Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman JAVA (TIB09)
Pemrograman Berorientasi Objek
Nur Hayatin, S.ST Referensi : Gunadarma University.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Object Oriented Programming
Abstract Class & Interface
Pemrograman Berbasis Objek
Workshop SCS: Java Game Programming
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Inheritance (Pewarisan)
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Pemrograman Berorientasi Objek
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Class.
Pertemuan : Object Oriented Programming
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING YANES HARDIANTO SUI Politeknik Manufaktur Astra 2011.
KONSTRUKTOR & DESTRUKTOR
07 Advanced Class Features
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
By : Anggarda Dewantara Yosua Asta CKW Falya Kautsar Setyawan
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Pemrograman Visual I Outline: Method Method Void & fungsi
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Pemrograman Berorientasi Object
Outline: Pewarisan/Inheritance Polymorphism
Method & Constructor METHOD.
Constructor dan Overloading
Pemrograman Berorientasi Object
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
MODIFIER JAVA.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Constructor overloading
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Kelas.
QUIS Algoritma Pemrograman I
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Dasar-dasar Pemrograman Objek dg Java
STUDI KASUS.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Berorientasi Object
OOP ENKAPSULASI SMKN 2 SINGOSARI Kelas XI RPL.
Inisiasi Class dan Object
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman Berbasis Objek
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Pemrograman Berorientasi Objek
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut Object Oriented C# Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut Class, Access Spesifier, Encapsulation | 2016

Class Class merupakan penggambaran dari sebuah object atau benda,sifat objek, dan juga apa yang bisa dilakukan oleh objek tersebut. Diijinkan atau tidaknya kelas lain untuk mengakses anggota dari sebuah kelas bergantung pada access spesifier (hak akses) yang ditentukan dalam baris kode. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

//Contoh Deklarasi Class class nama_class { atribut /*deklarasi variabel */ metode /*deklarasi metode*/ } Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Methode Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object. Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dll. Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Atribut Atribut adalah suatu pengenal yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai. Nilai dalam variabel dapat berubah2 selama proses pada program masih berlangsung. Sebelum variabel digunakan, harus dideklarasikan terlebih dahulu, dengan format penulisan : Contoh: String kata; Int angka; Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Object Object adalah sebuah structure yang menggabungkan data dan prosedur untuk bekerja bersama-sama. Object merupakan suatu bentuk dari class. Contoh : Object dari class Hewan adalah Burung, Kambing, Ayam, Kuda. Mereka adalah contoh dari class Hewan. Semua dari mereka adalah Hewan  yang mempunyai Atribut : nama, kaki, Jenis makanan dst. Dan Methode bisa berlari, bersuara, berkembang biak dll. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Perbedaan Class dengan Objek Class: Manusia Attribute: Berat Badan, Tinggi Badan, Jenis Kelamin Method: Bernafas, Makan, Minum, Bekerja, Belajar, Tidur Object: Budi Attribute: 75 kg, 175 cm, Pria Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Access Spesifier public membuat member yang bersangkutan dapat diakses dari mana saja. private membuat member yang bersangkutan hanya dapat diakses dari dalam class itu sendiri. protected membuat member yang bersangkutan hanya dapat diakses dari class itu sendiri atau class lain yang merupakan turunan (inherits) dari class yang bersangkutan. internal membuat member yang bersangkutan hanya dapat diakses dari assembly yang sama, atau dengan kata lain, aplikasi yang sama. protected internal menggabungkan protected dan internal, yang berarti member yang bersangkutan hanya dapat diakses dari class itu sendiri atau dari class lain dari dalam assembly yang sama yang merupakan turunan dari class yang bersangkutan. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Hanya class di dalam class lain yang dapat dideklarasi seperti itu. Perlu diketahui bahwa class puncak yang langsung berada di bawah suatu namespace hanya dapat dideklarasi public atau internal. Mereka tidak dapat dideklarasi private, protected atau protected internal. Hanya class di dalam class lain yang dapat dideklarasi seperti itu. Perlu diketahui juga bahwa kata kunci static dan virtual bukanlah suatu access modifier. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Encaptulation Enkapsulasi adalah proses membungkus satu atau beberapa item ke dalam sebuah package fisik atau logic. Enkapsulasi diimplementasikan menggunakan akses spesifier. C# mendukung hak akses adalah Public, Private, Protected, Internal, dan Internal protected Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Konstruktor Kontruktor merupakan suatu method yang akan memberikan nilai awal pada saat suatu objek dibuat. Pada saat program dijalankan, konstructor akan langsung memberikan nilai awal pada saat perintah new, membuat suatu objek. Pada saat bekerja dengan konstruktor, hal mendasar yang perlu diperhatikan, yaitu: 1.    Nama Constructor sama dengan nama Class. 2.    Tidak ada return type yang diberikan kedalam Constructor Signature. 3.    Tidak ada return stetement, didalam tubuh constructor. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

//contoh konstruktor … public penjumlahan (param a, param b) { This.a = a; This.b = b; } Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Destructor Destruktor merupakan anggota fungsi special pada sebuah kelas yang akan dieksekusi ketika sebuah objek dari kelas keluar dari ruang lingkup (goes out of scope). Sebuah destructor memiliki nama yang sama persis dengan nama kelasnya dengan ditambahkan symbol (~). Destruktor sangat berguna untuk melepaskan sumber daya memori sebelum keluar dari program. Destruktor tidak dapat diwariskan atau di-Overload.. Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

Console.WriteLine("Mobil " + nama + " telah dihancurkan"); ntuk membuat suatu destructor, cukup membuat suatu method dengan nama yang sama dengan nama class diawali dengan tanda tilde (~). Sebagai contoh: ~Mobil() { Console.WriteLine("Mobil " + nama + " telah dihancurkan"); Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

//Contoh Konstruktor & Destructor class Program { public static void Main(string[] args) Konstruk kon = new Konstruk(); kon.Show(); Console.WriteLine(); Console.Write("Press any key to continue . . . "); Console.ReadKey(true); } Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

public Konstruk() // <<--- Construktor { class Konstruk { public int A,B; public Konstruk() // <<--- Construktor { Console.WriteLine(" =================================="); Console.WriteLine(" = Constructor ="); Console.WriteLine(); //inisialisasi A = B = 10; } Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

~Konstruk() // <<--- Destruktor { Console.WriteLine("Finalizing"); } public void Show() Console.WriteLine("Nilai A = {0}",A); Console.WriteLine("Nilai B = {0}",B); Console.WriteLine(); Console.WriteLine("Hasil Perkalian = {0}",A*B); Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut

To be continue… Firman Asharudin | Pemrograman Lanjut