JENIS-JENIS INPUT DEVICE

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
03 Peranti Masukan Dosen: Muniardi, S.Kom. Jenis-jenis peranti masukan
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
KOMPUTER HARDWARE.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
Pertemuan 9 Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras teknologi informasi
ALAT-ALAT INPUT.
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERANGKAT KERAS MASUKAN
Pengantar Teknologi Informasi
APLIKASI KOMPUTER PER - 3
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Multimedia
PENGANTAR SISTEM INFORMASI
H A R D W A R E K O M P U T E R.
1.Adia Cahyani Putri 2. Akmelvisa Dyah Herfiandini 3. Anisa Rahmawati 4. Ari Setyawati Purnaningrum 5. Ayub Pratama 6. Beta Priyoko 7. Deny Boy Ardianta.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
COMPUTER HADRWARE PERTEMUAN 3 : PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI AHMAD FARISI, S. KOM.
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
BAB VI ALAT INPUT.
BAB X MEDIA INPUT ALAT YANG DI GUNAKAN UNTUK MENERIMA INPUT. INPUT :
H A R D W A R E K O M P U T E R.
KELOMPOK 1. ANGGOTA KELOMPOK 1. Bambang Oktara Engla Ikhsandro Herizal Jordian Naro Pratama Radius.
PERANGKAT KOMPUTER & KEGUNAANNYA
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Hardware: Input and Output
PIRANTI INTERAKSI.
TEKNIK ANTARMUKA.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Interaksi Manusia & Komputer Komputer
DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Dasar Pemrosesan Komputer
BAB 3 PERANTI MASUKKAN.
Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
Komponen Sistem Komputer: Input Output Device
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Definisi hardware input
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Input & Output Devices Bab V.
Pertemuan 7 Hardware.
Pengantar Teknologi Informasi
PERTEMUAN 7 Pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen Pembina : Mahayadi, ST
INPUT dan OUTPUT INPUT(Masukan)
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
PERKEMBANGAN HARDWARE
PERKEMBANGAN HARDWARE
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

JENIS-JENIS INPUT DEVICE Keyboard ; memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Mouse; alat bantu inputan dari keyboard yang bekerja pada tampilan yang bersifat GUI (Graphical User Interfaces). Artinya, mouse hanya bisa digunakan bila tampilan bersifat grafis atau visual seperti penggunaan mouse pada windows.

Touch screen; piranti elektronika yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai output (penampil UI) dan sebagai input perintah.

Light pen; mengendalikan aplikasi dalam komputer dengan cara menempelkan ujung pena ke layar. Pointing stick; joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. Joystick; menggerakkan kursor di komputer seperti halnya mouse tetapi joystick digunakan sebagai controler game.

Touchtone; peralatan yang dapat menangkap informasi dan perintah dalam bentuk audio yang berasal dari tombol-tombol telepon. Barcode scanner; membaca data dalam bentuk bar code. Bar code adalah deretan garis tegak lurus dengan ketebalan bermacam-macam dan biasa melekat pada produk-produk di pasar swalayan atau pada buku-buku cetakan. Optical Character Reader; dapat membaca huruf, baik yang berasal dari sebuah pencetak (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan.

Pengenal tulisan tangan (handwariting recognizer); piranti yang berguna untuk mengenali tanda tangan seseorang. Mikrofon; diperlukan untuk menangkap suara dan kemudian memanipulasinya. Pengenal suara (voice recognizer); suara dapat diubah ke dalam teks atau dikenali sebagai suatu perintah untuk melakukan tindakan tertentu.

Magnetic ink character reader (MICR); piranti yang berfungsi untuk membaca informasi yang dicetak pada cek yang dibuat dengan tinta magnetik. Kartu magnetik; berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetik. Melalui pembaca kartu magnetik, data pada pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer. Pembaca kartu cerdas (smart card); kompponen komputer berukuran kecil yang dilengkapi chip dan mengandung prosesor, RAM, ROM serta sistem operasi dengan keamanan yang tinggi.Kartu ini bisa digunakan untuk menyimpan data pasien dan riwayat kesehatannya, data nasabah dan transaksi yang pernah dilakukan.

Pembaca sidik jari (finger print reader) ; piranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang. Hasil pembacaan berupa data atau gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang. Pembaca Retina Mata; membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata. Digitizer (graphics tablet); perangkat yang mengonversi gambar yang dibuat dengan tombol khusus atau pena pada suatu permukaan yang sensitif.

Kamera; piranti yang dapat mengubah sebuah citra optis ke isyarat elektonis. Sensor; piranti yang dapat menghimpun data dari lingkungan dan mengirimkannya ke sistem komputer Glove; biasa digunakan pada aplikasi “virtual reality”. Misalnya untuk melakukan simulasi penerbangan. Piranti ini dapat menangkap gerakan-gerakan tangan dan jari termasuk kecepatan dan kekuatan gerakan.

Headset; peralatan yang dipasang pada kepala untuk memantau gerakan kepala, Walker; dipasang pada kaki dan berfungsi untuk memonitor gerakan kaki.