Revolusi Internet Sejarah, Perkembangan, & Trend Teknologi 1
Konten Layout Sejarah Internet Teknologi Pada Internet Cloud Computing Penjelasan tentang orang-orang dan organisasi yang berperan dalam pengembangan teknologi Internet & WWW Teknologi Pada Internet Bermacam-macam teknologi & fasilitas yang membentuk dapat digunakan melalui internet Cloud Computing Pengenalan teknologi komputasi awan dan manfaatnya 2014 Internet Trends Internet of Things, Wearable Device, dll Diskusi Kelompok & Presentasi 2
TimeLine Internet Sejarah Internet Teknologi Pada Internet Sejarah Internet 3
TimeLine Internet (cont'd) Sejarah Internet 1961 : konsep packet switching pertama kali diterbitkan 1969 : ARPANET pertama kali mengirimkan data, awalnya jaringan digunakan untuk mengirim pesan dari lab University of California ke Stanford Research Institute (SRI) 1980 : Standar ETHERNET dikenalkan, dan sekarang banyak digunakan sebagai standar pengkabelan 1982 – 1983 : protokol untuk email (SMTP) dan sistem penamaan alamat (DNS), diperkenalkan 1986 : peresmian IETF untuk mengatur standarisasi komunikasi data 1991 : halaman web (world wide web) pertama kali di buat 1994 : Full text search engine mulai bermunculan 2000 : webblog, social media, dll mulai bermunculan Sejarah Internet 4
Apa itu Protocol? Teknologi pada Internet Pada komunikasi melalui internet, kita akan sering menemukan istilah “protocol”. Mudahnya protocol adalah aturan yang disepakati bersama agar satu program / server dapat memahami data yang dikirimkan oleh program / server lain. Misalkan kita mendapatkan data berikut: Data tersebut hanya dapat dipahami tanpa ambigu setelah ada kesepakatan (protocol), kolom pertama adalah nama mahasiswa, kolom kedua adalah nama orang tua, kolom ketiga adalah nama dosen wali. Steve McCarty Steve Jobs Steve Wozniack Teknologi pada Internet 5
Yang bisa digunakan dari (Inter)net Teknologi pada Internet HTTP: untuk mengakses halaman web (biasanya) melalui browser SMTP: untuk mengirim email antar satu server ke server yang lain. Sedangkan untuk mengirim email dari server ke client, biasanya menggunakan IMAP/POP3 FTP: untuk mengirimkan (upload) file ke server secara lebih mudah dan cepat Telnet: untuk mengendalikan mesin jarak jauh (remote) melalui jaringan SSH: pengembangan dari Telnet untuk melakukan remote server secara aman (terenkripsi) Teknologi pada Internet 6
Dan yang Paling Sering Kita Gunakan ... Teknologi pada Internet Di antara semua fasilitas tentu yang paling sering kita gunakan adalah WWW melalui protocol HTTP. WWW atau biasa disebut Web dibuat pada tahun 1991 oleh seorang fisikawan bernama Tim Berners-Lee. Awalnya web hanyalah kumpulan dokumen yang saling dikaitkan (linked) untuk mempermudah pencarian. Kini pengembangan web sudah mencapai tahap yang cukup ekstrim: Dari segi teknik, desain Web sudah menggunakan teknologi HTML5, CSS3 dan Javascript. Sedangkan dari segi ketersediaan informasi, web sudah mencapai era Web 3.0 Teknologi pada Internet 7
HTML 5, CSS 3, & Javascript are sexy Teknologi pada Internet Dibandingkan versi pendahulunya (HTML4 & XHTML1), HTML 5 memiliki sejumlah fitur baru yang menarik. Di antaranya: Menampilkan video & audio tanpa harus menggunakan bantuan Flash Membuat animasi interaktif menggunakan canvas Membuat gradasi & bayangan object tanpa bantuan gambar (CSS 3) Memanfaatkan file dan database lokal untuk menyimpan halaman secara offline Dukungan pada aplikasi mobile dengan memanfaatkan beberapa hardware Teknologi pada Internet 8
Audio & Video dalam HTML 5 Teknologi pada Internet Karena masih dalam percobaan, youtube memberi kita pilihan untuk mengaktifkan mode HTML5 atau Flash. Dengan menggunakan HTML5 kita tidak perlu lagi menginstall Flash Plugin pada browser. Teknologi pada Internet 9
Animasi Interaktif dengan Javascript Salah satu yang terkenal adalah animasi interaktif Ramayana buatan google di www.ramaya.na 10
Gradasi & Bayangan tanpa Gambar Teknologi pada Internet 11
Manipulasi Hardware pada Mobile App Teknologi pada Internet 12
Web 1.0 – 2.0 – 3.0 Teknologi pada Internet Perbedaan web 1.0 – 3.0 ada pada ketersediaan dan keakuratan informasi. Web 1.0 : bersifat statis, konten web hanya diisi oleh pembuat web itu sendiri dan pengunjung tidak dapat melakukan apapun selain melihat info. Web 2.0 : bersifat dinamis dan user-generated-content. Pengunjung yang membuat sendiri kontennya. Contoh: Blog, social media, forum, dll. Web 3.0 : bersifat dinamis dan personal. Web sudah cukup pintar untuk menetukan informasi yang lebih cocok untuk pengguna tertentu. Teknologi pada Internet 13
Contoh Web 1.0 Teknologi pada Internet Website Dinus.ac.id menggunakan web 1.0, hanya pembuat yang menyediakan konten. Bukan karena tidak bisa, tapi memang agar pengunjung tidak diperbolehkan menambahkan info untuk menjaga validitas data. Teknologi pada Internet 14
Contoh Web 2.0 Teknologi pada Internet Blogspot, kompasiana, wordpress memberikan pengguna untuk membuat artikelnya sendiri. Facebook, Twitter, Instagram mengijinkan penggunanya untuk saling berinteraksi melalui posting dan komentar. Teknologi pada Internet 15
Contoh Web 3.0 Teknologi pada Internet Google.com: memberikan rekomendasi pencarian sesuai dengan profil pencarian kita sebelumnya. Facebook.com: menampilkan timeline dari status orang yang mungkin lebih menarik bagi kita. News360.com: menampilkan topik dan model berita yang lebih sering kita baca. Teknologi pada Internet 16
Apa itu Cloud Computing? Cloud Computing Komputasi awan adalah metode komputasi yang bergantung pada internet. Pengguna tidak mengetahui infrastruktur pendukungnya dan cukup menggunakan layanan yang telah disediakan. Komputasi awan biasanya dikategorikan menjadi tiga: Software as a Service Platform as a Service Infrastructure as a Service Cloud Computing 17
Perbandingan SaaS, PaaS, IaaS Cloud Computing 18
Perbandingan SaaS, PaaS, IaaS (cont'd) Cloud Computing 19
Perbandingan SaaS, PaaS, IaaS (cont'd) Cloud Computing 20
Kalau ada Cloud, So What? Cloud Computing Seperti ditunjukkan pada slide sebelumnya, tanpa menggunakan cloud kita harus mengatur aplikasi dan server kita sendiri. Berkat cloud technology (terutama yang gratisan) kita bisa mulai bisnis online dengan modal minim. Contoh Dengan SaaS blogspot kita bisa membuat galeri online gratis. Dengan PaaS Google App Engine, kita bisa memulai web social media gratis. Dengan IaaS Amazon Web Service, kita bisa membuat plagiarism checker gratis. Cloud Computing 21
2014 Internet Trends Internet Trends The Internet of things: menghubungkan perkakas sehari-hari dengan internet Wearable devices: alat yang mudah dipakai dan terhubung dengan internet Augmented reality: menghubungkan dunia nyata dan dunia maya Big data and machine learning algorithms: mempelajari makna melalui data mHealth technologies: mengubah mobile phone menjadi teknologi yang menyarankan pola hidup sehat dan monitoring kesehatan E-learning: platform pembelajaran online yang menembus batas metode belajar tradisional Internet Trends 22
The Internet of Things Internet Trends Saat ini perkakas sehari-hari dapat terhubung dengan Internet, dan dikendalikan secara online. Dari mana saja, kita bisa mengendalikan apa saja sesuai keinginan kita. Internet Trends 23
Wearable Device Internet Trends Perangkat yang dapat dipakai dan terkoneksi ke internet untuk menghasilkan data/informasi yang terkait secara personal ke diri kita Internet Trends 24
Augmented Reality Internet Trends Menghubungkan dunia virtual dengan dunia nyata. Biasanya dibantu dengan perangkat kamera. Internet Trends 25
Big Data and Machine Learning Internet Trends Mengolah buaaannyyaak data untuk menghasilkan pengetahuan yang tersimpan di dalamnya. Pengetahuan yang dihasilkan dapat digunakan untuk rekomendasi, tujuan informasi yang lebih akurat, dan bahkan untuk melakukan sebuah aksi. Internet Trends 26
mHealth Technology Internet Trends Mengintegrasikan pelayanan kesehatan ke dalam perangkat mobile yang banyak dimiliki. Dapat berupa media diskusi personal, pengecekan kondisi tubuh (dengan sensor tambahan), atau bahkan early warning system untuk mengantisipasi penyakit tertentu. Internet Trends 27
Elearning Platform Internet Trends Banyak platform (dan beberapa gratis) yang tersedia di Internet. Ini memungkinkan kita belajar tanpa terikat dengan tempat dan waktu. Salah satunya tempat belajar yang gratis adalah: Internet Trends 28
Diskusi Kelompok & Presentasi Carilah 3 website yang memanfaatkan HTML 5 secara unik (tidak anda pikirkan sebelumnya). Selanjutnya explore website tersebut dan diskusikan. Buatlah 1 ide “gila” proyek aplikasi berbasis web atau internet untuk menunjang salah satu dari : Pendidikan, pariwisata, kebudayaan, bisnis, kesehatan, agama, dan lain sebagainya. 29