Perkembangan Komputer STMIK-IM Chalifa Chazar chalifa.chazar@gmail.com
Sempoa (abascus) merupakan alat hitung sebelum komputer Definisi Awal Komuter Komputer berasal dari kata latin computare yang artinya menghitung Tujuan awalnya adalah membantu manusia dalam proses perhitungan yang bersifat matematis Sempoa (abascus) merupakan alat hitung sebelum komputer
Perkembangan Komputer Sejarah perkembangan komputer dibagi kedalam beberapa generasi Tiap generasi memiliki ciri khas masing-masing dan merupakan perbaikan dari generasi sebelumnya
Generasi Pertama (1941-1952) Tujuan utamanya adalah membantu proses perhitungan untuk tujuan perang (Perang Dunia 2) Perhitungan seperti, memecahkan kode rahasia (Collosus), mengendalikan pesawat terbang dan peluru kendali (Conrad Suze) John Presper Eckert dan John W. Mauchly menciptakan komputer bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) pada 1946 ENIAC digantikan dengan UNIVAC (Universal Automatic Computer) pada 1952
Komputer ENIAC Komputer UNIVAC
Spesifikasi Instruksi-instruksi yang ditulis dibuat secara khusus untuk fungsi/tugas tertentu (spesifik) Ukurannya sangat besar Boros energi listrik dan kecepatan komputasi rendah Kode mesin rumit dan sulit dipahami Belum ada sistem operasi dan bahasa pemograman
Generasi Kedua (1952/1956-1958) Teknologi transistor (1956), memberikan peranan penting terhadap ukuran komputer dan perfomasinya Relatif hemat energi dan relatif lebih cepat Terbatas untuk beberapa kalangan seperti perguruan tinggi, perusahaan dan pemerintahan Mulai ada bahasa pemograman (COBOL dan FORTRAN) Belum ada sistem operasi
Generasi Ketiga (1958-1970) Ditemukan IC (Integrated Circulator) IC mampu menekan panas yang dihasilkan Ukuran komputer makin kecil dan relatif tidak cepat panas Mulai diciptakan sistem operasi Sistem operasi pada generasi ketiga mampu menjalankan beberapa tugas Mampu melakukan monitoring terhadap memori yang digunakan
Generasi Keempat (1970-1980) Ukuran sirkuit dan komponen elektronik makin kecil dengan performansi lebih baik Biaya produksi rendah sehingga harga jual komputer makin murah mendorong penggunaan komputer untuk pribadi Sistem operasi makin berkembang Kemudahan interface pemakaian komputer dengan adanya tampilan GUI
Generasi Kelima (1980-Saat Ini) Implementasi kecerdasan buatan (AI) pada komputer (hardware dan software) Adanya pemrosesan suatu tugas secara parallel, yang melibatkan lebih dari 1 komputer (ratusan bahkan jutaan) dari berbagai tempat Superkonduktor yang lebih handal dan unit pemrosesan yang jauh lebih banyak Munculnya teknologi-teknologi seperti augmented reality (AR), smart city, speech recognition, face recognition, cloud computing, dll
Generasi keenam (Masa Depan) Memiliki kecerdasan menyerupai manusia (AI) dalam bentuk sistem operasi, aplikasi, perangkat keras dan embedded system Lebih canggih dibandingkan komputer-komputer masa sebelumnya Memiliki bentuk yang lebih beragam, baik dalam bentuk komputer server, komputer desktop, komputer jinjing, smartphone, dll Mampu melakukan proses prediksi masa depan dan sejumlah kecanggihan lainnya Teknologi yang berangkat dari sejumlah mimpi manusia akan komputer masa depan, yang bahkan saat ini belum terbayangkan
Definisi Komputer Masa Kini Menurut Carl Hamacher, komputer merupakan mesin elektronik untuk perhitungan cepat, yang mampu menerima inputan data digital, melakukan pemrosesan di memori, yang kemudian menghasilkan sebuah informasi Menurut Bryan Blissmer (1985), komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas-tugas seperti menerima inputan, memproses inputan, menyimpan perintah dan hasil pemrosesan, serta menghasilkan output berupa informasi Menurut Fuori, komputer merupakan alat pemrosesan data yang dapat melakukan perhitungan skala besar serta cepat tanpa adanya campur tangan manusia
Mobile Computing Keberadaan akses internet dan mobilitas manusia di zaman digital melahirkan trend pemanfaatan komputasi bergerak (mobile computing) Mobile computing adalah sebuah teknologi komputer, perangkat keras, perangkat lunak dan embedded system yang memungkinkan pengguna komputer untuk mengakses data dan informasi kapanpun dan dimanapun berbasiskan internet atau jaringan komputer lainnya Embedded system adalah sebuah sistem tertanam dalam komputer yang dibangun untuk memecahkan permasalahan yang spesifik dan tidak mudah berubah
Elemen-Elemen Mobile Computing Program Management IT Strategy Process Transformation Business Strategy Analytic and Business Intelligence Social Media Change Management Enterprise Achitecture
Unsur Utama Mobile Computing Mobile software Mencakup sejumlah perangkat lunak komputer berupa aplikasi dan sistem operasi khusus untuk mobile computing Mobile hardware Mencakup sejumlah perangkat keras komputer yang mendukung jalannya mobile computing Mobile communication Merupakan proses komunikasi yang terjadi pada mobile computing. Didalamnya mencakup sejumlah protokol jaringan, format data, dan teknologi terkait pengoperasian mobile computing
Batasan Mobile Computing Bandwith jaringan Standarisasi keamanan Konsumsi sumber daya energi Interferensi dengan sinyal/gelombang lainnya Interaksi dengan pengguna melalui interface aplikasi
Pengaruh Perkembangan Komputer Perkembangan Hadware Perkembangan Software Model Perkembangan Perangkat Lunak
THANK YOU Chalifa Chazar, S.T., M.T Email: chalifa.chazar@gmail.com edu.script.id Copyright @2015