Rekayasa Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak 1
Rekayasa Perangkat Lunak ( Software Engineering )
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Program Studi Manajemen informatika
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
C Diagram Aliran Data Program Studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan MI1042 – RPL | Genap : Hanya untuk kepentingan pengajaran di.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Methods for Software Engineering
SE2423 REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROSES Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Methods for Software Engineering CHAPTER 5 Software Project Planning Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
IKI Teknik Perangkat Lunak Introduction. 2 Perangkat Kuliah Pengasuh: Eko K. Boediardjo R. Indra Budi
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
Rekayasa Perangkat Lunak
Testing Dan Implementasi Sistem
INTRODUCTION MATEMEMATIKA DISKRIT
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rencana Pengembangan Perangkat Lunak (TIS 00)
Implementasi Sistem Akuntansi
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom
TESTING & IMPLEMENTASI SI
Issa Arwani, S.kom, M.sc. Vokasi UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG
Pengantar Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak
INTRODUCTION MATEMEMATIKA DISKRIT
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
KONSEP & DEFINISI KEBUTUHAN PL
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TESTING & IMPLEMENTASI SI
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Proses Rekayasa Kebutuhan
Rekayasa Sistem Multimedia An Introduction
Rekayasa Sistem Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Rekayasa Perangkat Lunak Blog : http://herunugroho.staff.telkomuniversity.ac.id Email : heru@tass.telkomuniversity.ac.id CP : 081394322043 Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan dan Prinsip Rekayasa Perangkat Lunak Heru Nugroho, S.Si., M.T dan Eka Widhi Yunarso, S.T., M.MT

Aturan Perkuliahan Perkuliahan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Presensi kehadiran wajib menggunakan RFID, dan mempergunakannya dengan penuh tanggung jawab. Tidak ada toleransi keterlambatan kehadiran diperkuliahan Perkuliahan Senin s/d Rabu mahasiswa wajib menggunakan Seragam, Kamis-Jumat pakaian yang sopan (atasan berkerah) dan bersepatu.

Aturan Perkuliahan Tindakan tidak jujur, mencontek, kerjasama dalam assessment, plagiarism, pemalsuan TTD untuk kehadiran atau titip RFID, tidak diperkenankan dalam perkuliahan RPL (sanksi maksimal adalah E) Selama perkuliahan berlangsung HAPE dan kawan-kawannya mohon disesuaikan. Boleh menggunakan notebook selama kuliah berlangsung jika diminta oleh dosen berinisial HRO

Komponen Penilaian

Kasus Bayangkan anda mempunyai sebidang tanah yang akan dibangun rumah. Bagaimana proses pembangunan rumah anda???? Jika anda memulai membangun dengan cepat ? (hanya dibantu oleh anak anda yang berumur 14 tahun)… Jika anda pergi ke sembarang pengembang… Jika Anda mempekerjakan seorang arsitek untuk mendesain dari awal… Apakah yang akan dihasilkan ????

Misconception

Kasus Bagaiamana dgn membangun perangkat lunak ? Software development biasanya akan melakukan hal yang sama ketika mendapatkan persoalan sederhana yang membutuhkan solusi komputasi : berfikir sejenak, menghadap komputer dan kemudian mulai mengetikkan baris demi baris code. Tidak ada kertas-kertas yang memuat perancangan aristektur dan algoritma secara rinci, karena semua rancangan itu ada di dalam kepala. Oleh karena itu kita memerlukan Rekayasa Perangkat Lunak

Latar Belakang Disiplin Rekayasa PL Rekayasa perangkat lunak muncul karena adanya krisis perangkat lunak seperti terungkap pada konferensi NATO di Garmisch-Partenkirchen tahun 1968: Perangkat lunak lebih banyak menyebabkan masalah daripada menyelesaikannya Peningkatan ukuran perangkat lunak dilakukan tanpa dibarengi dengan suatu pengorganisasian Perbaikan satu kesalahan mengakibatkan timbulnya kesalahan lainnya. Tidak ada kendali pemeliharaan.

Latar Belakang Disiplin Rekayasa PL Akibatnya timbul masalah-masalah yang berkaitan dengan perangkat lunak: [ZOR99]: Perangkat lunak sudah diselesaikan dan diserahkan (delivered) tetapi tidak pernah digunakan (47%). Pemakai (user) sudah membayar untuk perangkat lunak tetapi tidak pernah jadi dan diserahkan (29,7%). Perangkat lunak sudah digunakan tetapi kritis atau ditinggalkan (19%). Perangkat lunak digunakan setelah dilakukan modifikasi (3%). Perangkat lunak digunakan sebagaimana mestinya (2%).

Definisi Rekayasa PL Disiplin ilmu yg membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Perangkat Lunak yang dibuat harus mampu: Tepat waktu Tepat anggaran Meningkatkan kinerja Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar (Sesuai Proses Bisnis)

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=CJS-ZpUbI4Y

Tujuan Rekayasa PL Perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Dapat digunakan dan beroperasi dengan benar di lingkungan sebenarnya. Memberikan manfaat bagi pemakai yang menggunakannya. Biaya yang dikeluarkan untuk membuatnya rendah, dalam arti efektif dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Tepat waktu, baik saat pembuatan, penyerahan ke pemakai, maupun instalasinya. Setiap tahap pekerjaan terjamin kualitasnya, terdokumentasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (ada proses verifikasi dan validasi).

Kategori PL

Karakteristik PL Menurut Ian Sommerville [2], Perangkat Lunak mempunyai Karakteristik sebagai berikut: Maintanability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan Reliable / Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya Efisien, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan

Referensi [1] Roger Pressman, “Software Engineering A Practitioner’s Approach”, 6th Edition, Mc GrawHill. [2] Ian Somerville, “Software Engineering”, 5th & 6th Edition, Addison-Wesley. [3] Hira L. Zoro, “Introduction to Software Engineering”, International Seminar and Tutorial on Software Engineering for Real Time Systems, Institut Teknologi Bandung & Universite Thomson, Bandung, Maret 1999. [4] http://amethyst070188.files.wordpress.com/2010/09/rpl-1.ppt