Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Metode Pencarian Heuristik
Advertisements

Heuristic Search Dr. Kusrini, M.Kom.
Kecerdasan Buatan Pencarian Heuristik.
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Searching As’ad Djamalilleil
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
SEARCH 2 Pertemuan ke Lima.
Metode Pencarian/Pelacakan
Hill Climbing.
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Hill Climbing Best First Search A*
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
HEURISTIC SEARCH Presentation Part IV.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Pencarian (Searching)
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
Metode Pencarian & Pelacakan
Metode Pencarian/Pelacakan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN dan PELACAKAN
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Informed (Heuristic) Search
Penerapan BFS dan DFS pada Pencarian Solusi
Kecerdasan Buatan Materi 4 Pencarian Heuristik.
STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4.
Disampaikan Oleh : Yusuf Nurrachman, ST, MMSI
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
Pencarian Heuristik.
TEKNIK PENCARIAN HEURISTIK
Pert 4 METODE PENCARIAN.
Searching (Pencarian)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 3.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Metode Pencarian dan Pelacakan
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Teknik Pencarian (Searching)
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Search.
As’ad Djamalilleil Searching As’ad Djamalilleil
Artificial Intelegence/ P 3-4
TEKNIK PENCARIAN.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Metode Pencarian/Pelacakan
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Fakultas Ilmu Komputer
Informed (Heuristic) Search
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pertemuan 6 Metode Pencarian
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 4.
MASALAH, RUANG KEADAAN DAN PENCARIAN
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Transcript presentasi:

Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search Kecerdasan Buatan Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search

Heuristic Searching Heuristic Search : ”Suatu strategi untuk melakukan proses pencarian secara selektif dan dapat memandu proses pencarian yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, namun dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness)“ Heuristic Search yang akan dibahas : Generate and Test (Pembangkitan dan Pengujian) Hill Climbing (Pendakian Bukit) Simple Hill Climbing Steepest–Ascent Hill Climbing Best First Search

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Algoritma Stepest Ascent Hill Climbing : Mulai dari keadaan awal, lakukan pengujian Jika tujuan, berhenti Jika tidak, keadaan sekarang menjadi keadaan awal Lanjutkan, sampai solusi ditemukan Tentukan SUCC sbg nilai terbaik Kerjakan semua aturan untuk keadaan sekarang Gunakan aturan dan keadaan baru Evaluasi keadaan baru Jika tujuan, keluar Jika bukan, bandingkan nilai dgn SUCC jika baik, keadaan baru = SUCC jika tidak, SUCC tidak berubah Jika SUCC lebih baik dari nilai keadaan sekarang SUCC = keadaan sekarang

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Contoh : Implementasi Stepest Ascent Hill Climbing pada Puzzle-8 Aturan : Gerakkan kotak kosong ke atas Gerakkan kotak kosong ke bawah Gerakkan kotak kosong ke kanan Gerakkan kotak kosong ke kiri Terapkan Algoritma Stepest Ascent Hill Climbing ! Keadaan Awal Goal Ruang Keadaan y 1 2 3 4 5 7 8 6 1 2 3 4 5 6 7 8 1,1 1,2 1,3 2,1 2,2 2,3 3,1 3,2 3,3 x

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Iterasi ke – 1 : Keadaan sekarang = keadaan awal Cek keadaan awal ≠ Goal, Keadaan Sekarang 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 5 Aturan 1 Aturan 4 Aturan 2 Aturan 3 Keadaan Selanjutnya Keadaan Selanjutnya Keadaan Selanjutnya Tidak Dikerjakan 2 3 1 4 5 7 8 6 1 2 3 7 4 5 8 6 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 4 Posisi benar = 4 Posisi benar = 6

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Pilih posisi benar yang terbesar Keadaan Selanjutnya 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 6

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Iterasi ke – 2 : Keadaan sekarang = keadaan awal Cek keadaan awal ≠ Goal, Keadaan Sekarang 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 6 Aturan 1 Aturan 4 Aturan 2 Aturan 3 Keadaan Selanjutnya Keadaan Selanjutnya Keadaan Selanjutnya Keadaan Selanjutnya 1 3 4 2 5 7 8 6 1 2 3 4 8 5 7 6 1 2 3 4 5 7 8 6 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 5 Posisi benar = 5 Posisi benar = 7 Posisi benar = 5

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Pilih posisi benar yang terbesar Keadaan Selanjutnya 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 7

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Iterasi ke – 3 : Keadaan sekarang = keadaan awal Cek keadaan awal ≠ Goal, Keadaan Sekarang 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 7 Aturan 1 Aturan 4 Aturan 2 Aturan 3 Keadaan Selanjutnya Keadaan Selanjutnya Tidak Dikerjakan Keadaan Selanjutnya 1 2 4 5 3 7 8 6 1 2 3 4 5 6 7 8 1 2 3 4 5 7 8 6 Posisi benar = 6 Posisi benar = 8 Posisi benar = 6

Heuristic Searching : Stepest Ascent Hill Climbing Pilih posisi benar yang terbesar Keadaan Selanjutnya 1 2 3 4 5 6 7 8 Posisi benar = 8

Heuristic Searching : Best First Search Metode Best First Search : ”merupakan kombinasi dari DFS dan BFS, pencarian diperbolehkan mengunjungi node yang ada di level rendah asalkan node ini memiliki nilai heuristic yang lebih baik“ Algoritma Best First Search : Buat Stack, node akar = node pertama Jika node pertama ≠ Goal, node dihapus ganti dgn anak-anaknya Seluruh node yang ada di stack di-sort ascending Jika node ≠ Goal, ulangi langkah (2) Jika node = Goal, cari solusi dengan menelusuri jalur dari Goal ke Akar

A Z Heuristic Searching : Best First Search Contoh : Implementasi Best First Search pada penentuan rute terpendek Tentukan jalur yg harus dilalui agar cepat sampai tujuan ? A B C D E G J K H Z F I 4 5 3 2 8 6 1 7

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 1 : Masukkan node A ke Stack : Keluarkan A dari Stack : Ternyata A ≠ Goal A punya anak C(5) dan B(4), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan A B(4) C(5) A B C 4 5

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 2 : Keluarkan B dari Stack dan cek : Ternyata B ≠ Goal B punya anak D(3), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan C(5) D(3) C(5) A B C 4 5 D 3

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 3 : Keluarkan D dari Stack dan cek : Ternyata D ≠ Goal D punya anak E(4), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan C(5) E(4) C(5) A B C 4 5 D 3 E

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 4 : Keluarkan E dari Stack dan cek : Ternyata E ≠ Goal E punya anak G(6), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan C(5) C(5) G(6) A B C 4 5 D 3 E G 6

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 5 : Keluarkan C dari Stack dan cek : Ternyata C ≠ Goal C punya anak E(3) dan F(2), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan G(6) F(2) E(3) G(6) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 6 : Keluarkan F dari Stack dan cek : Ternyata F ≠ Goal F punya anak I(4), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan E(3) G(6) E(3) I(4) G(6) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 7 : Keluarkan E dari Stack dan cek : Ternyata E ≠ Goal E punya anak G(6), karena G(6) sudah ada di Stack, tidak ada yg dimasukkan Representasi Keadaan I(4) G(6) I(4) G(6) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I

A Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 8 : Keluarkan I dari Stack dan cek : Ternyata I ≠ Goal I tidak punya anak, gunakan untuk menghapus induknya Representasi Keadaan G(6) G(6) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I

A Z Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 9 : Keluarkan G dari Stack dan cek : Ternyata G ≠ Goal G punya anak H(2), J(4), Z(7) dan F(8), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan F(8) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I H J Z 8 7 Z(7) J(4) H(2)

A Z Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 10 : Keluarkan H dari Stack dan cek : Ternyata H ≠ Goal H punya anak Z(6), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan J(4) Z(7) F(8) J(4) Z(6) Z(7) F(8) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I H J Z 8 7

A Z Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 11 : Keluarkan J dari Stack dan cek : Ternyata J ≠ Goal J punya anak K(1), masukkan ke Stack dan Sort Ascending Representasi Keadaan Z(6) Z(7) F(8) K(1) Z(6) Z(7) F(8) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I H J Z 8 7 K 1

A Z Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 12 : Keluarkan K dari Stack dan cek : Ternyata K ≠ Goal K tidak punya anak, gunakan untuk menghapus induknya Representasi Keadaan Z(6) Z(7) F(8) Z(6) Z(7) F(8) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I H J Z 8 7 K 1

A Z Heuristic Searching : Best First Search Iterasi ke – 13 : Keluarkan Z dari Stack dan cek : Ternyata Z = Goal, Hentikan Pencarian Representasi Keadaan Z(7) F(8) A B C 4 5 D 3 E G 6 F 2 I H J Z 8 7 K 1

Heuristic Searching : Best First Search Solusi : Solusi ke-1 : A B D E G H Z = 25 Solusi ke-2 : A B D E G Z = 24 Solusi ke-3 : A C E G H Z = 22 Solusi ke-4 : A C E G Z = 21