Transfer of control (pemindahan langkah)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
Advertisements

Dasar Pemrograman Komputer
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Pengambilan Keputusan
Macam Statement As’ad Djamalilleil
Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
Pemrograman JAVA (TIB09)
Dasar Pemrograman MODUL 07 PERULANGAN.
Struktur Kontrol.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Operator Logika dan Pernyataan If
III. STRUKTUR KONTROL.
Struktur Kendali dan Repetisi
Struktur Kendali Proses (Perulangan)
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Kontrol.
Operator Fungsi Logika Perulangan
Struktur kontrol.
Pengulangan.
Struktur Kendali Pengulangan Pertemuan 6 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
DECISION KONDISI / PEMILIHAN
Struktur Kontrol Keputusan
Bahasa Pemrograman IF CASE dan Perulangan
Algoritme dan Pemrograman
MODUL 3 PERULANGAN PERCABANGAN ARRAY
Dasar Pemrograman Pertemuan 10 Pengulangan dalam C
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
Struktur Kontrol #1 Keputusan
Statement Control (if dan switch)
PERNYATAAN DASAR DALAM C++
PERULANGAN (LOOPING) Harni Kusniyati.
Struktur Kontrol Keputusan
Ekspresi Kondisi dan Pernyataan Berkondisi
4. Pernyataan Dasar S. Indriani L, M.T 4. Pernyataan Dasar.
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
Struktur Kontrol.
Aliran Kendali (Flow Control)
Bifurcation & Lompatan Instruksi
PERNYATAAN DASAR DALAM C++.
S. Indriani Lestariningati, M.T
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Percabangan dan Perulangan.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
STATEMENT if Bentuk umum dari statement if if (kondisi) statement; atau if(kondisi) { statement1; statement2; }
Algoritma & Pemrograman 3
Pengantar Pemrograman
Bifurcation & Lompatan Instruksi
Pengulangan.
As’ad Djamalilleil Macam Statement As’ad Djamalilleil
Operator dan Operasi Input Output pada C++ Pertemuan 11
Pengantar Pemrograman
PENGULANGAN (Loop).
Selection (pemilihan)
Struktur Kontrol : Perulangan
Pemograman Terstruktur
Flow Control & Exception Handling
STRUKTUR KONTROL PENYELEKSIAN KONDISI LANJUTAN…….
Akademi Komunitas Negeri Lamongan
Pernyataan Kondisional, Perulangan dan Jump
PERULANGAN (LOOPING).
Perulangan Minggu ke-10.
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
Struktur Kontrol Pemilihan
STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DAN STRUKTUR KONTROL LOMPATAN
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
Transcript presentasi:

Transfer of control (pemindahan langkah) Unconditional (tanpa syarat) : goto label; . Label : pernyataan;

/* test goto.cpp contoh pemakaian perintah goto */ #include <iostream.h> #include <conio.h> void main() { cout << “test goto” << endl; goto selesai; cout << “Hey, saya kok dilewati” << endl; selesai: cout << “program selesai dijalankan” << endl; } Hasil program : test goto program selesai dijalankan

Conditional (dengan syarat) : if if - else if (bil%2 != 0) cout << “Bilangan gasal” << endl; Catatan tambahan : karena C++ selalu memperlakukan nilai tidak sama dengan nol sebagai benar, dan nilai sama dengan nol sebagai salah, maka pernyataan di atas dapat ditulis sebagai berikut : if (bil%2) cout << “Bilangan gasal” << endl;

Bentuk lain : if (kondisi) { pernyataan 1; pernyataan 2; . pernyataan n; }

Bentuk if - else if (kondisi) pernyataan 1; else pernyataan 2; Pernyataan 1 akan dijalankan apabila kondisi benar, Pernyataan 2 akan dijalankan apabila kondisi salah Pernyataan 1 maupun pernyataan 2 dapat saja berbentuk blok pernyataan  masing-masing blok diawali dengan { dan diakhiri dengan }

Beberapa ASCII number code : Character Number spasi 32 ! 33 “ 34 # 35 $ 36 % 38 & 39 0 – 9 48 – 57 A – Z a – z 65 – 91 97 – 122

Pengambilan Keputusan Dasar dari pengambilan Keputusan adalah : Ekspresi Boolean yaitu ekspresi yang menghasilkan nilai boolean yaitu nilai benar (true) atau salah (false). Operator Pembanding : operator yang digunakan untuk melakukan pembandingan dua buah nilai. Operator Arti Contoh == Kesamaan x == y != Ketidaksamaan x != y > Lebih dari x > y < Kurang dari x < y >= Lebih dari atau sama dengan x >= y <= Kurang dari atau sama dengan x <= y

Pengambilan Keputusan #include <iostream.h> void main(void) { int x = 27; int y = 35; cout << x << " > " << y << " = " << (x > y) << endl; cout << x << " < " << y << " = " << (x < y) << endl; char kar1 = 'a'; char kar2 = 'A'; cout << kar1 << " > " << kar2 << " = " << (kar1 > kar2) << endl; cout << kar1 << " < " << kar2 << " = " << (kar1 < kar2) << endl; cout << kar1 << " == " << kar2 << " = " << (kar1 == kar2) << endl; } Contoh Operator pembanding :

Pengambilan Keputusan Operator Logika : operator yang digunakan untuk membentuk suatu kondisi logika berdasarkan satu atau dua buah ekspresi pembanding. Operator Arti Contoh && dan ( x > 0) && (x < 10) || atau ( x > 0) || (x < 10) ! bukan ! ( x > 0)

Pengambilan Keputusan Operator Logika && (dan): hasil dari operator logika && adalah benar apabila Jika dan hanya jika kedua ekspresi pembanding bernilai benar. Cara penulisan: ekspresi1 && ekspresi2 Ekspresi 1 Ekspresi 2 hasil salah benar

Pengambilan Keputusan Operator Logika || (atau): hasil dari operator logika || adalah benar apabila Jika salah satu kspresi pembanding bernilai benar. Cara penulisan: ekspresi1 || ekspresi2 Ekspresi 1 Ekspresi 2 hasil salah benar

Pengambilan Keputusan Operator Logika ! (bukan): hasil dari operator logika ! adalah lawan/kebalikan dari nilai ekspresi pembanding. Cara penulisan: ! Ekspresi ; Ekspresi hasil salah benar

Pengambilan Keputusan Contoh Operator Logika: #include <iostream.h> void main(void) { char kar; cout << "Masukkan sebuah karakter: "; cin >> kar; cout << "Termasuk huruf kapital: " << (kar >= 'A' && kar <= 'Z') << endl; cout << "Termasuk huruf kecil: " << (kar >= 'a' && kar <= 'z') cout << "Termasuk digit: " << (kar >= '0' && kar <= '9') }

Pengambilan Keputusan Blok Pernyataan: Sekumpulan ekspresi yang berada dalam tanda kurung kurawal ({}). { ekspresi _1; ekspresi _2; ekspresi _3; ekspresi _4; ……….. ekspresi _n; }

Pengambilan Keputusan #include <iostream.h> void main(void) { int x = 45; cout << "Sebelum blok pernyataan: " << endl; cout << " x = " << x << endl; { // Blok pernyataan int y = 5; x = x + y; cout << "Di dalam blok pernyataan: " cout << " y = " << y << endl; } // Di sini y tidak dikenal cout << "Sesudah blok pernyataan: " Contoh blok pernyataan:

Pengambilan Keputusan Pernyataan if: pernyataan untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap dua kemungkinan kejadian. kondisi Blok pernyataan benar salah Bentuk sederhana pernyataan if If(ekspresi_kondisi) { // blok pernyataan yang dilakukan // kalau kondisi bernilai benar (true) }

Pengambilan Keputusan Contoh penggunaan If sederhana: #include <iostream.h> #include <string.h> void main(void) { double nilaiUjian; cout << "Masukkan nilai ujian: "; cin >> nilaiUjian; char hasil[12] = "Tidak Lulus"; if (nilaiUjian >= 60) strcpy(hasil, "Lulus"); cout << "Hasil: " << hasil << endl; }

Pengambilan Keputusan Bentuk pernyataan if - else If(ekspresi_kondisi) { // blok pernyataan yang dilakukan // kalau kondisi bernilai benar (true) } else { bernilai salah (false) } kondisi Blok pernyataan if benar salah else

Pengambilan Keputusan Contoh penggunaan If - else: #include <iostream.h> void main(void) { double nilaiUjian; cout << "Masukkan nilai ujian: "; cin >> nilaiUjian; if (nilaiUjian >= 60) cout << "Hasil: Lulus" << endl; } else { cout << "Hasil: Tidak Lulus"

Pengambilan Keputusan Bentuk pernyataan if – else bersarang (nested) Bentuk pernyataan if - else If(ekspresi_kondisi_1) { // blok pernyataan } else If(ekspresi_kondisi_2) } else If(ekspresi_kondisi_3) } else If(ekspresi_kondisi_4) }

Pengambilan Keputusan Contoh penggunaan If – else bersarang: Membuat program untuk menentukan Skor suatu matakuliah mahasiswa dari nilai angka Nilai Skor Nilai ≥ 95 A 85 ≤ nilai < 95 B 75 ≤ nilai < 85 C 55 ≤ nilai < 75 D Nilai ≤ 55 E

Pengambilan Keputusan #include <iostream.h> void main(void) { double nilaiUjian; char skor; cout << "Masukkan nilai ujian: "; cin >> nilaiUjian; if (nilaiUjian >= 90) skor = 'A'; else if (nilaiUjian >= 70) skor = 'B'; else if (nilaiUjian >= 60) skor = 'C'; else if (nilaiUjian >= 50) skor = 'D'; else skor = 'E'; cout << "Skor " << skor << endl; }

Pengambilan Keputusan Operator berkondisi ? ekspresi_kondisi ? nilai1 : nilai2; Contoh: maks = x > y ? x : y; kondisi salah benar nilai1 nilai2

Pengambilan Keputusan Contoh penggunaan Operator ?: #include <iostream.h> void main(void) { double x, y, maks; cout << "Masukkan sebuah bilangan: "; cin >> x; cout << "Masukkan lagi sebuah bilangan: "; cin >> y; maks = x > y ? x : y; cout << "Terbesar: " << maks << endl; }

Pengambilan Keputusan Operator switch: switch (ekspresi) { case nilai1: pernyataan_1; break; case nilai2: pernyataan_2; case nilai3: pernyataan_3; default : pernyataan_n } ekspresi pernyataan_1 pernyataan_2 pernyataan_3 pernyataan_.. pernyataan_n Nilai … Nilai2 Nilai3 Nilai1 Tdk ada Nilai yg cocok akhir switch switch

Contoh penggunaan switch: #include <iostream.h> void main(void) { int pilih; cout << "Pilihan:" << endl; cout << "1. Turki" << endl; cout << "2. Tunisia" << endl; cout << "3. Yunani" << endl; cout << endl; cout <<"Pilihan: "; cin >> pilih; switch (pilih) case 1: cout << "Pilihan ke Turki" << endl; break; case 2: cout << "Pilihan ke Tunisia" << endl; case 3: cout << "Pilihan ke Yunani" << endl; default: cout << "Pilihan Anda salah" << endl; }

Pengulangan while do …. while for Operator Pengulangan digunakan untuk melakukan hal yang dikerjakan berulang-ulang. Jenis operator pengulangan: while do …. while for

Pengulangan Operator Pengulangan : while Cara penulisan: while while (ekspresi_kondisi) { // blok pernyataan // yang dikerjakan berulang } kondisi Blok pernyataan while benar salah

Pengulangan Contoh penggunaan while: #include <iostream.h> void main(void) { int pencacah = 1; while (pencacah <= 5) cout << "Visual C++" << endl; pencacah++; }

Pengulangan Operator Pengulangan : do .. while Cara penulisan: // blok pernyataan // yang dikerjakan berulang } while (ekspresi_kondisi); kondisi Blok pernyataan do while benar salah

Pengulangan Contoh penggunaan do .. while: #include <iostream.h> void main(void) { int pencacah = 1; do cout << "Visual C++" << endl; pencacah++; } while (pencacah <= 5); }

Pengulangan Operator Pengulangan : for Cara penulisan: for (inisialisasi;ekspresi_kondisi;penaikan_penurunan) { // blok pernyataan // yang dikerjakan berulang } Inisialisasi : memberikan nilai awal pada variabel pengontrol Ekspresi_kondisi : untuk mengontrol pengulangan dilanjutkan atau dihentikan. Penaikan_penurunan : digunakan untuk menaikkan atau menurunkan nilai variabel pengontrol pengulanan

Pengulangan Contoh penggunaan for: #include <iostream.h> void main(void) { int tinggi; cout << "Tinggi segitiga: "; cin >> tinggi; int baris, kolom; for (baris = 1; baris <= tinggi; baris++) for (kolom = 1; kolom <= baris; kolom++) cout << '*'; cout << endl; } #include <iostream.h> void main(void) { for (int i = 1; i < 15; i += 2) cout << i << endl; }

Pengulangan Operator break; / continue; Break : digunakan untuk keluar dari blok pengulangan Continue : digunakan untuk mengarahkan eksekusi ke kondisi pernyataan for, while atau do…while sehingga kondisi dievaluasi lagi. Cara penggunaan: for (inisialisasi;ekspresi_kondisi;penaikan_penurunan) { if(…) break; // blok pernyataan // yang dikerjakan berulang } Melompat Ke pernyataan Sesudah blok for

Pengulangan Contoh penggunaan break: #include <iostream.h> void main(void) { for (int bil = 1; bil <= 10; bil++) cout << bil << endl; if (bil == 5) break; }

Pengulangan Contoh penggunaan continue: #include <iostream.h> void main(void) { int i = 0; while (i < 5) { if (i == 3){ i++; continue; } cout << i << endl;