DELLI NOVIARTI RACHMAN, ST.,M.T

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Tutorial Logo Carrefour
PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW)
DASAR GAMBAR TEKNIK Ir. A. M. Madyana, M. S..
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Belajar Adobe Photoshop CS
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
Shooting Editing Sadino, S.Kom..
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Membuat Asesori Web. Tujuan Instruksional Khusus  Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya.
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
PARAGRAF, GAMBAR DAN BINGKAI
Gambar 1.1 Mengenal Elemen Jendela Microsoft Word Setelah Word 2007 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1,
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
Software design lanjutan Pertemuan 4. DINDING ARSITEKTURAL DAN BUKAAN SAMPING Dinding merupakan elemen dengan System Family yang sudah ditetapkan dalam.
MENATA DATA.
Software design lanjutan Pertemuan 6. ELEMEN STRUKTURAL Agar rata dengan garis grid lainnya, pastikan saat memulai dan mengakhiri garis grid, kursor ter-snap.
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
MENGENAL MICROSOFT EXCEL
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
Sekilas Impress Open Office.org.
AutoCAD Allia Okti Sativa XI EI 1.
Aplikasi Lembar Kerja (Spreadsheet) MSExcel - 1
WEB DESIGN.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Penggunaan split poligon, dan vertex edit
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Menggunakan Menu dan Ikon untuk Membuat Desain Sederhana.
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
Penggunaan Toolbar dimension
PERANGKAT BANTU GAMBAR
SORTIR dan TABEL.
Junta Zeniarja, M.Kom, M.CS
Perangkat Lunak Pembuat Presentasi
DELLI NOVIARTI RACHMAN, ST.,M.T
DELLI NOVIARTI RACHMAN, ST.,M.T
MEMBUAT GAMBAR PELAKSANAAN KONSTRUKSI
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
Microsoft Word 2007.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
DELLI NOVIARTI RACHMAN, ST.,M.T
PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
Metode Penulisan Koordinat Pertemuan 4
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
TEKNOLOGI INFORMASI Gambar Teknik Menggunakan Visio MICROSOFT VISIO.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
SORTIR dan TABEL.
MEMBUAT GAMBAR PELAKSANAAN KONSTRUKSI
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Komputasi spasial PENGANTAR AUTOCAD JOHANNES PARLINDUNGAN, ST., MT.
Mengolah Gambar Menggunakan Corel Draw
Alika shauma fardanty. SETELAH KITA MASUK KE MICROSOFT WORLD, AKAN TAMPAK LEMBAR KERJA KOSONG. PASTIKAN MENU RULER DIAKTIFKAN. JIKA BELUM KLIK VIEW.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
PANDUAN MENGGAMBAR POTONGAN
PEDOMAN MENGGAMBAR DETAIL
Oleh: Ikhwanuddin, MT & TIM
MEMPERSEMBAHKAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) STMIK WIDURI.
DENAH 1. Denah adalah tampak atas suatu bangunan yang terpotong secara horizontal dengan jarak minimal 1 m dari ketinggian 0,00 dimana suatu bangunan.
Transcript presentasi:

DELLI NOVIARTI RACHMAN, ST.,M.T DASAR GAMBAR TEKNIK DELLI NOVIARTI RACHMAN, ST.,M.T

PERTEMUAN 6 DETAIL PINTU DAN JENDELA

1.1 Interface

Menentukan Kamera

Gambar: Menentukan Path dan Hasil Rendering Walkthrough

Untuk mengedit atau memodifikasi tampak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

Untuk memodifikasi gambar potongan ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

Untuk potongan yang tidak segaris: Langkah :             • Pilih garis potongan yang akan diedit             • Klik ikon split segment pada option bar             • Tentukan titik pembagian segmen             • Arahkan garis potongan sesuai dengan yang diinginkan

6.2. Dimension Buka file : Office_building.rvt Revit memilik fasilitas untuk membuat dimensi otomatis tanpa harus mengulang langkah yang sama dalam pemberian dimensi ke sebuah objek. Langkah :             • Aktifkan lantai 1             • Pilih Dimension Tool pada Drafting di Design bar atau pada Basic di Design bar             • Lihat Option bar, tentukan pilihan Wall Centerline dan Entire Wall             • Klik pada bagian Option dan tentukan daerah yang akan diberi dimensi • Arahkan cursor pada dinding yang akan diberi dimensi dan tentukan lokasi dimensi Gambar: Pemberian Dimensi Otomatis

• Aktifkan denah lantai 1 6.3. Tags (Notasi Gambar) Notasi adalah pemberian nama untuk elemen-elemen gambar seperti nama ruang, pintu, jendela, dinding, lantai dan sebagainya. Langkah :             • Aktifkan denah lantai 1             • Pilih Room tag dari Drafting pada Design bar • Tentukan ruang-ruang mana yang akan diberi tag Gambar: pemberian tag pada gambar

Gambar : Color fills yang menunjukkan luas ruangan

Membuat gambar dinding ukuran 6 x 8 m, tebal dinding 140mm dan tinggi 3m Langkah-langkah :             • Pilih wall tool dari designbar • Pilih Basic Wall : Generic 140mm Masonry pada option bar

Tentukan ketinggian 3000mm pada option bar Tentukan Lock line pada Wall Centerline Mulai menggambar . Perhatikan ketika anda menarik garis, Revit akan otomatis menggunakan fasilitas snap untuk jarak, sudut dan fasilitas track point untuk menentukan titik dari objek lain yang tidak berhubungan. Hasilnya :

Modifikasi Wall Beberapa fasilitas yang ada dalam memodifikasi atau mengedit objek walls adalah :             • Mengubah panjang dinding . Mengubah panjang dilakukan dengan menseleksi dinding kemudian menggunakan ikon drag (titik biru pada ujung-ujung objek), tarik dinding sesuai dengan panjang yang diinginkan. Gambar : Mengubah panjang dinding

Mengubah tinggi walls dan menguncinya dengan tinggi level. Level adalah informasi ketinggian lantai yang muncul pada gambar tampak (elevation).Umumnya, tinggi dinding mengikuti ketinggian level. Anda dapat mengunci tinggi dinding yang anda buat dengan level yang anda tentukan sehingga bila terjadi perubahan pada ketinggian level, dinding anda ikut berubah. Langkah: -masuk ke gambar tampak (elevation) -pilih objek dinding -melalui grips(segitiga biru), tarik dinding sampai batas level -melalui tombol alignment constraint (ikon gembok), kunci tinggi dinding anda sesuai level Gambar : mengunci tinggi dinding setinggi level

MENGUBAH PROFIL WALL Langkah : aktifkan gambar tampak pilih objek yang akan diedit profilnya, pilih edit profile pada option bar akan muncul garis jingga yang merupakan garis profil aksisting dinding anda. anda dapat memodifikasi dengan cara menambah garis atau arc. Syaratnya kurva yang anda buat harus merupakan kurva tertutup. Gambar : Memodifikasi profil dinding

MEMOTONG DINDING Ada beberapa metode dalam memotong dinding : split dan trim Split : adalah memotong dinding menjadi beberapa segmen Trim : adalah memotong dinding dengan bantuan objek lain Langkah trim: tentukan bidang wall yang akan dihilangkan tekan ikon trim, pilih dinding batas pertama kemudian pilih dinding batas kedua Summary Usahakan untuk mengunci tinggi dinding dengan level. Ini akan memudahkan anda nantinya apabila ada perubahan ketinggian lantai bangunan Anda dapat langsung mengetik panjang dinding ketika anda membuat dinding Anda dapat membagi ruas dinding dengan perintah split

Gambar : objek sebelum dan sesudah di-trim

Langkah-langkah : 1. Menentukan grid gambar denah dan level a. Perhatikan Project Browser anda, pada gambar floorplan pastikan terdapat gambar-gambar berikut : Denah Pondasi, Denah Lantai Dasar, Denah Lantai 1. Apabila belum terdapat gambar yang dimaksud, buatlah dengan cara: -Aktifkan gambar elevation > South elevation (atau tampak dari manapun) -Perhatikan default level yang sudah ada. Ubah dan tambahkan level sehingga menjadi seperti gambar berikut :

-Anda dapat mengubah nama level menjadi sesuai keinginan dengan meng-klik pada teks level tersebut. -Ketinggian level dapat diubah dengan menarik garis level -Untuk membuat level, klik level tool dan perhatikan petunjuk pada layar -Sesuai dengan gambar di atas, Lantai Dasar akan berada di level 0.00, Lantai 1 berada di level 320 cm di atas lantai dasar dan Lantai Pondasi berada di level 100 cm di bawah Lantai Dasar. Ini akan menjadi ketentuan ketinggian lantai, dan nama level akan menjadi nama gambar denah anda. b. Cek PROJECT UNIT dengan mengetik UN dan pastikan unit panjang adalah centimeter c. Kembali aktifkan lantai dasar dan melalui LINES tool, gambarlah grid-grid sesuai dengan gambar berikut :