PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OTOMASI PERPUSTAKAAN & MULTIMEDIA
Advertisements

OPERASI DASAR KOMPUTER
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PERANGKAT PADA KOMPUTER
WELCOME TO MYPRESENTATION
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
LANGKAH MUDAH MERAKIT KOMPUTER Oleh: La Ode Rabani (Departemen Ilmu Sejarah FIB Universitas Airlangga)
AUTOMASI PERPUSTAKAAN
PENGERTIAN The use of automatic machines or processing devices in libraries. The automation may be applied to library administrative activities, office.
PROGRAM STUDI PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Komputer untuk Pendidikan
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Perangkat Keras (Hardware)
Pengantar Hadware Komputer Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2013.
Perangkat Teknologi Forensik
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
| APLIKASI KOMPUTER |
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Sistem Operasi - Multimedia
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Perangkat Teknologi Forensik
PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN DATA KESEHATAN
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
SLiMS adalah Open Source Software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar.
Desain Sistem Informasi (Kebutuhan Hardware Dan Software
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMPUTER
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
PENGERTIAN The use of automatic machines or processing devices in libraries. The automation may be applied to library administrative activities, office.
KEGIATAN BELAJAR 1 SISTEM KOMPUTER IDIK 4010 Komputer dan Media Pembelajaran by maspupang.co.id.
Aplikasi Teknologi Informasi 1
Pengantar Hadware Komputer
Membangun Automasi Perpustakaan Sekolah dengan Software SLiMS Oleh Tarto
DAFTAR RIWAYAT HIDUP Nama : TARTO Tempat/Tgl. Lahir: Bantul, 8 Mei 1983 Jenis Kelamin : Laki- laki Kewarganegaraan : Indonesia Pekerjaan.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP Nama : TARTO Tempat/Tgl. Lahir: Bantul, 8 Mei 1983 Jenis Kelamin : Laki- laki Kewarganegaraan : Indonesia Pekerjaan.
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Mengkonfigurasi dan menguji peralatan yang telah dipasang untuk multimedia BASUKI ERYANTO KELOMPOK 3 KELAS N MULTIMEDIA.
Komponen E-Learning
Implementasi Otomasi Perpustakaan dengan Perangkat Lunak SLiMS
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Automasi Perpustakaan Vs Digital library
Henny Indriyawati, S.Kom
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMPUTER
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
Teknologi perangkat keras
TEKNOLOGI INFORMATIKA
PENGENALAN HARDWARE COMPUTER.
Komunikasi di Era Informasi
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 1 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
Pengolahan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
APLIKASI KOMPUTER PERTEMUAN KE 2 SAFITRI JAYA, S.Kom, M.T.I
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Literasi Digital NAZARUDDIN 10/05/2019DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH - LPPKS1.
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer
Pengenalan Perangkat Keras (Hardware) Pada Sistem Unit Komputer.
Transcript presentasi:

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH Nurma Harumiaty, A.Md., S.Kom 17 Mei 2016 Pengabdian Masyarakat: Dalam Rangka Dies Natalis Perpustakaan Universitas Airlangga

Biodata Nama: Nurma Harumiaty, A.Md., S.Kom. Pustakawan: Universitas Airlangga Bagian: Teknologi Informasi Email: harumiaty@staf.unair.ac.id No Hp: 0818222995 FB: nurma.harumiaty - Konsultan iSekolah (Otomasi Perpustakaan khusus Sekolah) - Narasumber Diklat Perpustakaan Sekolah Muhammadiyah Jatim , 2015. - Pustakawan Berprestasi Tingkat Universitas Airlangga, 2010, 2015 - Dosen Luar Biasa Fakultas Vokasi, D3 PSTP (Program Studi Teknisi Perpustakaan), 2014-2015.

Penerapan TI di Perpus Sekolah Mempercepat dan mempermudah pengguna memperoleh informasi/ Staf  mengelola bahan pustaka, administrasi, laporan Memotivasi siswa memanfaatkan perpustakaan Meningkatkan kualitas layanan/ citra sekolah Meningkatkan SDM staf perpustakaan

Mengapa Perpustakaan Sekolah perlu menerapkan Teknologi?

Kondisi Siswa sekarang Fasih teknologi aktif Visual Mudah Berkolaborasi/ Sosial Cepat bergerak/ Multitasking Cepat berpikir dan merespon Spontan

Pustakawan Sekolah Aktif berinovasi/ membuat program Open minded/ membuka wawasan Melek Informasi/ tidak gaptek Tidak mudah menyerah Berani Berbicara/ Menjadi instruktur (agen teknology)

Peranan Pustakawan Sekolah Mendukung penggunaan teknologi di sekolah dengan bekerja sama dengan Bagian teknologi informasi (TI) sekolah Melayani literasi informasi dan sebagai spesialis teknologi pendidikan Sebagai instruktur literasi informasi dan terintegrasi dengan kurikulum sekolah pustakawan sekolah memainkan peran penting dalam infansi teknologi pendidikan

Contoh Kelas Microsoft Office (MS Word. MS Office, ....) Pencarian Informasi (OPAC, eResources PNRI, ...) Plagiarisme Cara Sitasi Blog, email Google Drive, google scholar, dll

HARDWARE (PERANGKAT KERAS)

Hardware Personal Computer (pilih Multimedia) Keyboard CD/ DVD ROM Laptop/ Notebook Barcode scanner Printer Scanner Tablet Camera Digital Webcam Camcoders

KOMPUTER & MONITOR Komputer Multimedia Touch screen Audio (speaker/ headset) Monitor touchscreen CD/ DVD Drive Touch screen

Kegunaan Komputer Komputer Pencarian Koleksi/ OPAC Akses Internet (browsing) Mengetik tugas Membaca koleksi Audio Visual Membaca Koleksi eBooks Pembelajaran Interaktif - belajar membuat video - menggambar (anime) Main game edukatif dll

Manfaat Akses Internet Mempermudah Pencarian Referensi Menyediakan Fasilitas Multimedia Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan Memudahkan Komunikasi Membantu Pemahaman  Mendorong Penguasaan Bahasa Asing Mendorong Kreativitas Menyediakan Metoda Pengajaran yang Lebih Menarik Mendorong Kemandirian

Security Akses Internet NETWORKING Pasang Browser khusus anak2  ada parental control misal: - KidZui, - BuddyBrowser, -KIDZCD, - Kidoz, dll Aplikasi parental control: - K9 Web Protection - Spyrix Free Keylogger - Kidlogger, dll

Contoh Koleksi Audio Visual yang dibaca oleh komputer Multimedia CD interaktif: - CD Pembelajaran interaktif - Cd bahasa (TOEFL), Conversation, - CD Training Course, dll CD/ VCD / DVD Pengetahuan

Contoh pengadaan komputer minimal ideal PC Pengolahan + Sirkulasi  Petugas (1 unit) PC Pintu Masuk (1 unit) optional PC OPAC / multimedia siswa (2-5 unit) PC OPAC / multimedia  siswa (5-20) unit Server (1 unit+ UPS) optional Total =min 3 unit Total = min 6 unit

CONTOH SPESIFIKASI KOMPUTER Spesifikasi Rekomendasi Processor (CPU): Intel Core i5 Operating System: Microsoft Windows 8  Memory: 4 GB RAM Storage: 500 GB internal hard drive CD-ROM: DVD +/- RW Monitor/Display: 21.5 " LCD monitor

CONTOH PEMAKAIAN KOMPUTER DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Barcode Scanner Hardware Barcode scanner Pintu Masuk (1 unit) Barcode scanner membaca kartu anggota perpustakaan

Hardware Barcode Scanner Pengolahan + Sirkulasi  Petugas (1 unit) - Membaca identitas keanggotaan perpustakaan - Membaca identitas buku Pengolahan + Sirkulasi  Petugas (1 unit)

Barcode berdasarkan dimensinya Satu dimensi / 1D – linear barcode dua dimensi / 2D - matrix barcode

keuntungan menggunakan barcode – Proses Input Data lebih cepat, karena Barcode Scanner dapat membaca atau merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual – Proses Input Data lebih tepat, karena teknologi barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data – Penelusuran informasi data lebih akurat karena teknologi barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi – Mengurangi biaya, karena dapat menghindari kerugian dari kesalahan pencatatan data dan mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual dan berulang ulang – Peningkatan kinerja perpustakaan, karena dengan data yang lebih cepat, tepat dan akurat

Scanner dokumen Hardware - Digitalisasi koleksi - Scan sampul buku

Hardware lainnya OPTIONAL security gate Alat untuk mengaktifkan security barcode OPTIONAL security gate Printer untuk nota buku

Trends Hardware di Perpustakaan Luar Negeri RFID  Putar film contoh RFID

Hardware di Perpustakaan Luar Negeri Smartboard

Interactive monitor Touchscreen

Tablet Bikin kartu anggota

RFID Handheld Scanner  facilitates taking inventory, searching for misplaced materials, weeding books RFID Inventory Wand

 Book Scanning Kiosk scans materials directly to email, smartphones, tablets, USB drives, Google Docs, network folders, FTPs, fax machines, and printers.

Technology lainnya

SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK) & DIGITAL COLLECTION

PENERAPAN SOFTWARE DI PERPUSTAKAAN Otomasi perpustakaan  Sistem layanan (Catalog Online, sirkulasi, pengolahan koleksi, dll) Digital Collection koleksi digital (e-book, e-jurnal, e-artikel, dll) integrated library system (ILS)  library management system (LMS) SLIMS, iSekolah Sistem Informasi perpustakaan atau lebih dikenal dengan otomasi perpustakaan, Perpustakaan digital sebagai penerapan teknologi informasi yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan dan penyebarluasan media informasi dalam bentuk digital, fungsi kedua sistem diatas diatas dapat diintegrasikan ataupun dipisahkan Pemanfaatan Internet untuk mengakses informasi dari luar GDL, Eprints, Dspace

Cakupan dari Otomasi Perpustakaan katalog komputer (OPAC) Pengelolaan koleksi Katalogisasi Sirkulasi, reserve, inter-library loan Pengelolaan terbitan berkala Pengelolaan anggota Statistik (Laporan)

Cara memperoleh Software Otomasi Membangun sendiri Software Membeli Membangun sendiri dengan bantuan seorang developer perangkat lunak. Jika instansi Anda mempunyai tenaga programer maka langkah pertama ini bisa dilakukan karena dapat menghemat biaya membeli perangkat lunak otomasi. Menggunakan perangkat lunak gratis atau opensource, misalnya : CDS/ISIS, WinISIS, KOHA, Senayan, AtheneaumLight, openbiblio dsb. Perangkat lunak ini bisa didapatkan dari internet karena didistribusikan secara gratis kepada kalangan perpustakaan. Membeli perangkat lunak komersial beserta training dan supportnya yang dibangun oleh pihak ketiga Gratis/ Open Source (SLIMS, KOHA, Genlib)

Tahapan Perencanaan Apa yang akan diotomasikan? Bagaimana alur kerja / aturan main perpustakaan anda? Servis apa yang akan diberikan? Dengan apa menjalankan alur kerja & servis itu? (teknologinya?) Siapa yang mengerjakan?

Tahapan pelaksanaan

Biaya mungkin meliputi Biaya pembelian hardware + instalasi Biaya entri data Biaya labeling / barcoding Biaya Software? Biaya jaringan

Digital Collection eBooks, AudioBooks Multimedia resources Databases Electronic periodical collections Quality Internet sites

Klik eResources PNRI

Koleksi PNRI

Daftar Pustaka Promoting Children’s learning through technology literacy: challenges to school librarians in the 21st century. Education and Information Technologies. Springer. 2016. Technology and the School Library : A Comprehensive Guide for Media Specialists and Other Educators. Scarecrow Press. 2010. Baule, Steven M. Facilities Planning for School Library Media and Technology Centers. ABC-CLIO. 2007