengandung informasi Teliti/kumpulkan isi Bentuk tim Bangun Prototype Dapatkan uji pengguna
Daftar Cek Perencanaan Tugas Revisi Desain Buat Grafik Buat Animasi Produksi Audio Produksi Video Digitasi Audio & Video Ambil foto Program dan author
Daftar Cek Perencanaan Tugas Uji fungsionalitas Perbaiki bug Susun Uji Beta Buat master utama Replikasi Siapkan Paket Hantar/instal di situs web Dapatkan bonus Syukuran
Persentase Usaha Analisa kebutuhan 3% Draft pernyatan tujuan 1% Buat profile audiens 2% Tulis tujuan 2% Analisis dan outline isi 6% Layaout peta navigasi : 2% Definisi perlakuan : 2% Pilih kegiatan yang harus dipelajari : 2 % Storyboard 19% Authoring 28% Evaluasi 20%
etc Pengembangan prototipe Sampul dan paket Alpha development Beta development Gold Sampul dan paket
Sekilas proposal Buat tampak indah Atraktif, mudah dibaca Buat salinan tak terjilid Buat portofolio terpisah Bagian proposal : Sampul dan paket Daftar isi Analisis kebutuhan & deskripsi Target audience Strategi kreatif Implementasi proyek (jadwal, manajemen) Anggaran
Biaya Rincian komponen biaya yang dapat dipertimbangkan dalam pembangunan produk : Biaya pengembangan proyek Biaya produksi Biaya pengujian Biaya distribusi
Biaya Pengembangan Proyek Gaji/honor/upah Rapat klien Akuisisi isi Komunikasi Perjalanan Riset Perisapan proposal dan kontrak Overhead
Biaya produksi Manajemen Akuisisi Isi Gaji Komunikasi Perjalanan Makan/minum Akuisisi Isi Layanan riset Biaya lisensi isi
Biaya Produksi Pembuatan isi Produksi grafis Produksi Audio Semua kategori isi Gaji Hardware/software Makan/minum Produksi grafis Biaya lisensi untuk imej/animasi Produksi Audio Biaya studio Biaya bakat Biaya lisensi hak cipta musik Simpanan data
Biaya Produksi Produksi Video Authoring Biaya studio Biaya bakat Biaya lisensi stock footage Biaya lokasi Sewa alat Capture & edit digital Authoring Gaji Hardware/software Makan/minum
Biaya Pengujian Gaji Biaya kelompok penguji Editing Beta Program Sewa fasilitas Biaya cetak Makanan dan insentif Biaya partisipasi Editing Beta Program
Biaya Distribusi Gaji Dokumentasi Packaging Manufacturing Marketing Advertising Shipping
Presentasi Buat laporan tercetak Andalah yang presentasi! Hasil (dokumentasi sistem) Jilid dengan rapi Andalah yang presentasi!
Aturan Presentasi Seluruh kelompok harus sudah hadir selambat-lambatnya 5 menit sebelum waktu yang ditetapkan – tanpa kecuali Komputer presentasi telah disiapkan minimal 30 menit sebelumnya Laporan dikumpulkan pada awal presentasi Produk (CD-ROM) dikumpulkan di setiap akhir presentasi suatu kelompok
Aturan Presentasi Urutan presentasi akan diundi Kelompok yang tidak hadir tepat waktu, DILARANG melakukan presentasi Setiap kelompok akan mendapat penilaian dari tiap-tiap pemirsa Waktu presentasi maksimal 15 menit.