PENGOLAHAN WARNA CITRA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Putu Indah Ciptayani S.Kom
Advertisements

Color Image Processing
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Session 1 GUI (grafik user interface dan Pengenalan warna)
Mahmud Yunus, S.Kom., M.Pd., M.T.
Surface Rendering dan Warna
SIFAT OPTIK.
COLOR SPACE Achmad Basuki Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Warna cahaya Warna pigmen
Citra Berwarna.
PENGANTAR DESKTOP PUBLISHING
S1 Tekinik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Pengolahan Citra 2-Akuisisi Citra Dari berbagai sumber
Aplikasi Pengolahan Citra DETEKSI WARNA
Macam-macam Skema Warna
Representasi RGB pada Citra Digital
COLOR MANAGEMENT.
Pengolahan Citra Digital
PENGENALAN SPEKTROFOTOMETER
Teori Warna Grafik Komputer 2.
Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Indonusa Esa Unggul Topik 10 Teori Warna.
Grafika Warna Dewi Octaviani S.T, M.C.s.
W A R N A 4/14/2017.
Citra Abu-abu, Biner, Berwarna,
Light and Colour Caroline.M( ) Ribkah.S( )
Pengolahan Citra Berwarna
RENDERING (Warna & Pencahayaan)
Konsep dan Terminologi
IMAGE ENHANCEMENT (PERBAIKAN CITRA)
Pengolahan Citra Berwarna
Warna Tanah.
Nurul Hanifah R KDG-15.1.A Menu Pengertian Warna Spektrum Warna
WARNA.
Basic Design Principles
DASAR DESAIN GRAFIS.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
6th Meeting Color (Warna).
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Image Processing 1. Pendahuluan.
Pertemuan 3 : Persepsi Citra & Warna
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Warna Tanah.
BAB II. PEMBENTUKAN CITRA
Pengolahan Citra Digital
Maria Gorretie Endang Tri Astuti, S.Pd
Color Image Processing
Pertemuan 24 Matakuliah : R0054/Pengantar Perancangan Arsitektur
Transformasi dan Model Warna Citra Digital
Sketsa Ide/Image Store Pertemuan 22-24
Informatics Engineering Dept
COLOR MANAGEMENT.
PENILAIAN INDERAWI II.
Teori Warna Grafik Komputer 2.
SIFAT FISIK PRODUK PERTANIAN "WARNA"
Operasi Aritmatika dan Geometri pada citra
Informatics Engineering Dept
Nilai & Warna, Ruang, Gerakan
TINGKAT KEABUAN DAN WARNA CITRA
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Pengolahan Citra Digital
PENINGKATAN KUALITAS CITRA (Image Enhancement)
Pengolahan Citra Digital
KELOMPOK 9 perpaduan warna
Dosen Pengampu Mata Kuliah : Muhammad Fauzi. M.Ds
Pengertian Pixel Pixel :
Pengolahan Citra Digital. Pembentukan Citra Citra dibagi menjadi 2 macam : 1.Citra kontinyu : adalah citra yang dihasilkan dari sistem optik yang menerima.
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL (2) dan SISTEM PEREKAMAN CITRA
Bekerja dengan Warna.
PERSENTASE Dasar Desain Grafis Sekolah: SMK Telkom Makassar Program Keahlian : Teknologi Komunikasi Dan Informatika Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer.
Mengenal Warna. Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis merupakan bagian.
Transcript presentasi:

PENGOLAHAN WARNA CITRA ROSNY GONYDJAJA

Dasar Warna Warna yang diterima oleh mata dari sebuah objek ditentukan oleh warna sinar yang dipan- tulkan oleh objek tersebut. Objek berwarna hijau karena objek tersebut memantulkan sinar hijau dengan panjang gelombang 450-490 nanometer(nm). Warna sinar yang direspon oleh mata adalah sinar tampak (visible spectrum) dengan panjang gembang berkisar dari 400nm(biru) sampai 700nm(merah). gbr

Gambar 1. Spektrum cahaya Warna-warna yang diterima oleh mata oleh mata merupakan hasil kombinasi cahaya yang panjang gelombang berbeda. Penelitian menun- jukkan: kombinasi warna yang memberikan rentang warna yang paling lebar adalah Red(R), Green(G), dan Blue(B).

Ketiga warna tersebut dinamakan warna pokok (primaries), dan disingkat warna dasar RGB. Warna-warna lain dapat diperoleh dengan men- campurkan ketiga warna pokok tersebut dengan perbandingan tertentu (meskipun tidak sepenuh- nya benar, karena tidak semua kemungkinan warna dapat dihasilkan dengan kombinasi RGB saja), sesuai dengan teori Young [1802] yang menyatakan bahwa sembarang warna dapat dihasilkan dari percampuran warna-warna pokok C1, C2, dan C3 dengan persentase tertentu : C = a C1 + b C2 + c C3

Bila citra warna didigitasi, maka tiga buah filter digunakan untuk mengekstraksi intensitas warna merah, hijau, dan biru, dan bila ketiganya dikombinasikan akan diperoleh persepsi warna.

Warna primer vs Warna sekunder pada cahaya red (R), green (G), blue (B) perhatikan bahwa komponen RGB saja tidak bisa menghasilkan semua spektrum warna, kecuali jika panjang gelombangnya juga dapat bervariasi. Warna sekunder: magenta (R+B), cyan (G+B), yellow(R+G) Campuran 3 warna primer: putih

Warna primer vs Warna sekunder pada pigmen magenta, cyan, yellow Definisi: menyerap warna primer cahaya dan merefleksikan/mentransmisikan dua warna lainnya Warna sekunder: red, green, blue Campuran ketiga warna : hitam

Atribut Warna Selain RGB, warna juga dapat dimodelkan berdasarkan atribut warnanya. Setiap warna memiliki 3 buah atribut, yaitu intensity (I), hue (H), dan saturation (S). a. Intensity/brightness/luminance Atribut yang menyatakan banyaknya cahaya yang diterima oleh mata tanpa mempedulikan warna. Kisaran nilainya adalah antara gelap (hitam) dan terang (putih).

b. Hue Menyatakan warna sebenarnya, seperti merah, violet, dan kuning b. Hue Menyatakan warna sebenarnya, seperti merah, violet, dan kuning. Hue digunakan untuk membedakan warna- warna dan menentukan kemerahan (redness), kehijauan (greenness), dsb. dari cahaya. Hue berasosiasi dengan panjang gelombang cahaya, dan bila disebut warna merah, violet atau kuning, sebenarnya sedang menspesifikasikan hue-nya. c. Saturation Menyatakan tingkat kemurnian warna cahaya, yaitu mengindikasikan seberapa banyak warna putih diberi- kan pada warna. Sebagai contoh, warna merah adalah 100% warna jenuh (saturated color), sedangkan warna pink adalah warna merah dengan tingkat kejenuhan sangat rendah (karena ada warna putih di dalamnya). Jadi, jika hue menyatakan warna sebenarnya, maka saturation menyatakan seberapa dalam warna tersebut.

Dalam praktek, hue dikuantisasi dengan nilai dari 0 sampai 255; 0 menyatakan merah, lalu memutar nilai-nilai spektrum tersebut kembali lagi ke 0 untuk menyatakan merah lagi. Ini dapat dipandang sebagai sudut dari 0° sampai 360°. Jika suatu warna mempunyai saturation = 0, maka warna tersebut tanpa hue, yaitu dibuat dari warna putih saja. Jika saturation = 255, maka tidak ada warna putih yang ditambahkan pada warna tersebut. Saturation dapat digambarkan sebagai panjang garis dari titik pusat lingkaran ke titik warna. Intensity nilainya dari gelap sampai terang (dalam praktek, gelap = 0, terang = 255). Intensity dapat digambarkan sebagai garis vertikal yang menembus pusat lingkaran.

Ketiga atribut warna (I, H, dan S) digambarkan dalam model IHS (ada juga yang menyebutnya model HSV, dengan V = Value = I) yang diperlihatkan pada gambar 2.

Sistem Koordinat Warna CIE (Commission International de l’Eclairage) atau International Lighting Committee adalah lembaga yang membakukan warna pada tahun 1931. CIE mula-mula menstandarkan panjang gelombang warna-warna pokok sebagai berikut : R : 700 nm G : 546.1 nm B : 435.8 nm Warna-warna lain dapat dihasilkan dengan mengkombinasikan ketiga warna pokok tersebut. Model warna yang digunakan sebagai acuan dinamakan model RGB.

RGB bukan satu-satunya warna pokok yang dapat digunakan untuk menghasilkan kombinasi warna. Warna lain dapat juga digunakan sebagai warna pokok (misalnya C = Cyan, M = Magenta, dan Y = Yellow). Karena itu CIE mendefinisikan model warna dengan menggunakan warna-warna fiktif, yang dilambangkan dengan X, Y, dan Z. Model warna tersebut dinamakan model XYZ.

Kromatisitas (chromaticity of color) masing-masing warna pokok, menunjukkan persentase relatif suatu warna pokok di antara warna pokok lainnya pada warna yang diberi- kan, yang definisikan sebagai : Warna putih acuan dinyatakan dengan X = Y = Z = 1

Jumlah seluruh nilai kromatisitas warna adalah satu: x + y + z = 1 atau z = 1 – (x + y) hanya dua nilai x dan y yang dibutuhkan untuk menspesifikasikan kromatisitas warna, karena jika x dan y diketahui, z dapat dihitung. Warna lebih tepat dinyatakan dengan kromatisitas x dan y dan luminansi Y. Koordinat kromatisitas digunakan untuk menggambarkan diagram kromatisitas.

Model Warna Model Warna RGB Citra dalam RGB direpresentasikan oleh 3 bidang yang saling bergantungan, masing-masing bidang memiliki 1 warna primer. Penggunaan model RGB untuk pengolah citra diperlukan bila citra diekspresikan oleh 3 bidang warnanya. Model RGB dipakai pada LANDSAT (NASA) untuk memonitor permukaan bumi.

Model Warna CMY Warna cyan (C) , magenta (M), dan yellow (Y) adalah warna komplementer terhadap red, green, dan blue. Dua buah warna disebut komplementer jika dicampur dengan perban- dingan yang tepat menghasilkan warna putih. Misalnya, magenta jika dicampur dengan per- bandingan yang tepat dengan green menghasil- kan putih, karena itu magenta adalah komple- men dari dari green.

Model CMY dapat diperoleh dari model RGB dengan perhitungan berikut :

Model Warna YIQ Model ini dirancang dengan pertimbangan bahwa sistem penglihatan manusia memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap luminasi dibandingkan terhadap hue atau saturation. Model YIQ digunakan untuk siaran TV berwarna, karena transmisi signal dapat dilakukan lebih efisien dibandingkan dengan model RGB. Konversi dari RGB ke YIQ dilakukan dengan persamaan :

Model Warna HSI Model HSI cocok untuk mendeskripsikan warna berdasarkan interpretasi manusia. Pada model ini, informasi warna citra dijelaskan melalui komponen H(Hue), S(Saturation) dan I(Intensity). Model HSI dipakai untuk perancangan sistem otomatis untuk menentukan kesegaran buah& sayur. Komponen model RGB dikonversikan ke model HSI sebagai berikut :

- Sekian -