STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Metode Pencarian Heuristik
Advertisements

BEST FIRST SEARCH Nama Kelompok : Marie Karunia Sari .S. ( )
Heuristic Search Dr. Kusrini, M.Kom.
Kecerdasan Buatan Pencarian Heuristik.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
SEARCH 2 Pertemuan ke Lima.
Metode Pencarian/Pelacakan
Hill Climbing.
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Teknik Pencarian.
Hill Climbing Best First Search A*
HEURISTIC SEARCH Presentation Part IV.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Metode Pencarian/Pelacakan
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Heuristic Search Best First Search.
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN dan PELACAKAN
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Informed (Heuristic) Search
Kecerdasan Buatan Materi 4 Pencarian Heuristik.
Disampaikan Oleh : Yusuf Nurrachman, ST, MMSI
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
Pencarian Heuristik.
TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Pert 4 METODE PENCARIAN.
Searching (Pencarian)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
Metode Pencarian dan Pelacakan
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Pendefinisian problema sebagai proses pencarian ruang keadaan
Heuristic Search (Part 2)
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
STRATEGI PELACAKAN PERTEMUAN MINGGU KE-3.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
TEKNIK PELACAKAN Jika suatu persoalan dapat diREPRESENTASIKAN oleh ruang keadaan, maka teknik pelacakan dapat dgn mudah dilakukan dlm ruang keadaan. Teknik.
Metode Pencarian/Pelacakan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Algoritma dan Struktur Data
Heuristic Search.
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
Heuristic Search Best First Search.
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4

HEURISTIC SEARCH Istilah yg berasal dari bahasa Yunani yg berarti “ menemukan / menyingkap “ Membantu mengurangi wilayah pelacakan yg bisa menimbulkan berbagai alternatif solusi shg dapat membimbing ke tujuan yg diinginkan.

HILL CLIMBING (MENDAKI BUKIT) Merupakan pelacakan depth first yg memanfaatkan heuristik u/ menentukan jarak yg terpendek atau biaya terendah menuju tujuan yg diinginkan. Pembangkitan keadaan berikutnya sangat tergantung pada feedback dari prosedur pengetesan

ALGORITMA HILL CLIMBING 1. Mulai dari keadaan awal, lakukan pengujian Jika merupakan tujuan berhenti, Jika tidak lanjutkan dengan keadaan sekarang sebagai keadaan awal 2. Kerjakan langkah berikut sampai solusi ditemukan atau sampai tidak ada operator baru yang akan diaplikasikan pada keadaan sekarang maka :

a. Cari operaqtor yang belum pernah digunakan , gunakan operator ini untuk mendapatkan keadaan yang baru b. Evaluasi keadaan baru tersebut : - Jika keadaan baru merupakan tujuan, keluar - Jika bukan tujuan , tapi nilai lebih rendah dari keadaan sekarang , maka jadikan keadaan baru tersebut menjadi keadan sekarang c. Jika keadaan baru tidak lebih baik daripada keadaan sekarang, maka lanjutkan iterasi

BEST FIRST SEARCH (PENCARIAN TERBAIK) Kombinasi dari breadth first dan depth first Pencarian diperbolehkan mengunjungi node yang ada di level yang lebih rendah, jika ternyata node yang lebih tinggi ternyata memiliki nilai heuristrk yang lebih buruk

IMPLEMENTASI BEST FIRST SEARCH Menggunakan graph Dibutuhkan 2 antrian yang berisi node-node yaitu : 1. OPEN Yang berisi node-node yang sudah dibangkitkan, sudah memiliki fungsi heuristik namun belum diuji, umumnya berupa antrian berprioritas yang berisi elemen-elemen dengan nilai heurisrik tertinggi 2. CLOSED Berisi node-node yang sudah diuji