CONNECTING COMPONENT Pertemuan 21-22 Matakuliah : M0126 - Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Lanjut Tahun : 2009 - 2010 CONNECTING COMPONENT Pertemuan 21-22
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menghubungkan komponen dari suatu sistem (C3)
Outline Materi Mahasiswa dapat menghubungkan komponen dari suatu sistem (C3) Mahasiswa membuat Sequence diagram dan menganalisa apakah sequence yang dibuat memiliki Low Coupling atau High Cohesion
Rumah Makan Sedap Malam (RMSM) RMSM mempunyai pelanggan yang cukup banyak dan setiap jam makan pasti penuh. Agar dapat melayani pelanggan dengan cepat, pemilik RMSM ingin mengubah sistem dari manual ke Komputerisasi. Gambar diatas adalah denah RMSM yang akan dibuat. Jumlah meja dapat ditambah pada saat RMSM telah menggunakan sistem baru. Berikut ini adalah sistem informasi yang dikehendaki oleh pemilik RMSM.
Setiap kali ada tamu datang, waitress mempersilahkan tamu duduk dikursi yang masih kosong dan waitress mencatat pesanan yang dipesan oleh tamu kedalam captain order (bentuknya seperti buku catatan yang dapat disobek), catatan pesanan tersebut dimasukkan kedalam salah satu komputer di captain station yang terdekat dengan meja tamu yang memesan. Jumlah captain station ada 4. Sebelum waitress dapat memasukkan pesanan pelanggan, waitress harus memasukkan nomor meja tamu kedalam captain station, ini disebut open table. Setelah memasukkan pesanan pelanggan, pesanan makanan akan dicetak pada printer yang ada di dapur sedangkan pesanan minuman akan dicetak pada printer yang terdapat pada Bar. Bila ada pelanggan akan menambah pesanan makanan maupun minuman, maka waitress akan menambahkan pesanan tersebut kedalam captain station, prosesnya sama dengan diatas. Pada layar kasir akan terlihat meja yang terisi tamu dan sekaligus jumlah rupiah dari pesanan yang dipesan tamu pada meja bersangkutan. Setiap kali waitress memasukkan menu tambahan maka jumlah rupiah pada layar kasir juga bertambah. Bila ada pelanggan yang akan membayar, maka kasir tersebut tinggal memasukkan nomor mejanya kemudian bon akan dicetak. Setelah dilakukan pembayaran, maka jumlah pembayarannya baru dimasukkan dan daftar meja yang ada di layar kasir hilang. Bila ada menu yang telah habis, maka koki (tukang masak) akan memberitahukan pada captain dan captain akan memasukkan data menu yang habis kedalam komputer. Gambarkan Use Case Diagram dari kasus diatas.
Pada layar kasir akan terlihat meja yang terisi tamu dan sekaligus jumlah rupiah dari pesanan yang dipesan tamu pada meja bersangkutan. Setiap kali waitress memasukkan menu tambahan maka jumlah rupiah pada layar kasir juga bertambah. Bila ada pelanggan yang akan membayar, maka kasir tersebut tinggal memasukkan nomor mejanya kemudian bon akan dicetak. Setelah dilakukan pembayaran, maka jumlah pembayarannya baru dimasukkan dan daftar meja yang ada di layar kasir hilang. Bila ada menu yang telah habis, maka koki (tukang masak) akan memberitahukan pada captain dan captain akan memasukkan data menu yang habis kedalam komputer. Gambarkan Use Case Diagram dari kasus diatas.