Kontrak Kuliah Pengenalan OOP

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Object Oriented Programming
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Pengenalan Sistem Berorientasi Objek. Staf Praktikum Pengajar : Asisten :  R Bagus Dimas P  Karimul Makhtidi
Pengenalan Sistem Berorientasi Objek Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor.
Pemrograman Berbasis Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Inheritance (Pewarisan)
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Review :: Kisi-kisi UTS ::
Class.
Struktur (Struct).
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING YANES HARDIANTO SUI Politeknik Manufaktur Astra 2011.
Pertemuan 19 FUNGSI (Method) Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Object Oriented Programming Bag.2 Pertemuan 24 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Bag.3 Object Oriented Programming Pertemuan 25 Dasar Pemrograman
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
OOP pada pemrograman Web
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
1 Pertemuan 18 Template Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
Pemrograman Berorientasi Object
Constructor dan Overloading
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Bahasa Pemrograman 2 Oleh : Safitri Juanita.
Class dan Objek Lanjutan Pertemuan 18
Pertemuan 9 Pemrograman Berbasikan Objek
C++ static.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientsi Objek Pertemuan 15
As’ad Djamalilleil Class dan Object As’ad Djamalilleil
Pemrograman Berorientasi Objek
JAVA FUNDAMENTAL (Object Oriented Programming)
BPJ – Pertemuan 13 OOP.
Class.
Object Oriented Programming
Generic Data Type Pertemuan 25
Pilar Object Oriented Programming
Algoritma Struktur Data
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MENGENAL OBJEK ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
C++ Polymorphism.
(Object Oriented Programming)
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Kontrak Kuliah Pengenalan OOP Pertemuan 01 Kontrak Kuliah Pengenalan OOP

Pemrograman Java Algoritma & Pemrograman 2 Bobot 3 sks Jumlah Pertemuan: 14 + UTS + UAS Jadwal Kuliah: Senin, 17:50—19:30 Toleransi Terlambat: 30 menit Toleransi Alpa: 75 % dari 14 pertemuan Penilaian: 40%xUTS + 60%xUAS Nilai Tambahan:  untuk UTS dan UAS Keaktifan kelas Keaktifan tugas harian Quiz Tugas akhir & presentasi

Tujuan perkuliahan Mahasiswa mampu memahami Object Oriented Programming Mahasiswa mampu memahami bahasa Pemrograman Java Mahasiswa mampu mengimplementasikan OOP ke dalam Java

Perhatikan source code berikut ini… #include <iostream> #include <stdlib.h> #include <conio.h> const float phi=3.14; using namespace std; int main() { int iter=0, pil, a, b, c; float volum, luas; bool loop=true; while(loop) system("cls"); cout << ">> Pilihan Menu: "<< endl; cout << "1) Kubus "<< endl; cout << "2) Balok"<< endl; cout << "Silahkan masukkan angka pilihan anda: "; cin >> pil; switch(pil) case 1: cout << "Perhitungan Volume dan Luas Permukaan Kubus" << endl; cout << "Panjang rusuk kubus = "; cin >> a; volum = a*a*a; luas = a*a*6; cout << "Volume = " << volum << endl; cout << "Luas permukaan = " << luas << endl; break; case 2: cout << "Perhitungan Volume dan Luas Permukaan Balok" << endl; cout << "Panjang balok = "; cout << "Lebar balok = "; cin >> b; cout << "Tinggi balok = "; cin >> c; volum = a*b*c; luas = ((a * b) + (b * c) + (c * a)) * 2; case 0: loop = false; } getch(); return 0; Perhatikan source code berikut ini… public class ngitung { private float balok(int p,int l,int t){ return (2*p*l)+(2*p*t)+(2*l*t);} public float kubus(int s){ return s*s*s;} public static void main() { ngitung a = new ngitung(); int p,l,t,s; System.out.print("Masukkan panjang : "); //r = SimulateCin.readToWhiteSpace(true); p=Input.readInt(); System.out.print("Masukkan lebar :"); l=Input.readInt(); System.out.print("Masukkan tinggi :"); t=Input.readInt(); System.out.print("Luas balok adalah : "); System.out.print(a.balok(p,l,t)); System.out.print("\n"); System.out.print("Masukkan sisi :"); s=Input.readInt(); System.out.print("Volume kubus adalah : "); System.out.print(a.kubus(s)); }

Mengenal Object Oriented Programming Konsep Object-Oriented Ide dasarnya adalah menggabungkan data dan fungsi menjadi satu kesatuan unit yang dikenal sebagai object. Beberapa hal yang perlu diketahui dalam membangun aplikasi dengan konsep OOP, diantaranya sbb: 1. Objek 2. Classification a. Abstraction b. Encapsulation c. Constructor (Single Constructor, Constructor w/ parameter dan Multiple constructor) d. Inheritance e. Polymorphism 3. Package

Objek Di real-world, tiap obyek memiliki ciri dan tingkah laku (behavior). Misalnya: obyek mahasiswa Ciri: bisa dilihat dari warna kulit, suara, jenis kelamin. Tingkah laku: berlari, menulis, makan. Di programming, ciri dari tiap obyek diimplementasikan menjadi “attribute” (atau variabel) Tingkah laku diimplementasikan menjadi “method” (atau fungsi)

Classification Disebut juga Class Class bersifat abstrak Di real-world, kita sering melihat banyak obyek dengan model yang sama. Obyek-obyek tersebut bisa memiliki perbedaan atau tidak. Class adalah blueprint dalam membentuk obyek Obyek-obyek yang sama adalah merupakan anggota dari suatu kelas Contoh: Motor >> bebek, skuter, dll Contoh: Mahasiswa >> anda & teman anda

Contoh Class Mahasiswa NIM Nama Menulis Kuliah Makan Buku Kode Buku Judul Buku Dibaca Disampul Nama Class Atribut Metode Perbedaan Class dengan Objek : Class merupakan desain dan objek merupakan perwujudan suatu Class Class bersifat abstrak dan objek bersifat kongkrit

Classification adalah suatu proses pembuatan class. secara umum sebuah class java didefinisikan sbb: class NamaClass { definisi_data_member; definisi_member_function }

Classification Data member (anggota data) : variabel-variabel yang menyatakan karakteristik suatu objek contoh sebuah objek Balok mempunyai karakteristik yang dinyatakan dengan panjang, lebar dan tinggi. Member function (fungsi anggota) : fungsi-fungsi yang bertugas memanipulasi nilai pada data member. Fungsi yang paling sering ada pada sebuah objek adalah fungsi untuk mengubah dan menginformasikan nilai dari data member objek.

Abstraction Yaitu suatu proses dimana kita melakukan desain class dan menetukan data dan method yang akan dimiliki oleh sebuah class. Contoh: sebuah bangunan geometri lingkaran, dideskripsikan sbb: Bahwa lingkaran memiliki jari-jari, (radius atau r) untuk menyatakan ukurannya. Sehingga semakin besar jari-jarinya maka semakin besar pula lingkaran yang akan dihasilkan.

Abstraction Jadi jari-jari adalah data yang dimiliki sembarang lingkaran, sehingga jari-jari merupakan karakteristik dari sebuah lingkaran Berdasarkan fakta diatas maka kita bisa membuat class untuk objek lingkaran.

Contoh nama class lingkaran karakteristiknya sbb : - memiliki jari-jari - memiliki beberapa method * mengubah nilai jari-jari, * memperoleh informasi jari-jari * menghitung luas lingkaran, * menghitung keliling lingkaran

Contoh Membuat format class berdasarkan karakteristik diatas : class Lingkaran { data: jari-jari method: update jari-jari informasi jari-jari hitung luas hitung keliling } Sampai disini tahap perencanaan class bisa dianggap selesai, kemudian pada bagian selanjutnya dilakukan implementasi calss ini secara mendetail.