PEMBANGUNAN CONTENT STREAMING UNTUK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (SIRANJAJA) PADA JARINGAN PICONET MENGGUNAKAN JAVA API JSR-82 Oleh: M.H. Yusa’ G64104003.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
VOIP DAN STREAMMING Oleh : Giga dan Riri.
Advertisements

Jaringan Nirkabel (pertemuan 4) Wireless LAN dan WAN oleh Razief Perucha F.A Prodi Informatika Jurusan Informatika – FMIPA Universitas Syiah Kuala,
MODEM DAN JARINGAN.
APLIKASI TEKNOLOGI W-LAN
Mochamad Ridwan, Pembimbing I: Hafidudin, Ir, MT
Eric Priyo Tranggono
Radio Streaming Kelompok 5 jarmul.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
Perangkat Keras dan Fungsinya untuk Akses Internet
MELWIN SYAFRIZAL DAULAY
Lusa Hasana Pembimbing I Idris Winarno ,SST.M.Kom
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
TUGAS AKHIR Anggi Malanda
Aplikasi Multi Media Player Dengan Menggunakan Microsoft Visual Basic 2010 Express Basic 2010 Express ARDIANSYAH HELMY
Universal Serial Bus (USB)
Rancang Bangun Kamera Pengawas Berbasis J2ME
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
Jaringan KOmputer dan Komunikasi Data
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
WIRELESS LAN
Flexnet Jaringan Internet Radio Paket dengan Soundcard Modem menggunakan for further detail, please visit
BlueTooth Meylanie Olivya, S.T., M.T..
Bluetooth Fajar Saptono Canthes Widyawaty
Nama : Irvan Wibowo NPM : RANCANG BANGUN SERVER TELEPON GRATIS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI VOIP (Voice Over Internet Protocol) Pembimbing : Dr. Brahmantyo.
MEMBANGUN DNS SERVER DENGAN UBUNTU Dani Maulan Apriandy
Oleh : Pandu Pradito Video Streaming. Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan.
ANALISA PERBANDINGAN KINERJA LAYANAN VIDEO STREAMING PADA
PROTOKOL LAPISAN APLIKASI
JARINGAN KOMPUTER 1 MODEL REFERENSI OSI Disusun Oleh : Kelompok 2 Glaniar Kautsar( ) Sari Maulita( ) William Wijaya Kusuma ( )
PERANCANGAN PUSH-TO-TALK OVER BLUETOOTH (POB) PADA TELEPON SELULER
KOMUNIKASI DATA Oleh : M. Faisal Risqiansyah
KONEKSI INTERNET SERVER 3 SERVER 4 SERVER 1 SERVER 2 Client SERVER 5.
Teknik Penyaluran Sinyal
ARSITEKTUR DAN PEMODELAN APLIKASI
Desain, Implementasi, dan Analisis Interkoneksi
Pembimbing : Endang Purnama Giri, S.Kom., M.Kom.
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Jaringan wireless Jaringan Komputer.
Bluetooth Pertemuan III.
Chandra Mahendra Putra |
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
Zaini, PhD Jurusan Teknik Elektro Universitas Andalas 2012
Dasar-dasar Telekomunikasi
BlueJacking.
Mobile Computing Dan Aplikasinya
PROSES PENGINSTALAN DAN Arfan Zarkasih
Ihsan Naskah, S.Kom., MT JARINGAN KOMPUTER Ihsan Naskah, S.Kom., MT
KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN
RANCANG BANGUN KONEKSI GITAR AKUSTIK VIA BLUETOOTH
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
JARINGAN KOMPUTER Komunikasi Data.
Tugas Multimedia Luqman hakim
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Protokol Jaringan Pada Sistem Multimedia
SOAL TEORI TKJ Dimas Pamarta XII TKJ 2 / 7 Selanjutnya.
Service discovery protocols
DISTRIBUSI MULTIMEDIA
3.
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
Jaringan KOmputer dan Komunikasi Data
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Bluetooth Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan.
Materi Pertemuan Ke-11 Jaringan komputer.
PENDETEKSI SABOTASE GAMBAR DIGITAL SEBAGAI DIGITAL IMAGE FORENSIK
Jaringan Komputer.
“Sistem Jaringan Komputer Menggunakan Bluetooth Class 1” Mulyadi
TCP Socket Programming
Transcript presentasi:

PEMBANGUNAN CONTENT STREAMING UNTUK SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (SIRANJAJA) PADA JARINGAN PICONET MENGGUNAKAN JAVA API JSR-82 Oleh: M.H. Yusa’ G64104003 Pembimbing: Ir. Sri Wahjuni, M.T. Wisnu Ananta Kusuma, S.T, M.T.

Handphone kini telah menjadi perangkat yang multiguna Latar Belakang Handphone kini telah menjadi perangkat yang multiguna

Kegiatan pembelajaran jarak jauh semakin banyak dikembangkan Latar Belakang Kegiatan pembelajaran jarak jauh semakin banyak dikembangkan

Latar Belakang Ketersediaan Kamera dan Bluetooth memungkinkan peluang untuk memanfaatkannya sebagai media pembangunan content streaming

Tujuan Penelitian Merancang SIRANJAJA Merancang dan mengembangkan modul pembangunan content streaming pada sisi client (handphone) dan server (personal computer) Melakukan analisis ukuran file dan delay yang terjadi selama proses pengiriman data

Ruang Lingkup Penelitian Modul yang diimplementasikan hanya dibatasi pada modul pembangunan content streaming Handphone yang digunakan adalah handphone Nokia N70 Implementasi pada sisi server dijalankan pada Microsoft® XP service pack 2, JRE 1.6, dan JMF 2.1.1.e Tipe koneksi yang digunakan pada jaringan piconet adalah tipe koneksi point to point

Ruang Lingkup Penelitian Streaming server yang digunakan adalah Darwin Streaming Server 5.5.5 yang berbasis sistem operasi Windows Video disimpan dalam format mp4 Algoritma encoding video, encoding citra digital, dan encoding suara digital tidak dibahas Interferensi sinyal bluetooth dengan sinyal perangkat wireless lainnya diabaikan

Manfaat Penelitian Menghasilkan sebuah prototipe aplikasi yang digunakan untuk modul pembangunan content streaming pada SIRANJAJA Dapat dijadikan referensi penelitian tentang aplikasi handphone, khususnya penggunaan bluetooth

Tinjauan Pustaka Bluetooth teknologi antarmuka radio yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas

Tinjauan Pustaka Tipe Koneksi Bluetooth Master Slave (a) point- to-point (b) point-to-multipoint.

Tinjauan Pustaka Tipe Koneksi Bluetooth Master Slave (c) scatternet

Tinjauan Pustaka Stack Protocol Bluetooth stack on-host controller Application Logical Link Control and Adaption Protocol (L2CAP) Host Control Interface (HCI) Link Manager Protocol Baseband / Link Controller Radio OBEX WAP SDP TCS RFCOMM stack on-host controller

Tinjauan Pustaka Service Bluetooth Service Discovery Database Service record 1 Service record 2 Service record 3 Service record 1 Attribute 1 Attribute 2 Service Discovery Database

Tinjauan Pustaka Koneksi Bluetooth antara Komputer dan Handphone menggunakan Java

Tinjauan Pustaka Pendekatan berbasis COM-Port Phone Computer OS Bluetooth device Virtual COM Bluetooth device Device Driver BT Sotware JSR-82 API Computer Phone

Tinjauan Pustaka Pendekatan berbasis JSR-82 Phone Computer JSR-82 API OS Bluetooth device JSR-82 API Bluetooth device Device Driver BT Sotware Computer Phone

Tinjauan Pustaka Penggunaan Java Api Bluetooth (JSR-82) start initialize clean up wait for connection close connection open connection discovery receive send service discover device discover

Tinjauan Pustaka Arsitektur Mobile Media API (JSR-135) Player supplies data creates provides Player Manager DataSource Control

Tinjauan Pustaka Hint Track pemberian informasi paket RTP pada suatu file content streaming. Informasi ini akan memberikan keterangan pada server untuk mengirimkan video sequence dan video rate dengan benar (Austerberry 2005).

Tinjauan Pustaka delay(i) = Ri - Si Delay waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data dari sumber/pengirim ke tujuan/penerima (Ansyori 2008). Untuk menghitung delay dapat menggunakan rumus: delay(i) = Ri - Si dengan R = Received Time S = Sent Time

Modul Pembangunan Content Streaming Metode Penelitian Analisis SIRANJAJA Modul Pembangunan Content Streaming Modul Portal Web

Metode Penelitian Perancangan Modul Pembangunan Content Streaming sub modul server komputer sub modul client handphone

pemilihan data yang dikirim Metode Penelitian start jenis koneksi pemilihan kamera pengiriman data gambar melakukan koneksi data suara connection handler melakukan pengaturan pemilihan data yang dikirim pemilihan koneksi pencarian perangkat pencarian service automatic manual jenis data suara gambar gambar dan suara menutup koneksi selesai Perancangan Sub Modul Client Handphone

Metode Penelitian Perancangan Sub Modul Server Komputer start selesai start penerimaan data gambar membuka server membuka server suara connection handler melakukan pengaturan pemilihan data yang diterima jenis data suara gambar gambar dan suara membuka server gambar data suara penggabungan transcoding mp4 pemberian hint track penutupan koneksi pengiriman ke streaming server Perancangan Sub Modul Server Komputer

Metode Penelitian Rancangan Percobaan Percobaan Pengukuran Kecepatan Rekam Kamera Percobaan Rekam Suara Percobaan Pengiriman Streaming Data dari Client Handphone ke Server Komputer

Hasil dan Pembahasan Implementasi Sub Modul Client Handphone mikrofon image capturer pengaturan pencari perangkat sound recorder kamera pengirim data gambar modul bluetooth data suara pencari service connection handler

pengirim file content streaming Hasil dan Pembahasan Implementasi Sub Modul Server Komputer pengaturan video processing penerima data suara display connection handler pengirim file content streaming penerima data gambar data suara data gambar

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengukuran Kecepatan Rekam Kamera

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengukuran Kecepatan Rekam Kamera

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Rekam Suara

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Rekam Suara

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Rekam Suara

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengiriman Gambar

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengiriman Suara

Hasil dan Pembahasan Analisa Percobaan Pengiriman Gambar dan Suara Bersamaan

Kesimpulan dan Saran Kesimpulan Encoding yang sebaiknya digunakan dalam pengiriman data streaming dari handphone adalah JPEG dengan ukuran dimensi 160 x 120 Waktu commit yang digunakan untuk proses perekaman suara yang dianggap terbaik adalah 5 detik Delay pengiriman data suara lebih besar dibandingkan dengan delay pengiriman data citra

Kesimpulan dan Saran Saran Melanjutkan pengembangan Modul Portal Web Mencoba mengembangkan modul pembangunan content streaming dengan tipe koneksi point-to-multi-point Mencoba dan membandingkan pengembangan modul pembangunan content streaming dengan menggunakan pendekatan koneksi berbasis COM-Port