Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Advertisements

Rekayasa Perangkat Lunak 1
Created By : Siti arofah, s.soS
Perencanaan Perangkat Lunak
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
1 & 2.  Rekayasa = Engineering - pemakaian ‘science’ untuk menyelesaikan’masalah praktis’ - Dari tidak ada menjadi ada.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Konsep Teknologi Informasi
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Managing Software Requirement 1
SOFTWARE.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Teknologi Sistem Informasi C
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Spesifikasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANGKAT LUNAK Software.
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Pemeliharaan Perangkat Lunak
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)
Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : BERI PERIMA, S. Kom
SOFTWARE.
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
2 The Software Product.
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
Manajemen Proyek Pengantar Perencanaan Proyek Software
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ASWAR R. SISTEM OPERASI Pertemuan 1.
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
Perencanaan Perangkat Lunak
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
ANALISA & PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Perangkat lunaK
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pengenalan Perangkat lunaK
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Pengantar Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer) STMIK Kadiri 2016

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Enginer adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai tahap awal analisis kebutuhan pengguna, desain, koding/pemrograman, pengujian / testing sampai dengan perawatan/maintenance system yang sudah digunakan.

Literatur Roger R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Andi, Yogyakarta. Shalahuddin M – Rosa A.S, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula Bandung. 2011

Pengertian Software/Perangkat Lunak Perangkat lunak merupakan kumpulan dari berbagai item (program, prosedur, dan dokumen data yang saling terkait) yang merepresentasikan masalah di dunia nyata yang dikonfigurasikan dalam satu bentuk aplikasi yang harus dikerjakan komputer.

Produk Perangkat Lunak Perangkat lunak tidak sama dengan produk perangkat keras Produk perangkat lunak dikembangkan (developed) atau direkayasa (engineered) Tidak dipabrikkan seperti pabrik perangkat keras, misal komputer, mobil. Perangkat lunak secara pemakaian tidak pernah aus/usang layaknya suku cadang perangkat keras

Perangkat lunak sebagian besar dikembangkan/dibangun berdasarkan pemesanan dan juga dibuat secara paket   Bentuk produk perangkat lunak  Umum/generik  Dibuat untuk keperluan yang luas dan tidak berdasarkan pada permintaan pihak tertentu. Pesanan/custome/by tailor  Dibuat spesifik sesuai sistem yang dibutuhkan oleh pemesan

Karakteristik perangkat lunak yang baik: - Mempunyai daya guna yang tinggi (usability) - Mempunyai kinerja sesuai fungsi yang dibutuhkan pemakai - Mampu diandalkan (be reliable) - Mudah dirawat/diperbaiki (maintenability) - Lebih efisien - Mempunyai antarmuka yang menarik (eye cathcing user interface) - Mempunyai siklus hidup yang cukup lama (long life time)

Jenis-jenis Perangkat Lunak Perangkat lunak sistem Sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain Misal: sistem operasi, driver, kompilator, interpreter, utility, dll   Perangkat lunak waktu nyata (realtime) Perangkat lunak yang berfungsi untuk memonitor, menganalisis, mengontrol dan memberikan laporan tentang kejadian dunia nyata dan meresponnya dalam waktu kurang dari 1 menit.   Misal: pengontrol arus udara, pengontrol keasaman tabung reaksi (pressman punya), pengontrol reaksi nuklir,dll

Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan (scientific & engineering software)  Perangkat lunak yang menangani bidang teknik dan ilmu pengetahuan secara rinci Misal: simulasi, astronomi, vulkanologi, analisis otomatif, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, biologi molekuler, otomasi pabrik, dll   Embeded system Perangkat lunak yg ditempelkan/dilekatkan pada perangkat lainnya (lunak/keras). Misal: pada kamera digital, GPS, automobil, microwave, kulkas cerdas, dll

Perangkat lunak pengolah data (data processing) Perangkat lunak yang khusus digunakan untuk mengolah data dan menghasilkan suatu keputusan tertentu. Misal: billing telepon, pengolah statistik   Perangkat lunak sistem informasi (information system) Perangkat lunak yang mampu memberi informasi dari suatu sistem secara lebih detail.   Misal: web site, perpustakaan digital, dll 

Perangkat lunak sensor Perangkat lunak yang mampu mengukur dan mengatur suatu keadaan khusus, kadang digolongkan dalam embedded system juga. Misal: pengatur cuaca, pengatur suhu ruangan, dll   Perangkat lunak komunikasi (communication software) Perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan atau mengkomunikasikan suatu objek satu dengan lainnya. Misal: router, handphone, dll

Perangkat lunak kantor (offices) Perangkat lunak yang dirancang untuk membantu tugas-tugas perkantoran. Misal: word processing, spreedsheet processing, video conferences, dll Perangkat lunak pengolah grafis Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan perancangan grafis Misal: pembuatan film, pembuatan poster

Perangkat lunak kecerdasan Perangkat lunak yang menggunakan algoritma no-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung Misal: sistem pakar, pembuktian teorema, game strategi, jaringan saraf tiruan, dll

Evolusi Perangkat Lunak (1) Perangkat lunak telah semakin berkembang sejak pertama kali diciptakan tahun 1945 Fokus utama pembuatannya Untuk mengembangkan praktik dan teknologi dalam meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang PL dan kualitas aplikasi yg dapat digunakan oleh pemakai Evolusi dipicu adanya tuntutan bisnis dan lingkungan kerja yang berkembang sangat dinamis

Evolusi Perangkat Lunak (2) Era I (1945 – 1960): - Munculnya teknologi perangkat keras di tahap awal - Penggunaan perangkat lunak yg berorientasi batch - Distribusi perangkat lunak masih terbatas - Didominasi perangkat lunak model custome - Munculnya istilah software engineering (akhir 1950- an/awal 1960-an) - Belum didefinisikan secara jelas tentang aspek software engineering 

Evolusi Perangkat Lunak (3) Era II (1960 – 1970) - Disebut era krisis perangkat lunak (software crisis). - Penggunaan perangkat lunak sudah meluas - Telah hadir perusahaan yang membangun software (software house) - Perangkat lunak sdh mengenal multiprogram, multiuser, real-time, dan penggunaan database. - Banyak project PL yg gagal: - Over budget/anggaran - Meledaknya Roket Ariane àkesalahan perintah dlm PL Dua konferensi tentang software engineering: - Disponsori Komite Sains NATO - Tahun 1968 dan 1969 - Profesi resmi bidang software engineering

Evolusi Perangkat Lunak (4) Era III (1975 – 1985) - Pengembangan sistem mengarah ke konsep sistem terdistribusi. - Penerapan sistem embeded intelligence - Harga perangkat keras sudah jauh lebih murah sehingga pemakaian meluas - Pemanfaatan jaringan global dan lokal serta sudah diperkenalkan komunikasi digital 

Evolusi Perangkat Lunak (5) Era IV (1985 – 2000) Kemampuan PC sudah setara dengan komputer mainframe Penerapan teknologi yang berorientasi pada objek Implementasi sistem pakar, Jaringan saraf tiruan Komputasi paralel Jaringan komputer sudah semakin canggih

Evolusi Perangkat Lunak (6) Era V (2000 – sekarang) - Penggunaan media digital - Media web berkembang pesat - Wireless sudah meluas - Teknologi meluas hingga di mobile computing, mobile programming - Perangkat keras sudah semakin kecil namun powerfull - Dilakukan berbagai penelitian yang menghasilkan model proses/paradigma pengembangan PL utk mengatasi krisis PL

Era V (2000 – sekarang) - Muncul teknik-teknik baru: - Pemrograman terstruktur - Pemrograman berientasi objek - Perangkat bantu pengembangan (CASE tools) - Standarisasi PL - Metode UML