Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Aspek Ergonomik.
Advertisements

PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER pertemuan 1 SAP (Satuan Ajar Perkuliahan)
Human Computer Interaction
komponen antarmuka pengguna
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Pengantar Sistem Informasi
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Andika Elok Amalia, ST., MT.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia dan Komputer
Aspek Ergonomi Dalam IMK
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Aspek Ergonomi dalam IMK
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar Teknik Elektro
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Interaksi Manusia Dan Komputer
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPTER MOHAMAD HILMAN 2016.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Hani Atun Mumtahana, S.Kom
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Pendahuluan.
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Aspek Ergonomi Dalam IMK. Pengertian Ergonomi Suatu bidang studi yang mencari atau menangani desain peralatan dan tugas-tugas yang cocok dengan kapabilitas.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UMB
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI.
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 1 Kontrak Perkuliahan Dwi Januarita A.K, S.T.,M.Kom Rima Dias Ramadhani, M.Kom

Visi dan Misi ST3 Telkom Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang teknologi telematika yang berkualitas. 2. Meningkatkan kinerja institusi dengan menerapkan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. 3. Membentuk insan yang berkarakter dengan meningkatkan kompetensi softskill.

Visi dan Misi Prodi S1 Informatika Menjadi Program Studi Informatika unggulan dalam pengembangan Teknologi Informasi yang mampu menghasilkan Sarjana Komputer beretika profesi Misi Menyelenggarakan sistem pendidikan yang akuntabel dan berkelanjutan di bidang Informatika melalui proses pendidika yang menumbuhkan kreatifitas, inovasi, semangat dan daya juang yang tinggi. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang Informatika untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang Informatika untuk membantu pemecahan masalah masyarakat dan industri. Mewujdukan civitas akademika yang profesional dan beretika profesi.

Silabus Mata Kuliah (1) Tujuan : Mahasiswa mampu memahami konsep interaksi manusia dan komputer. Mahasiswa mampu menerapkan konsep interaksi antara manusia dan komputer untuk merancang suatu model interaksi antara manusia dan komputer dengan baik.

Silabus Mata Kuliah (2) Materi : Pendahuluan a. Pengertian dan Tujuan IMK b. Komponen IMK c. IMK sebagai bidang yang Interdisipliner 2. Aspek Manusia dalam IMK Aspek Teknologi Aspek Ergonomi 3. Prinsip dan Paradigma Usablility

Silabus Mata Kuliah (3) Materi 1 : Pendahuluan Pengertian dan Tujuan IMK Komponen IMK IMK Sebagai bidang yang interdisipliner Isu Penting dalam strategi pengembangan IMK

Pengertian dan Tujuan IMK PENDAHULUAN Pengertian dan Tujuan IMK Serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif, sehingga dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan

Pengertian dan Tujuan IMK PENDAHULUAN Pengertian dan Tujuan IMK Tujuan IMK adalah membuat sistem yang lebih berguna (usable), aman, produktif, efektif, efisien, dan fungsional serta memiliki usability (ketergunaan)

PENDAHULUAN Komponen IMK Manusia sebagai pengguna sistem dan subjek manajemen sistem komputer Komputer sebagai objek yang dimanajemen sekaligus membantu pekerjaan subjek Lingkungan Kerja  Interface (antar muka) sebagai jembatan antara subjek dan objek

IMK Sebagai bidang yang Interdisiplinier PENDAHULUAN IMK Sebagai bidang yang Interdisiplinier Teknik Elektronika  mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. Ilmu Komputer  mempelajari aspek-aspek yan berhubungan dengan perangkat lunak komputer. Psikologi  memahami perilaku, persepsi, pengolahan kognitif dan ketrampilan motorik (psikolog kognitif dan perilaku) Juga memberikan dasar-dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini tentang sistem manusia dan komputer (psikologi eksperimen)

Materi 2 : Aspek Manusia dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Manusia dalam IMK Indera (Persepsi) Memori (Kognisi) Kendali Motorik

Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK a. Input Devices  text entry and pointing b. Output Devices screen, audio c. Memory  RAM, permanent storage media d. Processing  speed of processing, networks

Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Teknologi dalam IMK Model Interaksi Manusia dan Komputer Karakteristik/Sifat Umum Jenis Model Interaksi Manusia dan Komputer interaksi berbasis perintah tunggal. interaksi berbasis bahasa pemrograman. interaksi berbasis bahasa alami. Interaksi berbasis menu. Interaksi berbasis icon. Interaksi berbasis pengisian borang (formulir). Interaksi berbasis sistem penjedelaan. Interaksi berbasis manipulasi langsung. Interaksi berbasis grafis.

Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Ergonomi Stasiun Kerja Ergonomi Lingkungan Fisik Kerja Ergonomi Antarmuka/Kognitif

Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Ergonomi Stasiun Kerja Stasiun kerja : sistem komputer termasuk meubeler yang digunakan (misal : kursi, meja) Permasalahan yang muncul jika seorang operator komputer terlalu lama bekerja di depan komputer : Serangan miopi yang semakin besar. Keluhan mata (misal : iritasi, ketegangan mata). Ketegangan punggung, otot siku, dan otot pundak.

Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Ergonomi Lingkungan Fisik Kerja Segala sesuatu mudah dijangkau Bekerja dengan tinggi yang sesuai Bekerja dengan postur yang sesuai Mengurangi pengeluaran tenaga yang berlebihan Meminimalkan kepenatan/keletihan

Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK PENDAHULUAN Materi 2 : Aspek Ergonomi dalam IMK Antarmuka/Kognitif Adanya standarisasi Membuat stereotipe Mempermudah pemaparan suatu informasi Menyajikan informasi pada level yang tepat secara detail Membuat redundansi (misal : warna yang berbeda, cetak tebal, miring, dll)

Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability PENDAHULUAN Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability a. Pengertian Usability b. Prinsip-prinsip yang mendukung Usability Learnability Flexibility Effectiveness Attitude

Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability PENDAHULUAN Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability c. Perancangan Antarmuka Pendekatan Perancangan Antarmuka Evolusi Proses Perancangan Antarmuka Proses Perancangan Antarmuka

Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability PENDAHULUAN Materi 3 : Prinsip dan Paradigma Usability d. Web Usability Struktur Dokumen Web. Content Dokumen Web. Layout Dokumen Web.

Format Penilaian Tugas : 30% UTS : 30% UAS : 30% Quiz : 10%