PriNciples That Guide Practice

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Advertisements

Pertemuan 4.
MODEL PROTOTYPE.
Proses-proses Perangkat Lunak
DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
DESAIN ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
Pengembangan PL Ahmat Adil.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK REQUIREMENTS ANALYSIS FUNDAMENTALS
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Konsep & Prinsip Analisis
Testing dan Implementasi Sistem
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
These slides are designed to accompany Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7/e (McGraw-Hill, 2009) Slides copyright 2009 by Roger Pressman.1.
PROSES Perangkat Lunak
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
Kriteria Rekayasa Perangkat Lunak (lanjutan)
TEKNIK TESTING DAN STRATEGI TESTING
Managing Software Requirement 1
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Pemodelan Analisis (Part 1) Pertemuan 5 Rekayasa Perangkat Lunak
SESI 3. KONSEP MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Spesifikasi Formal 9 By : Andi Latifa Nabone.
Pertemuan 11 PRINSIP DAN KONSEP ANALISA
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
PERENCANAAN AKTIVITAS PROYEK
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
Perspektif Pemangku Kepentingan
Spesifikasi Perangkat Lunak
Impact Analysis.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Dokumentasi & Pengelolaan Kebutuhan
Apakah “Praktek”? Praktek adalah sejumlah konsep, prinsip, metode dan tools that yang harus dimiliki ketika software direncanakan dan dikembangkan. Dia.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Implementasi Sistem Akuntansi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengumpulan Kebutuhan dan Dokumentasi
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
R.S. Pressman & Associates, Inc
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGINEERING Astrina DF ( ) Bagus Ilyas R ( )
Materi Rekayasa Perangkat Lunak
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-2
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Organisasi dan System Analyst
Analisa [Kebutuhan] Sistem
Model Waterfall dan Dokumen SKPL
SISTEM APPROACH KELOMPOK 5 AFRIZAL ALFIANDA C1B1O8O76 LINDY STEVANI C1B SARTIKA HANDAYANI C1B RENI BUDIARTI C1B DAVID D IRAWAN C1B1O8O20.
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
PRAKTEK RPL.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
KONSEP DAN PRINSIP ANALISIS
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Kelompok 3 | Rekayasa Sistem Informasi : Ahmad Rifai Eplin Mimi Susanti [ ] Fitriya Dewi Damayanti [ ] Ulfa Yuliana [ ] Kelompok.
Transcript presentasi:

PriNciples That Guide Practice 1 PriNciples That Guide Practice

2 5 Pertanyaan Sekilas: Apa itu Praktek RPL ? Siapa yang mengerjakannya? Pentingkah Praktek RPL ? Apa langkah2 nya? Produk apa yang dihasilkan?

3 Sekilas Apa itu praktek RPL? Praktek Rekayasa Perangkat lunak adalah ilmu yang luas dari prinsip- prinsip seperti keuangan, konsep, metode, dan alat-alat perangkat lunak yang harus pertimbangkan untuk merencanakan dan dikembangkan.

4 Sekilas Siapa yang mengerjakannya? Software Engineers dan Manajer, mereka melakukan berbagai tugas Merekayasa Perangkat Lunak.

5 Sekilas Pentingkah Praktek RPL? Praktek RPL untuk apa yang Anda lakukan hari demi hari yang berkembang dari ide untuk kehidupan yang nyata.

Sekilas 6 Apa langkah-langkahnya? Tiga unsur praktek yaitu: Prinsip-prinsip Konsep Metode.

7 Sekilas Produk apa yang dihasilkan? Praktek meliputi kegiatan teknis yang memproduksi produk yang dihasilkan yang disesuaikan dari Model Perangkat Lunak dengan proses yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Pengetahuan Software engineers 8 Pengetahuan Software engineers

9

10 prinsip umum yang mencakup proses rekayasa perangkat lunak dan praktek: Memberikan nilai kepada end user Tetap sederhana Mempertahankan visi (produk dan proyek) Mengakui bahwa orang lain mengkonsumsi (dan harus memahami) apa yang anda hasilkan Terbuka untuk masa depan Rencana ke depan untuk digunakan kembali Berpikir ulang!

Prinsip Adalah Suatu Proses 11 Prinsip Adalah Suatu Proses Jadilah Gesit (Agile) Fokus pada kualitas disetiap langkah Bersiap untuk beradaptasi Membangun team yang efektif Membangun mekanisme untuk berkomunikasi dan berkoordinasi Mengelola perubahan Menilai resiko Buat produk kerja yang memberikan nilai bagi orang lain

Prinsip Adalah Panduan latihan 12 Prinsip Adalah Panduan latihan Membagi dan memecahkan Memahami penggunaan abtraction Upayakan untuk konsistensi Fokus pada kiriman informasi Membangun sofware yang menunjukkan modularitas yang efektif Carilah pola Jika memungkinkan, mengartikan masalah dan solusinya dari sejumlah pendapat yang berbeda Ingat bahwa seseorang akan mempertahankan perangkat lunak

PRINSIP-prinsip Komunikasi 13 PRINSIP-prinsip Komunikasi Memperhatikan (Listen) Persiapan (Prepare) Seseorang harus memfasilitasi kegiatan tersebut Komunikasi Antar Muka yang Baik Mengambil Catatan dan Keputusan Dokumen Berusaha untuk kolaborasi dalam tim Tetap Fokus, Mengatur Diskusi Jika Sesuatu yang Belum Jelas, Tarik sebuah Gambar Negosiasi bukanlah suatu gugatan atau suatu lelucon

PRINSIP-prinsip Perencanaan 14 PRINSIP-prinsip Perencanaan Memahami Lingkup Proyek Melibatkan Para Pemilik Kepentingan Dalam Kegiatan Perencanaan Mengenali Perencanaan yang Berulang-ulang Memperkirakan Berdasarkan apa yang Anda Ketahui Mempertimbangkan Risiko ketika Anda Menentukan rencana. Jadilah Realistis Sesuaikan Rincian Anda Dalam Menentukan Rencana Tentukan Bagaimana Tujuan Anda untuk Memastikan Kualitas Jelaskan bagaimana Anda bertujuan untuk menyediakan perubahan Melacak sesering mungkin rencana dan membuat penyesuaian yang diperlukan

PRINSIP-prinsip model 15 PRINSIP-prinsip model Tujuan utama dari tim perangkat lunak adalah untuk membangun perangkat lunak, tidak menciptakan model. Hal yang cepat tidak akan menciptakan model yang lebih dari yang Anda butuhkan Berusaha untuk memberikan model sederhana yang akan menjelaskan masalah perangkat lunak. Membangun model dengan cara membuat mereka setuju terhadap perubahan. Dapat menyatakan tujuan yang jelas untuk masing-masing model yang dibuat Menyesuaikan model Anda mengembangkan sistem di tangan Cobalah untuk membangun model yang berguna, tapi lupakan tentang membangun model yang sempurna Jangan terlalu percaya model sintaks Jika naluri Anda memberitahu Anda suatu model yang tidak tepat meskipun tampaknya baik dalam konsepnya, Anda mungkin memiliki ke khawatiran Dapatkan masukkan secepat mungkin

Prinsip-prinsip Pemodelan 16 Prinsip-prinsip Pemodelan Masalah kebijakan informasi yang harus diwakili dan dipahami Fungsi yang harus didefinisikan dikerjakan oleh software Perlakuan perangkat lunak (sebagai konsekuensi dari peristiwa eksternal) harus diwakili Model yang menggambarkan informasi, fungsi, dan perilaku harus dipartisi dengan cara yang menjelaskan detail dalam mode tingkatan Tugas analisis harus bergerak dari informasi penting menuju detail implementasi

Prinsip-prinsip Model Desain 17 Prinsip-prinsip Model Desain Desain harus dapat diketahui syarat modelnya Selalu mempertimbangkan arsitektur dan sistem yang akan dibangun Desain data adalah sama pentingnya dengan desain fungsi pemrosesan Antarmuka (baik internal dan eksternal) harus dirancang dengan hati-hati Desain interface pengguna harus disetel untuk kebutuhan pengguna akhir Komponen level desain harus independen fungsional Komponen dengan bebas menggabungkan satu sama lain dan dengan lingkungan luar. Gambaran desain (model) harus mudah dimengerti Desain harus dikembangkan secara iteratif. dengan masing-masing perulangan, desainer harus berusaha untuk lebih menyederhanakan mungkin.

PRINSIP-PRINSIP PEMBANGUNAN 18 PRINSIP-PRINSIP PEMBANGUNAN Prinsip Coding Prinsip Persiapan Sebelum Melakukan Coding Prinsip Pemrograman ketika Anda mulai menulis kode Prinsip Validasi Setelah anda selesai membuat program Prinsip Pengujian untuk menemukan kesalahan program

19 PRINSIP DEPLOYMENT Ekspektasi customer pada perangkat lunak harus teratur Package lengkap yang diberikan harus telah digabungkan dan dites Sistem Bantuan harus ditetapkan sebelum software diberikan Instruksi material yang tepat harus diberikan kepada end user Software yang mempunyai bug harus diperbaiki dahulu,baru dikirimkan kemudian

Kesimpulan 20 Serangkaian prinsip dasar yang membantu dalam mengartikan penerapan proses perangkat lunak dan pelaksanaan metode rekayasa perangkat lunak yang efektif. Pada tingkat proses, prinsip dasar yang membentuk dasar pengetahuan yang mengarahkan tim engineer untuk dapat melalui proses perangkat lunak. Pada tingkat praktik, prinsip dasar yang membentuk nilai- nilai dan aturan yang berfungsi sebagai petunjuk dalam menganalisis masalah, merancang solusi, menerapkan dan menguji solusi tersebut dan akhirnya menyebarkan perangkat lunak ke lingkungan pengguna. Prinsip-prinsip komunikasi fokus pada kebutuhan untuk mengurangi kegagalan dan meningkatkan keberhasilan dengan melalui komunikasi antara developer dan customer. Prinsip-prinsip perencanaan memberikan panduan untuk membangun rencana yang baik untuk menyelesaikan sistem atau produk. Prinsip Pemodelan untuk memperkuat pemahaman atas pekerjaan yang akan dilakukan dan untuk memberikan panduan teknis kepada mereka yang akan menggunakan perangkat lunak tersebut. Prinsip Pembangunan bertujuan untuk membangun tahapan coding dan dilanjut dengan Pengujian source code. Prinsip coding menentukan tindakan yang harus dilakukan sebelum source code ditulis, ketika sedang dibuat, dan setelahnya. Prinsip Pengujian, salah satu prinsip yang mendominasi yaitu Pengujian terhadap proses program dengan tujuan untuk mencari kesalahan pada program. Prinsip deployment mencakup tiga proses, yaitu: delivery, support, dan feedback. Karena model proses perangkat lunak sekarang ini semakin berevolusi, maka proses deployment pun terjadi tidak hanya sekali, namun beberapa kali di setiap langkah dalam penyelesaian perangkat lunak.

Agar Project Apapun Bisa Berjalan Dengan Sukses Besar Kesimpulan Tambahan 21 Praktek software engineering meliputi prinsip-prinsip, konsep, metode, dan peralatan yang harus engineer terapkan ke seluruh software yang akan dibuat. Setiap projek rekayasa perangkat lunak memang berbeda. Namun, beberapa prinsip dasar berlaku untuk memproses untuk secara keseluruhan. Agar Project Apapun Bisa Berjalan Dengan Sukses Besar