Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEDIA PENDIDIKAN.
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
SUMBER BELAJAR.
Selamat Datang pada sesi ini
BALAI DIKLAT KEAGAMAAN BANJARMASIN
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH/IPS
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
PERKEMBANGAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
PEMBERDAYAAN SOFTWARE COREL DRAW GRAPHIC (CDG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA Oleh Satya Santika
Paket 7 Metode dan Media dalam Pembelajaran PKn MI
Sederhana MEDIA PAU-PPAI-UT.
DRS. CIPTO BUDY HANDOYO,M.PD./uny/fbs/musik.  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA  82 % MATA  12 % TELINGA  6 % LAINNYA Kata para ahli berkaitan.
Paket 4 Pengembangan Materi Pembelajaran PKn MI
GUNTUR SUMILIH, M.App.Sc. Widyaiswara Matematika LPMP Jawa Timur
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA PEMBELAJARAN.
Media = Perantara/pengantar,
T EKNOLOGI, M EDIA, & B AHAN AJAR __untuk Pembelajaran bahasa Arab Wawasan JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan.
Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
GARIS BESAR ISI SILABI MEDIA PENDIDIKAN
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MEDIA PEMBELAJARAN.
MEDIA PEMBELAJARAN 1 2 Latar Belakang Pengertian Manfaat Jenis Media
Media Pembelajaran Matematika
Sederhana MEDIA PAU-PPAI-UT.
Produksi Konten Multimedia
BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
MEDIA AUDIO VISUAL PERTEMUAN 9 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
Irnin Agustina D.A.,M.Pd Universitas Indraprasta PGRI
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEP PENGENBANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Media Pembelajaran PLS
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Kelompok 6 Defi Desiana ( ) Nurul Hasanah ( ) Legiyem ( )
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pelatihan Multistudio Teknik Penyampaian Materi
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
Linda Fitri Andriyani ( K )
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
2. KEDUDUKAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN.
MEDIA PEMBELAJARAN Drs. YUSUF AFENDY, M.Pd.I.
Condong Cibeureum Kota Tasikmalaya
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
MEDIA PEMBELAJARAN.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
Assalamu’alaikum Wr.Wb Kelompok 6 : Nadia Trisnawati ( ) Risa Firda Atriani ( )
SUMBER BELAJAR.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
Dandan Irawani Lubis, S.Ag, M.Pd Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan Medan MEDIA Pembelajaran.
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT Heri Cahyono.
Transcript presentasi:

Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa Sri Harti Widyastuti Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa

Definisi Media Menurut Schramm : teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran . Menurut Briggs: sarana fisik untuk menyampaikan isi dan materi pembelajaran seperti buku, film, video dan sebagainya.

Keberhasilan Pembelajaran: Guru Murid Media pembelajaran Lingkungan sekolah Keberhasilan Pembelajaran: Kepala sekolah Metode pembelajaran Sarana prasarana Sumber belajar

Faktor Pembelajar Faktor Sistem Faktor Pengajar Pembelajar melihat relevansi bahasa sasaran Pembelajar berkemauan keras Pembelajar mempunyai harapan cerah Faktor Pembelajar Tujuan realistis Sarana & organisasi baik Kurikulum tepat-guna Intensitas pengajaran relatif tinggi Pengajar berkompetensi professional tinggi Pengajar menghargai pembelajar Faktor Sistem Faktor Pengajar Penentu Keberhasilan PBM Bahasa

Fungsi Media Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki peserta didik Membawa peserta didik merekonstruksi pemahaman terhadap obyek yang sangat sulit dijangkau dan dibawa kepada para siswa Memungkinkan terciptanya gambaran yang seolah-olah telah berlangsung interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya

Tingkat pemahaman materi pada Penggunaan media Aktivitas dengan Media Pengalaman 10 % Membaca 20 % Mendengarkan tuturan Mendengar 30 % Melihat gambar Melihat Melihat film Melihat suatu kebiasaan 50 % Melihat suatu demonstrasi Melihat dan mendengar Melihat kejadian di lokasi

Tingkat pemahaman materi pada Penggunaan media Aktivitas dengan Media Pengalaman 70 % Berpartisipasi/ikut serta dalam diskusi Memberikan pernyataan Memberikan pendapat/pernyataan 90 % Demonstrasi, simulasi, bermain peran Menyatakan dan melakukan Melakukan sesuatu

Jenis Media Audio: Cetak: Kaset CD Buku, modul, gambar, komik, karikatur, wall chart, flash chart

Jenis Media Audio Cetak CD Proyeksi visual diam Kaset audio yang dilengkapi bahan tulis CD Proyeksi visual diam OHP, slide, power point Proyeksi audia visual diam slide bersuara, power point dengan efek suara

Jenis Media Visual gerak Audiovisual gerak Obyek fisik film bisu tanpa efek suara Audiovisual gerak film, VCD, TV, movie maker Obyek fisik benda nyata, model

Manusia dan Lingkungan Guru dan lingkungan Komputer Pembelajaran berbantuan atau berbasis komputer

Kriteria Pemilihan Media Tujuan Ketepat-gunaan Keadaan Siswa Keterse-diaan

Fungsi Media Alat Permainan Menyingkirkan keseriusan yang menghambat. Menghilangkan stress dalam lingkungan belajar. Mengajak orang terlibat penuh. Meningkatkan proses belajar. Membangun kreativitas diri. Mencapai tujuan dengan ketidaksadaran. Meraih makna belajar melalui pengalaman. Memfokuskan siswa sebagai subyek belajar.

MULTIMEDIA Multimedia diartikan sebagai penggunan berbagai jenis media secara berurutan maupun simultan untuk menyajikan suatu informasi. Multimedia digunakan untuk mendeskripsikan pengunaan berbagai media secara terpadu dalam menyajikan atau mengajarkan topik mata pelajaran (Helzafah, 2004). Multimedia saat ini sinonim dengan format komputer-based yang mengkombinasikan teks, grafis, audio, bahkan video ke dalam satu penyajian digital tunggal dan koheren.

Pengklasifikasian Multimedia menurut Smaldino (2008) Multimedia Kits Merupakan kumpulan bahan-bahan yang berisi lebih dari satu jenis media yang diorganisasikan untuk satu topik. Contoh: OHT, CD-ROM, slides, audiotape, videotape, gambar diam, model, media cetak, lembar kerja, gambar, grafis, dan objek. 2. Hypermedia Merupakan media yang memiliki komposisi materi-materi yang tidak berurutan. Hypermedia mengacu pada komputer yang menggunakan unsur-unsusr teks, grafis, video, dan audio yang dihubungkan dengan cara informasi.

3. Media Interaktif Yaitu media yang meminta pelajaran mempraktikkan sesuatu keterampilan dan menerima balikan. Merupakan sistem penyajian pelajaran dengan visual, suara, dan materi video disajikan dengan kontrol komputer. 4. Virtual Reality Media yang melibatkan pengalaman multi sensori dan berinteraksi dengan fenomena sebagaimana yang ada di dunia nyata menggunakan media komputer. 5. Expert System merupakan paket software yang mengajarakn kepada pembelajar bagaimana memecahkan masalah yang kompleks dengan menerapkan kebijakan para ahli secara kolektif di lapangan.

LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN MEDIA Persiapan Sebelum Menggunakan Media a. Mempelajari petunjuk penggunaan media b. Mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan Pelaksanaan Penggunaan Media a. Menjaga suasana b. Menguasai KBM

Merupakan tahap penyajian apakah jutujuan pembelajaran telah tercapai. Evaluasi Merupakan tahap penyajian apakah jutujuan pembelajaran telah tercapai. Tindak Lanjut Guru dapat meminta pebelajar: diskusi tentang hasil tes, mempelajari referensi, membuat rangkuman, melakukan percobaan, observasi, dll

Komponen Multimedia. 1.Suara: microphone, video tape, audio cassete CD, video cassette, Midi instrument 2. Gambar (image) Tipe bitmap dan vektor Diperoleh dari scanner, camera, sofware antara lain corel draw, Adobe photoshop.

Komponen Multimedia. 3.Animasi Perubahan gambar satu ke gambar lain sehingga dapat membentuk suatu gerakan tertentu. Animasi menunjukkan sebuah seni dari gambar grafik yang menirukan gerakan dan juga penyamaan suara 4. Video Dapat diperoleh dari video camera analog, video camera digital.