Pengantar Arsitektur dan Organisasi Komputer Konfigurasi Perangkat Keras Komputer
Apakah komputer itu? Pertanyaan: Bagaimana suatu ‘program’ bisa dijalankan oleh komputer? Bagaimana ‘program’ secara internal disimpan dalam komputer? Bagaimana variabel disimpan secara internal? Bagaimana nilai disimpan secara internal? Bagaimana komputer mengimplementasikan operasi logika, artimatika dan relasional?
Tingkat abstraksi Konsep yang sangat penting Melokalisir masalah sehingga mudah dikelola Berpikir fokus pada level tertentu Contoh: Orang awam: komputer adalah alat bantu. Pengguna komputer terlatih: komputer bisa menjalankan berbagai program aplikasi. Programmer: komputer bisa ‘diperintah’ dengan berbagai bahasa pemrograman. Dst.
Posisi Arsitektur dan Organisasi Komputer
Sejarah Komputer Generasi komputer Sesuai dengan komponen (elektronik) dasar yang dipakai untuk menyusunnya Jenis komponen (elektronik) (sesuai waktu) Tabung hampa (vacuum tube, valve) Transistor IC (Integrated Circuit) SSI MSI LSI VLSI Semakin banyak komponen yang bisa diintegrasikan
Komputer generasi I Terbuat dari tabung hampa Diprogram dengan jumper kabel
Komputer Generasi II Menggunakan transistor Batch system
Komputer generasi III Berbasis IC Mulai ‘portable’
Komputer generasi IV Berbasis mikroprocessor Contoh: IBM PC : processor Intel 8086/8088 Apple : processor Motorola 68xx
IBM PC motherboard
Hukum Moore Jumlah transistor yang bisa diintegrasikan ke dalam satu ‘die’ meningkat dua kali lipat setiap 18 s/d 24 bulan.
Hukum Moore
Hukum Moore
Apakah komputer itu Komponen Prosesor Input Output Memori network
Komputer Beragam jenis: mobile, laptop, desktop, server Berbagai penggunaan:otomobil, engineering, finansial, ... Beragam pabrikan: HP, Dell, Intel, Motorola, ... Berbagai teknologi yang mendasarinya dan berbeda harga.
Ruang lingkup Arsitektur dan Organisasi Komputer Berkaitan dengan susunan/organisasi komponen fungsional penyusun komputer Arsitektur Komputer: Berkaitan dengan sistem komputer dan penampakan sumber daya dilihat oleh pengguna komputer.
Arsitektur Von Newman
Struktur komputer (level 1) Suatu device yang bisa berkomunikasi dengan dunia luar, memproses data dan menyimpannya output Input Komputer
Struktur komputer (level 2) mem I/O Komputer bus CPU
Struktur komputer (level 3) ALU mem I/O FPU bus CU bus Regs CPU
Struktur komputer (level 4) sequencer ALU Reg & decoder FPU bus CU Control Memory Regs