Materi 1 Perancangan Program

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknik Pemrograman Terstruktur
Advertisements

ALGORITMA ERIK HADI SAPUTRA.
Tipe data dan algoritma dasar
Algoritma Pemrograman
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
STRUKTUR DATA Materi 1 Latifah Rifani.
Pseudocode Dengan Modularisasi
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Flowchart dan Pseudocode
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Prosedur (Procedure).
Metode Perancangan Program
Function(2).
Struktur seleksi.
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
- PERTEMUAN 9 - LARIK/ARRAY SATU DIMENSI (1D)
Langkah Awal Modularisasi
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
Algoritma dan Pemrograman
Review Modularisasi, Algoritma Bisnis, dan Object Oriented
Pertemuan Pengembangan Algoritma
Statemen Input Output PRINT INPUT LINE INPUT INPUT$ READ-DATA RESTORE
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
Structure English dan Decision Table
PEMROGRAMAN DASAR.
Algoritma dan Pemrograman
Flowchart dan Pseudocode
Prosedur.
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
KELOMPOK 02 ALOGARITMA PEMOGRAMAN TAHUN AJARAN
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Notasi Algoritma & Tipe Data
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
Metode Perancang Program
Materi 11 LOGIKA & ALGORITMA 11.
Metode Perancangan Program
Pengantar Pemrograman Terstruktur
MATERI PERKULIAHAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Metode Perancangan Program
Metode Perancangan Program
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
minggu ke-3 Imam Fahrur Rozi
Menuliskan Algoritma Dengan Pseudocode
STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data )
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
MATERI PERKULIAHAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Statement Input dan Output
minggu ke-2 Imam Fahrur Rozi
Array dan Matriks.
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 04)
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
ANALISA PERANCANGAN PROGRAM.
Pengenalan Perancangan
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Review Algoritma 1 Teks Algoritma terdiri dari tiga bagian :
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
Algoritma dan Struktur Data
Widya Cipta Dharma PEMROGRAMAN VISUAL Materi I
STRUKTUR DATA Materi 1.
Materi 2 PSEUDOCODE Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.
Sesi-3 Algoritma dan Pemrograman
Teknik Pemrograman Terstruktur
Algoritma Pemrograman II
Dasar Pemrograman Percabangan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Dasar Pemrograman Aksi Sekuensial Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Materi 1 Perancangan Program Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI

Agenda Langkah-langkah Pengembangan program Metode Perancangan Program Prosedural Vs Program Berorientasi Obyek Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Data Program

Kemampuan Akhir yang Diharapkan Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah pengembangan program Mahasiswa mampu menjelaskan perbedaan prosedural dan program berorientasi obyek

LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN PROGRAM MATERI BELAJAR LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN PROGRAM Definisi Masalah 1 Buat Program 5 Buat Solusi 2 Jalankan Program 6 Buat Algoritma 3 Dokumentasi & Perbaiki Program 7 Test Algoritma 4

Metode Perancangan Program MATERI BELAJAR Metode Perancangan Program Perancangan program berdasarkan prosedure atau fungsi Perancangan program berdasarkan event Perancangan program berdasarkan data

Procedural Vs Program Berorientesi Obyek MATERI BELAJAR Procedural Vs Program Berorientesi Obyek Procedural - Pengembangan Top Down - Perancangan Modular Program Berorientasi Obyek - Fokus pada apa yang bisa dilakukan suatu obyek - Setiap obyek mempunyai properties dan bertanggung jawab mengerjakan serangkaian tugas l

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Algoritma : Langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu Dalam istilah pemograman, diartikan sebagai sekumpulan langkah yang jelas, terurut untuk mengambarkan proses yang diperlukan untuk menghasilkan suatu output sesuai input yang diberikan.

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Algoritma harus : - jelas, tepat, dan tidak membingungkan - memberikan solusi pada setiap kasus - ada akhir

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Contoh Algoritma Menyalakan Kalkulator : Nyalakan kalkulator Bersihkan layar Ulangi perintah di bawah ini Masukan angka Tekan tanda tambah (+) Sampai semua harga dimasukan Tampilkan total harga Matikan kalkulator

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Pseudocode : cara menampilkan algoritma dengan bahasa English terstruktur Aturan penulisan pseudocode : Intruksi ditulis dalam bahasa English setiap instruksi ditulis dalam baris terpisah Kata kunci dan indent digunakan untuk struktur kontrol tertentu

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Setiap instruksi ditulis dari atas ke bawah dengan hanya satu entry dan satu exit Setiap kelompok intruksi dimasukan dalam satu modul dan diberi nama

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Contoh Algoritma : Hitung Luas Persegi Panjang Masukan Panjang Masukan Lebar Hitung Luas = Panjang * Lebar Tampilkan Luas End

Pengenalan Algoritma dan Pseudocode MATERI BELAJAR Pengenalan Algoritma dan Pseudocode Contoh Pseudocode : Hitung Luas Persegi Panjang Input Panjang Input Lebar Compute Luas = Panjang * Lebar Print “Luas Persegi Panjang” Print Luas End

Sekumpulan memori untuk menyimpan item data MATERI BELAJAR Data Program Variabel : Sekumpulan memori untuk menyimpan item data Constanta : Item data dimana nilainya tetap sama dalam program Literal : Item data yang sudah ditentukan nilainya

contoh : integer, real, character Data structure MATERI BELAJAR Data Program Tipe Data : Elementary Data Item contoh : integer, real, character Data structure contoh : array, record, file,string

MATERI BELAJAR Q & A