Algoritma & Pemrograman A

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Struktur Kontrol SELECT…CASE
Advertisements

NAMA: MUSTIKO AJI NIM: Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) dibedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional.
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
Image, Animasi dan Multimedia di Delphi
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
MENU Materi 4 DOWNLOAD DI
Pemrograman VB.NET Pertemuan 9.
1. Secara garis besar pemrograman (terutama untuk aplikasi desktop) debedakan menjadi dua, yaitu pemrograman konvensional dan pemrograman visual. a. Jelaskan.
Fungsi Inttostr, strtoint, if- then dan if then else
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Kondisi Bahasa Pemrograman I Pertemuan: 3 Kondisi Edri Yunizal, S.Kom. / Fauzi MS, S.Kom.
Kondisional Inti dari sebuah program adalah bagaimana mengambil keputusan berdasarkan masukan yang ada Pengambilan keputusan dilakukan dengan eksekusi.
sebuah fungsi yang memanggil dirinya sendiri
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
Membuat Baris Menu.
PERTEMUAN II CONTROLS DAN SINTAK DASAR
Identitas dosen Suherman, ST Address: Cilegon Mobile : Ym: leeput Blog:
Nested If = if bersarang = if bertingkat Operator logika
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
MENU. MEMBUAT MENU Menu Designer memungkinkan untuk menambahkan sebuah menu kedalam Form, hanya menambahkan sebuah komponen menu kedalam Form, mebuka.
Pemrograman Visual VB.net 2008 dengan Database Microsoft Access 2010
Java Script Pengertian Javascript Aplikasi Javascript - Input Box
Pemrograman Basisdata
Pemrograman VB.NET Pertemuan 3.
Dikompilasi Oleh : Ary Bima Kurniawan ST., MT.
BAB II KOMPONEN-KOMPONEN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
PENCABANGAN.
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Latihan Form Login.
Dasar-Dasar Pemrograman
Louis Bertrand Secondra
Pemrograman Berorientasi Objek I
Praktikum visual basic
Ucu Nugraha, ST. Algoritma.
P e r t e m u a n 1 Membuat Workbook dengan Macro
PERTEMUAN X MDI FORM, FULL DOWN & POP UP MENU Dgn MENU EDITOR
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
Antrian Dengan Array Ika Menarianti.
Algoritma & Pemrograman 1
Tumpukan Dengan Array Ika Menarianti.
Pseudo-code.
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Menuliskan Algoritma Dengan Pseudocode
Algoritma dan Pemrograman 2A
Algoritma Percabangan
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Pemrograman Rekursif
Materi Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2A PJ : Darmadi 14 Mei 2010
Pemrograman Choice Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Latihan Pertemuan Operasi Seleksi
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Dasar Struktur Data Ika Menarianti.
Dasar-Dasar Pemrograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Identitas dosen Suherman, ST Address : Cilegon
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
ALGORITMA DAN PROGRAM Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
Pemrograman GUI dengan Java
Proses Percabangan IF Satu Pernyataan
Tim ALPRO Teknik Informatika
Pemilihan Dua Kasus, tiga kasus dan banyak kasus
Dasar-Dasar Pemrograman
Pengenalan Visual Basic
Transcript presentasi:

Algoritma & Pemrograman A Main Menu & Pop Menu D3 – Teknik Komputer Universitas Gunadarma

Topik Main Menu Pop Up Menu Timer Image

Main Menu Menu Program adalah suatu fasilitas untuk mengorganisasikan form – form yang ada pada project yang sama sehingga semua form yang dimiliki dapat ditampilkan sesuai dengan urutan dan kebutuhan sistem yang dibangun. Banyak cara yang digunakan untuk membuat menu program tergantung developer dan kebutuhan sistem yang dibutuhkan.

Main Menu Dengan menu utama membuat form program akan teroganisasi dengan rapi. Dan juga dapat mengelompokkan form aplikasi sesuai dengan kategori-kategori tertentu. Berikut contoh implementasi dalam penerapan di Delphi.

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu Desain : Main Menu Popup Menu Panel Label Image

Main Menu & Pop Up Menu Desain : Main Menu Popup Menu Panel Label Image Timer

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu Pada Main Menu File Berisi : Bilangan Genpa Ganjil & Bilangan Faktorial Main Menu Exit Panel 1 berisi “ I Can Change If You Right Click To Me ^ _ ^” Label1 berisi “Belajar MainMenu dan PopUp Menu” Image1 berisi gambar (free)

Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Menubar berasal dari MainMenu. Klik 2x MainMenu maka akan muncul tampilan, isi kan data tersebut.

Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi PopUp Menu pada Panel1 klik 2x PopUp Menu

Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Panel1 isi pada Caption:

Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Label1 di Caption

Main Menu & Pop Up Menu Untuk Mengisi Image, sebagai contoh Image Gunadarma

Main Menu & Pop Up Menu Cara untuk Label dapat warna-warni random dengan menggunakan perintah yang terdapat pada Timer. Contoh perintah: Label1.font.color := trunc(clAqua*random);

Main Menu & Pop Up Menu Bagaimana dengan klik kanan pada PopUp Menu ? Sebagai contoh: Ketika pada saat klik kanan memilik Ukuran -> 12. Maka Scriptnya : Panel1.font.size := 12; b. Ketika pada saat klik kanan memiliki warna -> kuning. Maka Scriptnya: Panel1.font.color := clYellow;

Main Menu & Pop Up Menu Untuk dapat membuka form Bilangan Ganjil Genap: Klik Pada menubar File -> Bilangan Ganjil Add Form (Form 2) Di saat ini maka fungsi .show dan .hide dibutuhkan pada form. Contoh Script: Form1.hide; Form2.show;

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu Logika pada Button Proses menunjukkan untuk mengetahui Bilangan Genap – Ganjil. Var a,b : Integer; begin a:=StrToInt(Edit1.Text); b := a mod 2; if (b = 0) then label3.Caption:= 'Bilangan ' + IntToStr(a) + ' adalah Bilangan Genap' else label3.Caption:= 'Bilangan ' + IntToStr(a) + ' adalah Bilangan Ganjil';

Main Menu & Pop Up Menu

Main Menu & Pop Up Menu Bagaimana Logika dan Script untuk Bilangan Faktorial??