ANTARMUKA BERBASIS MENU

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TUTORIAL INTERNET. Apabila sudah masuk ke jendela windows seperti di atas, klik tombol ‘START’ di pojok kiri bawah seperti pada gambar.
Advertisements

BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
RAGAM DIALOG.
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Gambar 1.1 Mengenal Elemen Jendela Microsoft Word Setelah Word 2007 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1,
APLIKASI telepon genggam iSIKHNAS
Ragam Dialog Interaksi
Merancang User Interface
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
Pokok Bahasan Pertemuan 4: 1.Menampilkan layout data 2.Organisasi file data 1.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Menu dan Formulir.
1. Elemen pada Microsoft Excel
Menu, Form, dan Kotak Dialog Pertemuan 7
Pertemuan 3 Menu dan Formulir
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pertemuan <<3>> MENU, FORMULIR, DAN KOTAK DIALOG
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
komponen antarmuka pengguna
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interface Metaphors dan Model Konseptual
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Human Computer Interaction (3)
PEMILIHAN MENU DAN PENGISIAN FORMULIR
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia & Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Membuat Dokumen dengan Software Pengolah Angka
DIALOG.
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Perancangan Tampilan.
PERKEMBANGAN SISTEM BASIS DATA
MICROSOFT EXCEL HERY SUHARSO.
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
Atribut Tabel.
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia dan Komputer Antarmuka Berbasis Menu.
RAGAM DIALOG.
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
D. Bekerja Dengan Tabel.
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Membuat Tabel di Microsoft Word
Bab 4.
Ragam Dialog|pertemuan VI
Perancangan Tampilan.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
INFOBIDAN Registrasi & Pendaftaran
APLIKASI telepon genggam iSIKHNAS
Perancangan Tampilan.
Transcript presentasi:

ANTARMUKA BERBASIS MENU Rani Susanto, M.Kom

Menu  sekumpulan pilihan yang ditampilkan pada layar, setiap menu mewakili sebuah perintah. Pengguna memilih sebuah perintah dari sejumlah perintah yang disusun ke dalam sejumlah menu dan melihat pengaruhnya. Tujuan Menu  menciptakan organisasi menu yang pantas, mudah dipahami, mudah diingat dan tepat sesuai dengan tugas pengguna.

JENIS MENU Variasi Menu

Organisasi Menu Berbasis Tugas Single Menu Sequential Linear Menu Simultaneous Menus Hierarchical or Sequential Menu Connected Menu Menu Tunggal Menu Biner Menu Tunggal Banyak Pilihan Menu Datar Menu Tarik Menu berbasis Ikon dan Toolbar Menu dengan Pilihan yang Panjang Menu dan Hotlink tertanam Menu breadcumb Kombinasi Banyak Menu Menu Linear Menu Serempak Menu berstruktur Pohon Peta Situs Jaring Menu tak berputar dan berputar

ORGANISASI MENU BERBASIS TUGAS VARIASI MENU (STRUKTUR MENU) ORGANISASI MENU BERBASIS TUGAS

“Struktur menu mendefinisikan tingkat kendali pengguna dalam melaksanakan sebuah task (tugas).

Menu tunggal memungkinkan pengguna untuk memilih satu dari dua pilihan ataupun sejumlah pilihan

MENU BINER Hanya boleh memilih satu pilihan dari dua pilihan

MENU TUNGGAL DENGAN BANYAK PILIHAN

MENU DATAR Menu datar merupakan menu berbasis teks konvensional dengan semua menu yang tersedia ditampilkan pada layar. Contoh:

MENU TARIK (Pull Down Menu) Menu yang memiliki banyak pilihan, tapi karena keterbatasan ruang pilihan yang ada hanya terlihat pada saat menu utamanya di klik. Pertama kali di kenalkan oleh Xerox Star, Apple Lisa dan Apple Macintosh

MENU BERBASIS IKON DAN TOOLBAR Pada menu berbasis ikon dan toolbar, pilihan dinyatakan sebagai suatu ikon atau toolbar tertentu. Contoh:

MENU DENGAN PILIHAN YANG PANJANG Jika menu memiliki pemilihan yang panjang dan tidak mungkin ditampilkan seluruhnya. Biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kategori dan biasanya diimplementasikan dalam bentuk struktur pohon. Menu Gulung Kotak Kombo Menu Mata Ikan Penggeser Menu Dua Dimensi

Menu Gulung Sejumlah pilihan ditampilkan sesuai dengan ukuran daerah kerja tampilan yang dapat digunakan Diurutkan secara alfabetis

Kotak Kombo

Menu Mata Ikan Semua pilihan ditampilkan Hanya untuk pilihan yang letaknya jauh dari posisi kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran kecil sementara yang dekat dengan kursor akan ditampilkan dengan font/ikon berukuran normal

Penggeser Digunakan jika harus memilih suatu nilai yang terletak diantara dua batas

Menu Dua Dimensi Pilihan yang tersedia disusun menjadi sejumlah baris dan kolom seperti sebuah tabel Biasanya digunakan untuk perancangan situs Web Untuk mengurangi proses penggulungan layar karena jumlah menu yang banyak.

MENU DAN HOTLINK TERTANAM Menu tertanam adalah menu yang dapat ditambahkan sendiri oleh pengguna suatu aplikasi, misalnya Google Earth. Menu hotlink banyak dijumpai di situs Website yang tujuannya untuk membawa pengguna ke informasi tertentu.

MENU BREADCRUMB Untuk membantu pengguna menavigasi dirinya ke ruang informasi yang tersedia, seringkali digunakan menu breadcrumb

Pada sejumlah aplikasi, khususnya yang berbasis Web, biasanya dijumpai sejumlah ragam menu yang berbeda KOMBINASI BANYAK MENU

MENU LINEAR DAN MENU SEREMPAK Menu disusun secara linear sehingga membantu pengguna dalam mengambil keputusan secara bertahap Contoh : Saat pengguna membeli Pakaian, harus memilih dulu ukuran, warna dll

MENU BERSTRUKTUR POHON Menu disusun dan dikelompokan berdasarkan kriteria kriteria tertentu

PETA SITUS Digunakan untuk membantu pengguna mengetahui secara keseluruhan ruang informasi yang tersedia

CARA MENGORGANISIR PILIHAN Untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang dibangun. Berupa pengelompokan dan pengurutan pilihan yang tersedia CARA MENGORGANISIR PILIHAN

PENGELOMPOKAN BERBASIS TUGAS Satukan pilihan – pilihan yang secara logis serupa. Contoh : Kelompok Alamat Tingkat 1 : Nama Provinsi Tingkat 2 : Nama Kota Kelompokkan berdasar nilai tertentu. Contoh : Kelompok Umur 0 – 9 10 – 19 >20 Pastikan pilihan tidak saling tumpang tindih. Contoh : Penggunaan Kalimat “Hiburan” dan “Peristiwa” lebih membingungkan “Konser” dan “Olahraga” tidak membingungkan Gunakan istilah yang sederhana & pastikan antara pilihan harus berbeda. Contoh : Penggunaan istilah “Pagi” dan “Malam” diganti dengan istilah AM/PM

PENGURUTAN PENYAJIAN PILIHAN Dasar pengurutan : Waktu (urutan kronologis) Urutan Numerik (secara Ascending – Descending) Sifat Fisik (co/ Panjang, Luas, Volume dll) Dasar kemungkinan pengurutan : Pilihan paling penting diletakkan sebagai pilihan pertama Pilihan paling sering digunakan diletakkan sebagai pilihan pertama Kelompok dari sejumlah pilihan terkait (dipisahkan dengan baris kosong dll) Urutkan secara alfabetis