Konsep Pemrograman 3 sbw@javagroup.co.id.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 2 Struktur Dasar.
Advertisements

DASAR-DASAR ALGORITMA
Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma - 2 PTIIK - UB.
TEORI ALGORITMA.
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Algorithma Pemrograman
ALGORITMA Algoritma urutan langkah-langkah yang logis utuk memecahkan masalah Kata algoritma diambil dari nama seorang ilmuwan Persia Abu Ja’far Mohammed.
1 Algoritma Bahasa Pemrograman dan Bab 1.1. Pengertian Algoritma.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Pengantar Algoritma.
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Sumber: Buku: “Pemrograman C++” karangan Budi Raharjo
Flowchart dan Pseudocode
2. Introduction to Algorithm and Programming
Perkembangan Bahasa.
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
Bab 2 – b PERINTAH 2 B Percabangan. PERCABANGAN Tidak setiap baris program akan dikerjakan Hanya yang memenuhi syarat (kondisi) Syarat terdiri dari operand-operand,
1 Flowchart Techniques Is: A graphical representation of the sequence of operations in an information system program The plan to be followed when the program.
Operasi Perulangan pada FORTRAN Pertemuan 6
DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN 1A
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
REPETITION CONTROL STRUCTURES
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Pemrograman
1 Diselesaikan Oleh KOMPUTER Langkah-langkah harus tersusun secara LOGIS dan Efisien agar dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan efisien. ALGORITMA.
Algoritma dan Struktur Data
Dasar Pemrograman.. Program  Program adalah sekumpulan langkah-langkah instruksi bertahap yang ditujukan untuk komputer agar melakukan pekerjaan yang.
Notasi Algoritma TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
Algoritma Pseudocode TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Flowchart
Mahasiswa diharapkan dapat:
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Flowchart (Diagram Alur)
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
07/11/2017 BARISAN DAN DERET KONSEP BARISAN DAN DERET 1.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Ucu Nugraha, ST. Algoritma.
Struktur Dasar Algoritma
Flowchart.
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #1
Struktur Dasar Algoritma
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Pseudo-code.
Struktur Dasar Algoritma
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
Pertemuan 1.
Seleksi.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Bab 2 Struktur Dasar.
Keterampilan komputer 1AB
Dasar-dasar Pemrograman
MASALAH dan SOLUSI ALGORITMA SOURCE CODE MASALAH HASIL EXECUTABLE CODE
PEMILIHAN (SELEKSI KONSIDI)
Algoritma dan Struktur Data
TEORI ALGORITMA.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma & Pemrograman 1 Achmad Fitro The Power of PowerPoint – thepopp.com Chapter 3.
Transcript presentasi:

Konsep Pemrograman 3 sbw@javagroup.co.id

Flowchart Mencetak perkalian dua dan perkalian empat sebuah bilangan

Flowchart Menampilkan sebuah kalimat yang dimasukkan kedalam sistem berulang kali sesuai dengan keinginan.

Flowchart Mencari akar bulat positif dari bilangan bulat (integer) positif a: Masukkan bilangan bulat positif a Berikan harga awal x sama dengan 1 Hitung y sebesar x * x Jika y sama dengan a maka cetak x sebagai akar dari a. Selesai Tambah nilai x dengan 1 Pergi ke langkah 3.

Flowchart Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Masukkan sebuah bilangan sembarang Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

Flowchart Penilaian ujian adalah sebagai berikut: A >= 90

Hitunglah semua bilangan genap antara 1 hingga 10.

NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Start A Langkah ke-1: Proses A B Langkah ke-2: Proses B SEQUENCE RUNUT C Langkah ke-3: Proses C D Langkah ke-4: Proses D Stop Pendahuluan

NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Start SELECTION PEMILIHAN A Ya B ATAU Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses D C D Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses D Stop Pendahuluan

NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Start SELECTION PEMILIHAN A Ya B D C Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses D Ke-4: Proses E E Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses E Stop Pendahuluan

NOTASI ALGORITMA (FLOWCHART) Start ITERATION PENGULANGAN A Ke-1: Proses A Ke-2: Proses B Ke-3: Proses C Ke-4: Proses B Ke-5: Proses C … Ke-n-1: Proses B Ke-n: Proses D C B Ya D Stop Pendahuluan

NOTASI ALGORITMA (PSEUDOCODE) Masukan input, read, get, key-in Keluaran print, write, display Pemberian nilai  Pemilihan if <kondisi benar> <proses> else endif if <kondisi benar> <proses> endif Pendahuluan

NOTASI ALGORITMA (PSEUDOCODE) for <kondisi benar> <proses> endfor PENGULANGAN while <kondisi benar> <proses> endwhile do <kondisi benar> <proses> while <kondisi benar> repeat <proses> until <kondisi benar> Pendahuluan

POTONGAN HARGA SUSU Toko Indo April memberi potongan harga susu 20%, maksimum 3 kaleng atau kotak. Berapa uang yang harus dibayar pembeli? Masukan ? Keluaran ? Jumlah yang dibeli Harga sekaleng Uang yang harus dibayar Jumlah, Harga Algoritma Bayar Flowchart Pseudodcode Pendahuluan

POTONGAN HARGA SUSU Potongan 20%, maksimum 3. Start A Read HRG, Print JML Print BYR JML  3 Ya Stop BYR= 3*HRG*0.8 + (JML-3)*HRG BYR= JML*HRG*0.8 A Pendahuluan

POTONGAN HARGA SUSU Potongan 20%, maksimum 3. PSEUDOCODE input harga, jumlah if jumlah <= 3 bayar  jumlah * harga * 0.8 else bayar  (3 * harga * 0.8) + (jumlah – 3) * harga endif print bayar Pendahuluan

MENGECAT DINDING Toko Indo April mau mengecat dinding kedua sisi, 12m2 perlu sekaleng cat. Berapa kaleng cat diperlukan? Masukan ? Keluaran ? Panjang dinding Tinggi dinding Jumlah kaleng cat Pj1, Tg1, Pj2, Tg2 Algoritma Kaleng Flowchart Pseudodcode Pendahuluan

Intro to C

In the computer world, the further a programming language is from the computer architecture, the higher the language's level. You can imagine that the lowest-level languages are machine languages that computers understand directly. The high-level programming languages, on the other hand, are closer to our human languages.

Bahasa Tingkat Tinggi Ada Modula-2 Pascal Cobol Fortran Basic

Bahasa Tingkat Menengah Java C++ C Forth Bahasa Tingkat Rendah Macro Assembler Assembler

Bahasa C adalah merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu diantara bahasa tinggat rendah dan tingkat tinggi yang biasa disebut dengan Bahasa Tingkat Tinggi dengan Perintah Assembly

SEJARAH BAHASA C Bahasa C dirancang oleh Dennis Mc Allistair Ritchie, AT&T Bell laboratories, 1972 Dirancang untuk mengembangkan piranti lunak sistem Kernel sistem operasi UNIX ditulis kembali dengan bahasa C, 1973 Publikasi melalui buku The C Programming Language, Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie, 1978 Operator

C have the following advantages: Readability: Programs are easy to read. Maintainability: Programs are easy to maintain. Portability: Programs are easy to port across different computer platforms.

Each high-level language needs a compiler or an interpreter to translate instructions written in the high-level programming language into a machine language that a computer can understand and execute. Different machines may need different compilers or interpreters for the same programming language.

A CPU has millions of transistors that make use of electronic switches A CPU has millions of transistors that make use of electronic switches. The electronic switches have only two states: off and on. (Symbolically, 0 and 1 are used to represent the two states.) Therefore, a computer can only understand instructions consisting of series of 0s and 1s. In other words, machine-readable instructions have to be in binary format.

However, a computer program written in a high-level language, such as C, Java, or Perl, is just a text file, consisting of English-like characters and words. We have to use some special programs, called compilers or interpreters, to translate such a program into a machine-readable code. That is, the text format of all instructions written in a high-level language has to be converted into the binary format. The code obtained after the translation is called binary code. Prior to the translation, a program in text format is called source code.