Introduction to object

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Deklarasi Class Kelas pada Java dideklarasikan dengan menggunakan kata kunci class. Contoh : class Mobil { String warna; int thn_prod; } Mobil Data :
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Other OOP Basic Viska Mutiawani, M.Sc. Konsep penting Method overloading Encapsulation this keyword final static.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Package As’ad Djamalilleil
Object Oriented Programming
Abstract Class & Interface
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Inheritance (Pewarisan)
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
METHOD Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012.
CLASS Tipe data kelas didefinisikan dengan kata kunci (keyword) class, yang merupakan generalisasi dari pernyataan struct. Pernyataan struct secara umum.
Abstract Class.
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
OOP Java 06 Polymorphism.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma & Pemrograman 1
Try, Catch, Finally Throws
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
MEMBUAT KELAS SENDIRI Dewi Sartika, M.Kom.
Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Enkapsulasi.
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Access Modifier.
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
POLYMORPHISM (KEBANYAKRUPAAN)
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Constructor dan Overloading
Intro to OOP Yesi Novia, S.Kom.
Intro to OOP Yesi Novia, S.Kom.
MODIFIER JAVA.
MENGENAL KEYWORD this, static, final
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
CLASS Pertemuan 003.
Pertemuan 4 Object and Class.
Pemrograman Berorientasi Objek
KELAS & OBJEK SUSSI.
1.3 Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
BPJ – Pertemuan 13 OOP.
Objects in Java U Abd. Rohim, MT mailto:
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
Class, Object & Method Pertemuan ke-3.
PBO Lanjutan Kelas (Lanjutan).
MENGENAL KEYWORD this, static, final
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB IV – CLASS (2)
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Object Oriented Programming
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB III – CLASS (2)
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 3 Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 1 Class dan Objek.
Dasar-dasar Pemrograman Berbasis Obyek. kelas Kelas pada java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Pertemuan 4 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek (Lanjutan)
Pertemuan 2 Praktek Pembuatan Program Class dan Objek
Pertemuan 4 Object and Class.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
CLASS VS OBJECT INTRODUCTION OF CLASS. keyword class diikuti dengan nama class yang kita inginkan. Lebih baik digunakan kata yang diawali huruf.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Introduction to object

Object ?? Entitas / Benda → Nyata maupun Abstrak → Fisik maupun Konseptual

Object ?? Real-world objects share two characteristics: They all have state & behavior State: name, color, breed, hungry Behavior: barking, fetching, wagging tail

Object ?? "What possible states can this object be in?" & "What possible behavior can this object perform?". Apa Bedanya ??

Object ?? State → ATTRIBUTE Behavior → OPERASI / METHOD to Any Object Program State → ATTRIBUTE Behavior → OPERASI / METHOD Harus dpt memilih “State & Behavior “ yg cukup untuk merepresentasikan object muncul Identitas object

Object ?? Object didefinisikan : “sebuah benda (entity) yg memiliki batasan (boundary) dan identitas (identity) yang terdefinisi dengan jelas, yang membungkus (encapsulate) kondisi (state) dan perilaku (behavior)” Project Otak: Seri Buku Komunitas 2004

Object ?? Nilai State (Attribute) dapat diubah oleh Behavior (Method) State: → Warna: Kuning → Muka: Masam Senyum lah….. State: → Warna: Kuning → Muka: Senyum

Bagaimana membuat Object ?? Cetakan State & Behavior

Bagaimana membuat Object ?? CLASS class person { String Nama; String JenisKelamin; String Alamat; String Hobby; }

Bagaimana membuat Object ?? Kelas (cetakan) Instant (Object)

Bagaimana membuat Object ?? class person { String Nama; String JenisKelamin; String Alamat; String Hobby; } Person1.Nama = “Jamilah” Mengubah Nilai atribut “Nama” menjadi “Jamilah” Method: mengubah nilai Nama → Mengakses Atribut scr langsung

Bagaimana membuat Object ?? Menyediakan method class person{ String Nama, JenisKelamin, Alamat, Hobby; void setNama(String namaPerson){ Nama = namaPerson; } String bacaNama(){ return Nama;

Bagaimana membuat Object ??

class Kelas adala persepsi untuk objek tertentu. Hal yang harus masukkan : Atribut / field : Variabel untuk menyimpan data yang membedakan suatu obyek dengan obyek lain dalam kelas. Metode / Method : service / operator adalah prosedur / fungsi yang tergabung dalam objek bersama dengan atribut.

NAMA KELAS ATRIBUT METODE

Atribut merupakan variabel yang menggambarkan data yang memberi informasi mengenai kelas. Metode Merupakan fungsi atau prosedur yang digunakan untuk mengakses data dalam kelas dimana atribut dan metode berada.

Deklarasi Metode Type_return Nama_metode (arg1,arg2….) { perintah metode }

LUAS LINGKARAN Phi Jari Hitung Luas

class lingk { static final double phi = 3.14; // var kelas double r = 10; // var objek double hitungluas() // Metode return phi * r * r; }

class lingkaran { static final double phi = 3.14; // var kelas double r = 10; // var objek double hitungluas() // Metode return phi * r * r; } public static void main (string[] args) lingkaran lingk = new lingkaran(); system.out.println(“Luas lingkaran = ” + lingk.hitungluas());

static final double phi = 3.14; // var kelas class lingkaran { static final double phi = 3.14; // var kelas double r = 10; // var objek string warna = “merah”; // var objek double hitungluas() // Metode return phi * this.r * this.r; } public static void main (string[] args) lingkaran lingk = new lingkaran(); system.out.println(“Luas lingkaran = ” + lingk.hitungluas()); system.out.println(“Warna = ” + warna);