Strategi Monetisasi STARTUP Arga Dinata (Briq Software) briqsoftware

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Transaksi E-commerce
Advertisements

E-COMMERCE Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk Electronic.
Oleh: Intan Dwi R Tri Kusmaedi
Kenali Google, Ledakkan Bisnis Anda. Kenapa Harus Google?
Strategi Marketing Online
Program apa yang (sebaiknya) dipakai untuk membangun toko online
Slide 2 Slide 3 Slide 4 Slide 7 Slide 8 Slide 10 Slide 9 Slide 5Slide 6 Slide 11.
Pengantar e - Commerce.
Bab 10 Pemasaran.
GO Blog Artikel | Themes | pages | menu |widget |dll.
BAB 14 INTERNET INTERAKTIF 2.
KELOMPOK 3 Kardi Ardiansyah Moh. Syamsudin Z Ion Ahmad S Bobby Teguh W Klasifikasi E-Commerce, Model.
11 PEMASARAN Kejujuran = Kepuasan Pelanggan Andi HM.
PEMASARAN MELALUI INTERNET
Queen Nila Ayu S.  Bisnis online adalah pemasaran barang dan jasa yang dilakukan secara online. Internet hanya sebagai media penyampaian para pelaku.
P R O M O S I.
Proses Bisnis dan Aspek Perpajakan Transaksi e-Commerce
Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux
Perdagangan Elektronik
Copy Right 2005Bab 2 Hal 1 Sistem Informasi Manajemen 1 Bab 2 Teknologi Informasi Dalam Perdagangan Jaringan Elektronik (E-Commerce) Ati Harmoni Fakultas.
1 Pertemuan 22 Bauran promosi : Penjualan Tatap Muka dan Manajemen Penjualan Matakuliah: J0114 – Manajemen Pemasaran Tahun: 2005 Versi: 1.
Diambil dari modul KWU UNY
The E-commerce Kelompok 1 Anik Fatul Rofiah ( )
E-Commerce Model.
PENGANTAR BISNIS PERBANDINGAN BISNIS ONLINE “LAZADA DAN ELEVENIA”
PENGANTAR BISNIS DISUSUN OLEH : 1. Danur Ramadhani ( ) 2. Menik Tri Wahyuni ( ) 3. Himza Fadhilah Putri Wulandari ( ) Dosen Pembimbing.
Mendesain Pola Model Bisnis Canvas
E-Marketing.
Perkembangan Teknologi Informasi Pada Bisnis E-Commerce di Indonesia
Pengantar e - Commerce.
Cloud Computing The “cloud” = Internet
E-MARKETING MUHAMMAD YUSUF Teknik Informatika – Universitas Trunojoyo
Pengantar e - Commerce.
Pemasaran.
BAB V KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL
E-Marketing.
E-Marketplace Struktur, Mekanisme, Ekonomi dan Pengaruhnya
Perkembangan dan Prospek Bisnis di Bidang TI
Aspek PPh Transaksi e-Commerce
PERKEMBANGAN NILAI PLUS & MINUS IMPLEMENTASI & TEKNOLOGI
Pemasaran.
Copyrights teknik perkapalan ITS 2013
Bab 10 Pemasaran.
Perencanaan Model Bisnis E-Commerce GENAP 2009/2010
VIVI NILA SARI, SE, MM NIDN :
Pemasaran JUHARI, SE, MM.
Bab 10 Pemasaran Maruji Pakpahan.
CLOUD COMPUTING.
Cloud Computing Nama Kelompok : 1. Aprina Edlis P (A ) 2. Araminta Padantya (A ) 3. Emerald Mecca Medina (A ) 4. Ferdy.
Cloud Computing.
CLOUD COMPUTING Nama Kelompok : 1. Aghnia Azka Nabilla (A ) 2. Annisa Indria Arisdahnia (A ) 3. Eka Mulyasari (A )
3. Infrastruktur e-business
PELATIHAN PEMBUATAN TOKO ONLINE BANDUNG, 13 AGUSTUS 2015
Bab 10 Pemasaran Dr. Ssiswantoyo. Tujuan Pembelajaran Menjelaskan konsep pemasaran Menjelaskan strategi dan taktik pemasaran Menjelaskan konsep bauran.
Cyberpreneurship KP225 – Cyberpreneurship Anugrah Bagus Susilo, S.Kom.
Bab 10 Pemasaran.
Bab 10 Pemasaran.
Compiere ERP Aplikasi Bisnis di Linux
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA
Bab 10 Pemasaran.
Sharing Ekonomi Aplikasi Shopee
Sistem Informasi Manajemen 1 Bab 2
CLOUD COMPUTING. Cluster Controller (CC) Node Controller (NC)
Bab 10 Pemasaran.
Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persediaan, dan Penjualan Barang pada Toko Emi Grosir dan Eceran Di Susun.
Build a WordPress Online Store
E-COMMERCE DAN E-BUSINESS
Bab 10 Pemasaran Dr. Ssiswantoyo. Tujuan Pembelajaran Menjelaskan konsep pemasaran Menjelaskan strategi dan taktik pemasaran Menjelaskan konsep bauran.
Go o g le Drive Tempat penyimpanan bagi Google Documents, file, dan folder Anda. Layaknya sebuah flash disk online, Google Drive memberikan kapasitas 5.
Teknik Aplikasi Multimedia – Marcello Singadji Pertemuan 1 E-Commerce Marcello Singadji, S.Kom, M.T.
Transcript presentasi:

Strategi Monetisasi STARTUP Arga Dinata (Briq Software) briqsoftware Strategi Monetisasi STARTUP Arga Dinata (Briq Software) briqsoftware.com

Apa itu Startup STARTUP, dalam Bahasa Indonesia berarti Perusahaan Rintisan Dalam istilah bisnis, Startup secara umum dapat diartikan sebagai perusahaan yang baru saja berdiri Namun, hype Startup saat ini mengacu pada perusahaan berbasis teknologi yang memiliki produk dengan model bisnis modern, yang berbeda dengan bisnis konvensional

Strategi Monetisasi Startup Cash Flow is King, Profit is Queen. Semua bisnis agar dapat bertahan dan tumbuh, harus memiliki cash flow (arus kas) yang positif (uang masuk lebih besar dari uang keluar) Meskipun menekankan pada solusi yang inovatif dan model bisnis modern, Startup juga harus memiliki strategi monetisasi agar bisnis dapat tumbuh dan berkembang Monetisasi adalah cara startup memperoleh pemasukan Dalam slide presentasi ini, akan dibahas berbagai Strategi Monetisasi yang banyak digunakan Startup

Strategi Monetisasi Startup Direct Selling Ad-based Freemium Transaction Fee Featured User Subscription Add-on / In-app Purchase Open Source Model Exit Strategy Model

Direct Selling Direct Selling adalah menjual barang atau jasa secara langsung ke konsumen Model monetisasi ini bukan merupakan hal yang baru Banyak digunakan oleh startup e-commerce, seperti Amazon, Bhinneka, Sale Stock, dll

Ad-based Ad-based, ad mengacu pada advertisement (iklan) Banyak digunakan pada awal kemunculan bisnis dot com Strateginya adalah membuat website, web app, atau mobile app yang digunakan oleh banyak user (mengincar traffic yang tinggi), kemudian di beberapa bagian konten dipasang iklan Startup yang menggunakan model ini adalah berbagai online news media (Detik.com, KapanLagi.com, Kompas.com, dll), Google, Facebook, dan berbagai Mobile App

Freemium Freemium, gabungan kata dari FREE dan PREMIUM Untuk menarik banyak user, layanan diberikan secara gratis dengan fitur, waktu, atau kapasitas yang terbatas. Untuk memperoleh layanan tambahan, maka user harus membayar layanan Premiumnya Digunakan oleh berbagai layanan: File Sharing (4Shared, Media Fire, dll) Cloud Storage (Box, DropBox, Google Drive, dll) Webmail (Google Mail, Yahoo Mail, dll) dll

Transaction Fee Dalam Bahasa Indonesia disebut dengan KOMISI Startup memperoleh pemasukan dari transaksi yang terjadi antar pengguna layanan Digunakan pada layanan: Marketplace (Bukalapak, Lazada, dll) Payment Gateway (PayPal, Doku, iPayMu, dll) Crowdfunding (Kitabisa.com, Kickstarter, dll)

Featured User Dalam marketplace, semua pedagang berkumpul, sehingga pasar menjadi ramai (crowd). Agar user dapat rise above the crowd, pemilik marketplace memberikan penawaran Featured User. Dengan menjadi Featured User, pedagang akan muncul di urutan pertama hasil pencarian atau terpampang di halaman utama website Digunakan oleh OLX, Tokopedia, dll

Subscription Subscription dalam Bahasa Indonesia disebut Berlangganan. User harus membayar biaya berlangganan untuk dapat menggunakan layanan yang ditawarkan. Bisa per 1, 3, 6, atau 12 bulan Banyak digunakan oleh startup yang menawarkan solusi infrastruktur (Hosting, Colocation, Cloud, dll) dan SaaS (Software as a Service)

Add-on / In-app Purchase Layanan utama diberikan secara gratis, namun jika ingin menggunakan tambahan plugin, modul, atau premium item (dalam game) maka user harus membelinya Digunakan oleh Wordpress (Premium Theme, Premium Plugins) dan berbagai Mobile Games

Open Source Model Source code diberikan secara gratis dan terbuka (free and open source), pemasukan diperoleh menjual Custom Request, Layanan Purna-Jual, Technical Support, User Training, dll Digunakan oleh banyak proyek open source: Linux, Android, Odoo, dll

Exit Strategy Model Strategi tingkat tinggi, seolah startup dirintis hanya untuk dijual ke perusahaan yang lebih besar (exit) Sulit untuk mengetahui startup yang dibuat dengan strategi ini Startup Indonesia yang sudah berhasil exit: Koprol (diakusisi Yahoo), Disdus (Groupon), Lazada (Alibaba), Rumah123 (REA Group), dll

Terima kasih