TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Pertemuan Ke-1) PENDAHULUAN
Siklus Pengembangan PL Plan (Menyiapkan rencana) Do (Melaksanakan Rencana) Check (Memeriksa Hasil) Action (Mengambil tindakan yang penting)
Definisi Pengujian (1) Memantapkan kepercayaan bahwa program melakukan apa yang harus dikerjakan. Proses mengeksekusi suatu program atau sistem dengan tujuan mencari kesalahan. Mendeteksi kesalahan spesifikasi dan penyimpangan dari spesifikasi tersebut. Semua aktivitas yang ditujukan saat evaluasi suatu attribut atau kemampuan program atau sistem.
Definisi Pengujian (2) Pengukuran kualitas Perangkat lunak. Proses mengevaluasi suatu program atau sistem. Memverifikasi bahwa suatu sistem memenuhi requirement tertentu atau mengidentifikasikan perbedaan antara yang diharapkan dengan hasil yang ada Memberitahukan bahwa program melakukan suatu fungsi yang diharapkan secara benar (layak).
Definisi (IEEE – ANSI) Proses untuk mengoperasikan sistem atau komponen yang berada dalam kondisi tertentu, mengamati atau merekam hasil dan membuat evaluasi dari beberapa aspek sistem/komponen Proses menganalisis suatu komponen perangkat lunak untuk mendeteksi perbedaan antara kondisi yang ada dengan yang diharapkan (dikatakan kelemahan/kesalahan) dan untuk mengevaluasi keistimewaan tambahan dari komponen perangkat lunak.
Fokus Utama Pengujian Verifikasi adalah proses mengevaluasi suatu system/component untuk menentukan apakan suatu produk yang diselesaikan setelah fase pengembangan memenuhi kondisi seperti yang telah ditetapkan pada awal pengembangan perangkat lunak. Validasi adalah proses mengevaluasi suatu system/komponen pada akhir atau selama masa pengembangan untuk menentukan apakah produk yang dihasilkan telah memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu yang diminta.
Arti Pengujian (1) Seorang penguji berburu errors : Suatu pengujian yang baik adalah seseorang yang mempunyai probabilitas yang baik untuk mendeteksi error yang belum ditemukan. Pengujian yang sukses adalah pengujian yang mendeteksi error yang belum ditemukan Berfokus pada error yang terlihat/ada
Arti Pengujian (2) Seorang penguji adalah destructive tetapi kreatif Pengujian memerlukan imajinasi, ketekunan dan perasaan yang kuat untuk mencari secara sistematik kelemahan dan mendemonstrasikan kegagalan (failure) Seorang Penguji Mengejar errors bukan pelaku : Yang dicari adalah kesalahan dalam produk, bukan orang yang membuat kesalahan Developer harus mengerti bahwa penguji bukan melawan mereka tetapi membantu developer.
Sasaran Pengujian (Glen Myers) Pengujian adalah proses eksekusi suatu program dengan maksud menemukan kesalahan Test case yang baik adalah test case yang memiliki probabilitas tinggi untuk menemukan kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Pengujian yang sukses adalah pengujian yang mengungkap semua kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya.
Prinsip Pengujian .
Prinsip Pengujian (Alan Davis) Semua pengujian harus dapat ditelusuri sampai ke persyaratan user. Pengujian harus direncanakan sebelum proses pengujian itu dilakukan Prinsip Pareto berlaku untuk pengujian perangkat lunak, hal ini berdasarkan pengamatan W. E. Demming, yang menyatakan bahwa sedikitnya 90% kesalahan disebabkan masalah pemrosesan.
Prinsip Pengujian (Alan Davis) Pengujian harus mulai dari yang kecil dan berkembang ke pengujian yang besar Pengujian tidak dilakukan secara mendalam dan detail Untuk menjadi paling efektif, pengujian harus dilakukan oleh pihak ketiga yang independent
Ide : Apa itu Pengujian; Mengapa harus melakukan pengujian Minggu depan : Kegiatan Pengujian