Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Model Pengembangan Perangkat Lunak dengan Prototype
Advertisements

MODEL PROTOTYPE.
KONSEP PENGEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
SIKLUS HIDUP SISTEM Pertemuan Ke-7.
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PROTOTYPING MODEL PROSES
Protyping IMK-M5.
Klasifikasi Sistem Sistem Abstrak vs Sistem Fisik
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC)
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Perancangan Perangkat Lunak
Perancangan Sistem Informasi
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LANJUTAN)
System Development Life Cycle
Tugas Sistem Informasi Manajemen
PROTOTYPING.
Siklus Hidup Sistem Basis Data
Rekayasa Perangkat Lunak
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
SIKLUS HIDUP SISTEM INFORMASI
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
Spesifikasi Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN APLIKASI
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Materi Bab 5 Sistem Informasi
Implementasi Sistem Akuntansi
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Teknik Sistem & Dokumentasi Sistem
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Perancangan Sistem Informasi
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
Siklus Hidup Sistem 1. Tahap Perencanaan Sistem 2. Tahap Analisis
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
PENGEMBANGAN SISTEM.
Pengantar SIM 2.
Analisa Perancangan Sistem
Pola Lingkaran Siklus Hidup Sistem
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PENGEMBANGAN SISTEM.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Desain Sistem Akuntansi Secara Umum
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Erik Kurniadi
Analisa dan Perancangan Sistem
Analisa Perancangan Sistem
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
PENGEMBANGAN SISTEM.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
“Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik”
Sistem Informasi Manajemen
METODOLOGI SIKLUS HIDUP SISTEM
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
REKAYASA SISTEM SESI : 2 BY ARISM,SKOM,MMSI. MANPRO-M2 : REKAYASA SI.
SIKLUS HIDUP DAN MANFAAT SISTEM INFORMASI
Siklus hidup pengembangan sistem
Siklus Hidup System.
Pengantar SIM 2.
Impelementasi Sistem 11/22/2018.
Analisa Perancangan Sistem
Transcript presentasi:

Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra Muhammad Saiful Rizal Moch Rudiansyah Welcome! No slide master

Dasar Perencanaan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Merupakan sistem yang mengolah data menjadi informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. - Penghematan Waktu - Penghematan Biaya - Peningkatan Efektifitas - Pengembangan Teknologi - Pengembangan Personel Akuntansi

SIKLUS HIDUP SISTEM Penerapan pendekatan sistem untuk pengembangan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer

SIKLUS HIDUP SISTEM Perencanaan Analisis Perancangan Implementasi Penggunaan

FASE PERANCANGAN Mendefinisikan Masalah Membuat Studi kelayakan 1 4 Mendefinisikan Masalah Membuat Studi kelayakan 2 5 Menentukan Tujuan Sistem Mempersiapkan usulan penelitian sistem 3 Mengidentifikasi kendala – kendalan sistem 6 Menetapkan mekanisme pengendalian

FASE ANALISIS Mengumumkan penelitian sistem 1 4 Mengumumkan penelitian sistem Mendefinisikan kriteria kinerja sistem 2 5 Mengorganisasikan tim proyek Menyiapkan usulan rancangan 3 6 Mendefinisikan kebutuhan organisasi Memodelkan logika penyelesaian

FASE DESIGN Fase ini meliputi penentuan pemrosesan dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru, dan pemilihan konfigurasi terbaik dari hardware yang menyediakan desain. Desain system adalah ketentuan mengenal proses dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru.

FASE IMPLEMENTASI Fase ini melibatkan beberapa spesialis informasi tambahan yang mengubah desain dari bentuk kertas menjadi satu dalam hardware, software, dan data. Dalam tahap ini, desain yang sudah dibuat akan diterjemahkan ke dalam kode yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman atau aplikasi generator.

FASE OPERASI Dalam fase ini, audit memimpin pelaksanaannya untuk menjamin bahwa sistem benar-benar dikerjakan, dan pemeliharaannya pun dilakukan sehingga sistem dapat menyediakan kebutuhan yang diinginkan.

protoyping Prototyping merupakan salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan model menjadi sistem final, artinya sistem akan dikembangkan lebih cepat daripada metode tradisional dan biayanya menjadi lebih rendah Prototyping disebut juga desain aplikasi cepat (rapid application design/RAD) karena menyederhanakan dan mempercepat desain sistem (O'Brien, 2005).

Alat Perancangan Sistem Alat perancangan proses terdiri dari diagram aliran data dan diagram arus sistem. Sedangkan alat perancangan data terdiri dari diagram relasi entitas (entity relationship) dan kamus data (data dictionary). Diagram Alir Data sebuah alat dokumentasi grafik yang menggunakan simbol-simbol untuk menjelaskan sebuah proses. Diagram ini menunjukkan aliran proses seluruh sistem kepada pemakai dan dapat diatur detailnya sesuai dengan kemampuan pemahaman pemakai. DFD terdiri dari tiga elemen yaitu lingkungan, pemrosesan, aliran data dan penyimpanan data Diagram Arus Sistem Diagram arus sistem (Sistem Flow chart) adalah peralatan yang digunakan untuk menggambarkan proses sistem secara rinci untuk menggambarkan aliran sistem informasi dan diagram arus sistem untuk menggambarkan aliran program Diagram Relasi Entitas Menunjukkan antar entitas satu dengan yang lain dan bentuk hubungannya sehingga data tergabung dalam satu kesatuan yang terintegrasi  Kamus Data Kamus data adalah penjelasan tertulis lengkap dari data yang diisikan ke dalamdatabase 

TAHAPAN DALAM PROTOTYPING BANGUN PROTOTYPE DAN EVALUASI UJI DAN EVALUASI SISTEM GUNAKAN SISTEM KUMPULKAN KEBUTUHAN SISTEM MENGKODEKAN SISTEM

Kelebihan Prototyping Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan. Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan. Pelanggan berperan aktif dalam pengembangan sistem. Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem. Penerapan menjadi lebih  mudah karena pemakai mengetahui apa yang diharapkannya Copy Right by Kelompok 4

Kekurangan Prototyping Pelanggan tidak melihat bahwa perangkat lunak belum mencerminkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dan belum memikirkan peneliharaan dalam jangka waktu yang lama. Pengembang biasanya ingin cepat menyelesaikan proyek sehingga menggunakan algoritma dan bahasa pemrograman sederhana. Hubungan pelanggan dengan komputer mungkin tidak menggambarkan teknik perancangan yang baik. Copy Right by Kelompok 4

TERIMA KASIH! ADA PERTANYAAN?