Analisis Model.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
PEMODELAN PROSES.
Unified Modelling Language (UML)
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
BY DR. HERI NUGRAHA. SE.MSi
Architecture dan design
Fase Analisa Sistem Menggambarkan kebutuhan sistem
Analisis Model.
Pertemuan 2 Konsep Aplikasi Berbasis Objek, UML dan Rational Rose
Desain Berorientasi Obyek dan UML
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Analisa dan Desain dalam Penelitian
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2 PJ : Nuraini Purwandari Copyright©2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas.
Model dan Pemodelan. Topik Bahasan 1. Definisi Model dan Pemodelan 2. Beberapa jenis model 3. Model pada Pengembangan Sistem.
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
UML (Unified Modelling Language)
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
UNIFIED MODELING LANGUAGE ( UML )
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
Object-Oriented Analysis (OOA)
Perancangan Sistem Dengan menggunakan UML
PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: UML (Unified Modeling Language)
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Rekayasa Perangkat Lunak
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
PEMODELAN SYSTEM BERORIENTASI OBYEK (UML)
Pengenalan Analisa Desain
Rekayasa Perangkat Lunak Dosen : Citra Noviyasari, S.Si, MT
Disusun Oleh: Defri Kurniawan, M.Kom Teknik Informatika UDINUS
Pengenalan UML.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 7
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Konsep & Perancangan Database
ADBO (Analisa Desain Berorientasi Obyek)
Use Case Diagram.
Pemodelan bisnis dan use case binis
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Analisa [Kebutuhan] Sistem
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Pemodelan & Pelaksanaan Kebutuhan
Use Case Diagram.
Analisis Model.
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Perancangan Berorientasi Objek
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Mata Praktikum Sistem Informasi Pertemuan-2
Entity Relationship Diagram
Kebutuhan dan Pemodelan Analisis
Entity Relationship Diagram
Pemodelan Sistem PL.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
Entity Relationship Diagram
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak
12. KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
Konsep Aplikasi Berbasis Objek
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Analisis Model

Apa, Siapa, Mengapa? Model analisis menggunakan kombinasi teks dan diagram untuk menggambarkan kebutuhan data, fungsi dan tingkah-laku untuk dapat dipahami dan untuk diuji (kebenarannya, kelengkapannya dan konsistensinya) Dikerjakan oleh seorang analist atau software engineer Untuk menvalidasi software requirement dari berbagai sudut pandang sehingga kesalahan dapat ditemukan segera

Sasaran Menggambarkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Membangun dasar bagi pembuatan desain perangkat lunak. Membatasi serangkaian persyaratan yang dapat divalidasi begitu perangkat lunak dibangun. Membantu Estimasi sumber daya.

Jenis pendekatan model analisis Structured analysis (Analisis terstruktur) Melibatkan data dan proses yang mengubah data. Ex: DFD, Object-oriented analysis (analisis berorientasi objek) Berfokus pada definisi dari class dan cara antar class berkolaborasi satu sama lain

Model-model analisis Scenario-based model :menggambarkan interaksi user dan sistem use case (UML), activity diagram(UML) Flow-oriented model: melihat dari sudut pandang input-process-output sistem. Proses juga berkaitan dengan perubahan kejadian/kondisi DFD (1, 2), State diagram (UML) Class-based model Class diagram(UML), CRC Modelling (tutorial)

Bagan Model Analisis Terstruktur

Penjelasan Bagan Data dictionary : Deskripsi dari semua obyek data ERD : Menggambarkan hubungan antar obyek data. DFD : Bagaimana data ditransformasikan pd sistem Fungsi yang mentransformasikan aliran data STD (State Transition Diagram): Bagaimana sistem bertingkah laku akibat kejadian eksternal DOD (Data Object Description) : deskripsi atribut untuk tiap obyek data PSpec (Process Spec.): deskripsi tiap proses pada DFD Control Spec. : Deskripsi tiap transisi pada DFD

Pemodelan Data - ERD Memungkinkan untuk identifikasi obyek data dan hubungannya dengan menggunakan notasi grafis Menetapkan semua data yang dimasukkan, disimpan, ditransformasikan dan diproduksi pada suatu aplikasi Hanya berfokus pada data

Komponen ERD Entitas (entity) Relasi (relationship) Atribut (attribute) Kardinalitas (kardinality) Modalitas (modality)

Entitas Definisi Contoh Sebuah obyek yang dapat dibedakan dari obyek lain Contoh Individu : pegawai, pelanggan, mahasiswa, distributor Tempat : kampus, kantor, lapangan Obyek : buku, motor, paket software Peristiwa : pendaftaran, pemesanan, penagihan Konsep : rekening, kualifikasi

Contoh ERD

D F D Sebuah teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input menjadi output

Notasi D F D Entity eksternal : prosedur atau konsumer inf. yang ada di luar bound sistem Proses : transfer informasi (fungsi) yang ada dalam bound sistem Obyek data, menunjukkan aliran data Penyimpanan data

Contoh DFD

UML (Unified Modeling Language) UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem software (http://www.omg.org).

Contoh pada transaksi perbankan Contoh pada transaksi perbankan. Disamping penarikan melalui ATM, ATM Customer, aktor juga bisa menanyakan jumlah rekening atau mentransfer dana antar dua rekening. Karena terdapat fungsi-fungsi yang berbeda yang diajukan oleh customer dengan hasil-hasil guna yang berbeda, fungsi-fungsi pertanyaan dan pentransferan harus dibuat sebagai use case yang terpisah, daripada menjadi bagian dari original use case. Oleh karena itu, customer dapat mengajukan tiga use case seperti yang dapat dilihat di Gambar. 3; Withdraw Funds (Penarikan dana), Query Account, dan Transfer Funds (Pentransferan Dana).

Contoh UML

CRC modelling Sekumpulan kartu indeks yang dibagi 3 bagian: class, responsibility (tanggung jawab), dan collaborator (pihak lain yang terkait) class koleksi dari objek-objek yang mirip responsibility adalah hal-hal yang dikerjakan dan yang diketahui oleh class collaborator class lain yang berinteraksi untuk memenuhi responsibility