Pengantar Komputer Grafik

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Komputer di bidang seni
Kategori Desain Grafis
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tugas Besar Input & Transformasi
Gambaran Umum Pengenalan Komputer Dan Teknologi Informasi
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Sistem Multimedia.
KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK
Visualisasi INFORMASI
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
VISION.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER & OLAH CITRA
Pengenalan Grafika Komputer
Pembuatan Karakter Modelling dan Animasi 3D Menggunakan Blender Ipang Hadianto for further detail, please visit
Pengantar Grafika Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Computer Aided Design Gambar Listrik.
Memahami etimologi multimedia
pengolahan citra References:
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
Grafis berbasis Vektor dan Bitmap
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
GAMBARAN UMUM KOMPUTER
Viewing dan Clipping 2 Dimensi
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Pengantar Design Grafis
Gambaran Umum Pengenalan Komputer Dan Teknologi Informasi
Interaksi Manusia dan Komputer
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
DASAR DASAR MULTIMEDIA
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
Pengantar Ilmu Komputasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Memahami etimologi multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
CS3204 Pengolahan Citra - UAS
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
MOHAMMAD SHOLICHIN Alamat Rumah : Jln. Saxofon Perum griya Tunggul Asri No. 22 HP : :
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Transcript presentasi:

Pengantar Komputer Grafik

Bidang Ilmu Bidang ilmu yang berkaitan dengan citra : Pengolahan citra Computer vision Komputer grafik

Pengolahan Citra Bentuk pemrosesan dimana inputnya berupa gambar (contoh : foto atau video) dan output juga berupa gambar yang sudah diproses atau berupa kumpulan karakteristik atau parameter yang berkaitan dengan gambar tersebut

Computer Vision Berkaitan dengan ilmu atau teknologi tentang mesin yang dapat menggali informasi dari sebuah gambar untuk memecahkan suatu masalah.

Komputer Grafik Teknik rancang bangun obyek atau gambar dalam bentuk data digital yang berorientasi geometri

Bagian Dari Komputer Grafik Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Bidang Hiburan Animasi komputer untuk film Film animasi Visualisasi gerakan yang sulit dilakukan

Visualisasi Interaktif Pembelajaran interaktif Dalam bidang ilmu pengetahuan dan bisnis

CAD/CAM Software untuk merancang, menggambar, visualisasi dan analisis memperlihatkan beberapa gambar objek dari sudut pandang yang berbeda, seperti tampak depan, samping, atas dan perspektif

Seni Seniman menggunakan berbagai macam software grafis Corel Draw, Freehand, Illustrator

Game Salah satu elemen paling penting dalam game

Gambaran Umum Materi Gambar 2D dan algoritma untuk menghasilkan bentuk primitif Transformasi 2D Clipping 2D 3D viewing Clipping 3D Representasi objek 3D Illumination, shading dan raytracing

Buku Referensi Computer Graphics C Version oleh Donald Hearn Computer Graphics and Geometric Modelling oleh Max K. Agoston Computer Graphics for Java Programmers oleh Leen Ammeraal dan Kang Zhang Computer Graphic with OpenGL oleh Donald Hearn Computer Graphics using Java 2D and 3D oleh Hong Zhang dan Y. Daniel Liang